Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

MocloneAvatar border
TS
Moclone
Introvert yang Pengen Berbuat Kebaikan tapi Gak Tau Harus Mulai Darimana
Assalamualaikum wr. wb.

Hai agan2 sekalian.. gimana puasanya? Belum pada bolong kan? Pada buka zuhur, ashar, atau maghrib? emoticon-Big Grin Basa-basi dulu gan emoticon-Big Grin

Perkenalkan... ane cewek introvert, umur 25 tahun.

Langsung aja ya gan.. Jadi ceritanya beberapa tahun belakangan ini, ane tuh tertarik sekali belajar agama besar dunia. Singkat cerita, ane sampai pada satu titik dimana ane menemukan yang terbaik dan ane fokus memperdalam ilmu agama Islam aja. Setelah belajar dengan lumayan dalam, ane baru menyadari kalau hidup di dunia ini toh sejatinya cuma ladang bagi kita untuk menanam amal baik sebanyak mungkin untuk akhirat kelak. Jadi apa-apa yang kita lakukan di dunia itu kalau bisa ada poin plus amal untuk tabungan kelak.

Sejak saat itu, ane berusaha semaksimal mungkin untuk membangun hubungan vertikal yang baik kepada Allah. Mulai dari mengerjakan shalat dengan se-khusyuk mungkin sampai baca terjemahan Al-Qur'an. Yang dulunya shalat cuma sekedar ngerjain doang, ngebut kayak di sirkuit F1, terus doa sesingkat mungkin. Sekarang ane usahakan untuk tuma'ninah (pelan-pelan), gerakannya ane perbaiki yang dulu ternyata salah2 (nonton lewat Youtube emoticon-Stick Out Tongue), ane pun mempelajari terjemahan dari bacaan setiap gerakan solat supaya ane punya ikatan emosional ketika berbicara sama Allah.

Baca Qur'an pun yang tadinya sekadar membaca Arabic nya supaya cepat khatam, sekarang ane fokus ke baca terjemahan Indonesia dan mencoba untuk merenungi apa maksudnya. Ane belajar tafsir lewat video-video Nouman Ali Khan (keren banget ini orang gan, pesannya universal dan mindblowing). Tontonan hahahihi yang biasa ane tonton di Youtube pun ane batasi dan ane mulai merambah ke video-video dakwah Islam. Selain karena ketertarikan ane pindah kesitu, ane juga pengen membekali diri dengan ilmu agama supaya keimanan ini tetap terjaga. Ane juga baca-baca buku Islam sebanyak mungkin.

Alhamdulillah, ane merasa keimanan meningkat. Hubungan vertikal dengan Allah ini mulai terasa. Ane mulai bisa merasakan nikmatnya shalat, betapa menariknya belajar Islam dan Al-Qur'an, belajar sabar, dan ane juga jadi mudah sedih kalau barusan habis melakukan dosa yang bahkan mungkin cuma sebatas di hati ane aja. Yah, intinya ane sekarang berusaha bukan cuma jadi orang yang baik, tapi juga jadi muslim yang baik.

Nah, ini masalahnya gan
... Ane merasa masih belum aman dari penghakiman Allah. Ane masih merasa kurang dengan cuma shalat khusyuk, ngerjain shalat sunnah, belajar ilmu agama, dll. Ane membangun hubungan vertikal tapi ane gak tau bagaimana cara membangun hubungan horizontal yang baik emoticon-Frown.

Hati ini suka sedih dan nangis lihat saudara-saudara di Palestina, lihat orang-orang miskin atau cacat yang taat beribadah, lihat anak di pedalaman yang susah payah sekolah. Tapi munafiknya ane cuma sebatas sedih & doa aja dari kejauhan, tapi ane gak ngelakuin apa-apa. Kata temen-temen juga di lingkungan nyata, ane ini orangnya cuek dan keliatan kurang bersimpati *huhuh tersinggung tapi ada benernya sih*. Jujur aja ane sering ada niatan untuk bantu temen atau orang, tapi entah kayak ada barrier raksasa yang membuat ane untuk berfikir berkali-kali melakukan itu. Kalaupun udah dilakukan, ane kepikiran. Biasanya ane bantuin temen tuh diem-diem dengan cara ane sendiri (gak keliatan kali yak). Ane pengen banget berbuat baik ke sesama, terlibat di kegiatan sosial lebih gan atau apa kek, tapi bingung kayak gimana. Pengen bangeet, asli deh.

Ane suka iri dan salut sama anak-anak yang pergaulannya mungkin kurang baik (kayak minum alkohol, suka swearing, hobi nongkrong gak jelas kemana2), tapi mereka punya jiwa sosial yang tinggi. Cepet banget ada kalau bantuin temen, ramah, sering silaturahmi sama temen, gak mikir2 untuk berbagi sama temen, sering terlibat di kegiatan sosial atau organisasi.

Sedangkan ane disini punya niatan yang baik, tapi bingung untuk merealisasikan. Ane senyum ke tetangga aja susah gan emoticon-Stick Out Tongue apalagi nyapa orang. Ane pengen terjun ke kegiatan sosial tapi pikiran udah kemana2, yang bingung mulainya lah, yang takut kikuk di sana, dll.

Saat ini ane masih pengangguran, belum nikah juga. Ane merasa banyak waktu luang yang bisa ane gunakan untuk berbuat kebaikan di luar sana. Tapi jujur bangeet, ane bingung gimana mulainya. Soalnya ane gak pernah ikut organisasi gitu pas jamannya SMA atau kuliah (rada nyesel sekarang jadinya).

Entahlah gan... mungkin ane terdengar bodoh, mau berbuat kebaikan kok malah bikin thread disini? Kenapa gak keluar aja langsung bantuin orang? Tapi ya itu tadi ane gak tau harus masuk ke forum atau majelis mana untuk merealisasikan niatan baik ini.

Bagaimana agan2, adakah saran yang bisa agan berikan untuk ane supaya bisa keluar dari cangkang keong ini dan terlibat lebih di kegiatan sosial untuk berbuat kebaikan? Terima kasih banyak ya gan emoticon-Smilie

Btw, semoga Ramadhan nya berkah ya emoticon-Smilie



Diubah oleh Moclone 15-06-2016 14:42
0
2.3K
26
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan