kellyrpAvatar border
TS
kellyrp
Kaskuser Jual Online Windows Bajakan Untung Rp 50 Juta per Bulan
TEMPO.CO, Jakarta - Direktorat Kriminal Khusus Polda metro jaya membongkar kasus pemalsuan merk dalam program Microsoft Windows. Kepala Bidang Hubungan Mayarakat Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Awi Setiyono menjelaskan, pengungkapan kasus ini berawal dari laporan pihak Microsoft Windows kepada jajaran Polda Metro Jaya terkait dugaan adanya pemalsuan merk mereka. Laporan tersebut diterima Polda pada 16 Mei 2016.

"Dari laporan itu kami menyelidiki. Kemudian kepolisian menggeledah dua toko, toko M dan toko V di daerah Jakarta Pusat," kata Awi di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Senin, 13 Juni 2016.

Dari penggeledahan di dua toko tersebut, polisi menemukan 289 keping software microsoft windows yang diduga bajakan, 30 lembar stiker lisensi (COA) yang digunakan untuk program windows, dan satu lembar bon pembelian. Selain menyita barang bukti, polisi juga menangkap dua pemilik toko tersebut, yakni FY dan F.

Awi menambahkan, FY, selaku penanggung jawab Toko M memperdagangkan program software Microsoft Windows dan stiker lisensi COA (key) Windows yang palsu dengan cara menjual melalui online (www.kaskus.co.id).

Sementara F, selaku pemilik Toko V, memperdagangkan kepingan cd software microsoft windows tersebut kepada konsumen yang datang ke tokonya. "Dari pengakuan tersangka, mereka menjual Rp 500 ribu sampai Rp 750 ribu dari harga asli Rp 2,5 juta. Mereka meraup untung Rp 50 juta per bulan," katanya.

Akibat tindakannya, kedua pelaku dijerat Pasal 94 Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2001 tentang Merek dengan pidana kurungan paling lama satu tahun atau denda paling banyak Rp 200 juta.

Ditemui di tempat yang sama, Kanit III Subdit I Indag Direktorat Reserse dan Kriminal Khusus Polda Metro Jaya Komisaris Faisal mengatakan, pihaknya terus mengembangkan kasus ini untuk menangkap produsen barang tersebut. "Ada produsen sedang diselidiki. Mereka (FY dan F,-red) hanya peredaran saja," ujarnya.

https://metro.tempo.co/read/news/201...juta-per-bulan


hukumannya ringan, masi menang banyak.
^
^
^
^
dari tekapenya bisa ketebak ini relawan emoticon-Shutup


0
5.1K
62
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan