Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

astrimlniAvatar border
TS
astrimlni
Cara Belajar Ala Ane
Assalamualaikum Warohmatullohhiwabarokatuh
Selamat siang gengssss, gimana untuk kalian yang masih duduk di bangku SMP, atau SMA kaya gua nih, UKK nya udah selesai kan ya hehe... Gimana hasilnya, semoga memuaskan ya ^_^
Daripada bengong gajelas ngisi waktu libur 5 hari, mnding iseng sharing ke teman-teman aja ya, siapa tau BERMANFAAT, HEHE IYA BERMANFAATZZZZZ...

Disini gua cuma mau sharing gimana sih cara belajar yang gampang masuk otak ala gue, yaaa walaupun gua gak pinter, tapi dengan teknik yang gua pakai kalo mau ujian ini, alhamdulillah lancar. Emang si gua gak tepat buat nulis ini disaat UKK telah usai, hehe.
Langsung aja gengs, yuk...

1. NIAT
Oke fix. Segala sesuatu yang gak di niatin ini emang susah banget dijalaninnya, makannya teman-teman juga harus punya tekad kuat buat belajar serius sebelum UKK datang. Dengan niat, teman-teman mau belajar dari sore ampe jam 12 malem juga fine2 aja, so pasti karna udah niat dari hati dan teman-teman akan merasa enjoy dengan belajar ampe larut. Jangan punya niat buat NYONTEK ke temen! "Ah udahlah selo aja, gua kan seruangan sama orang pinter" JANGAN sampe teman-teman punya pikiran begitu ya, ini tuh fatal banget, tingkat kepercayaan diri teman bisa menurun drastis pas ujian sedang berlangsung. Dan satu lagi, jangan punya niat buat bikin contekan dari rumah, jangan cape-cape tidur ampe malem cuma buat bikin contekan buat besoknya, JANGAN! Itu sia-sia banget teman!

2. JANGAN LEPAS DARI INTERNET
Mungkin bagi kalian yang sekolahnya belom terlalu membutuhkan laptop, teman jangan berfikir untuk tidak perlu menggunakan internet. Internet itu gudang nya ilmu gengs, semua ada, semua lengkap, dan itu bisa menjadi pengetahuan ekstra buat teman setelah buku. Ketika teman tidak paham akan apa yang sedang dipelajari di buku, teman bisa search dengan materi yang sama, dan di pelajari pelan-pelan dari buku dan internetnya, insyaallah lama-lama bisa. Terus kalo teman udah ngerasa cukup belajar dari buku, gaada salahnya buat buka internet lagi, siapa tau informasi-informasi yang gaada dibuku ada di internet, tapi dengan materi yang sama ya. Siapa tau (lagi) 2-3 nomor dari soal ujian teman ada yang keluar dari materi internet yang udah di baca, beruntung kan?

3. BELAJAR DENGAN KONDISI TENANG, FRESH, DAN KENYANG
Kalo gua itu harus belajar dengan keadaan sepi buat masuk ke otaknya, hehe. Karena menurut gua belajar di tempat sepi bisa meningkatkan konsentrasi. Gua gak percaya kalo dengerin musik bisa buat sembari belajar, yang ada malah fokus ke musiknya, wkwkwk. Tenang, kalo teman lagi banyak masalah, coba tenangin diri dulu buat istigfar atau solat dulu sebelum belajar, biar bisa konsentrasi belajarnya. Kan gak bakal nyaman kalo pikiran kemana-mana, yang ada cape-capein badan doang buat belajar, tapi pikiran melayang-layang dan alhasil materi yang dipelajari gak masuk otak sama sekali. Fix itu sia-sia. Dan satu lagi kenyang, karena berfikir membutuhkan banyak energi, tapi jangan makan sambil belajar ya haha, kalo mau makan belajarnya diberhentiin dulu. Baru deh selesai makan lanjut belajar, insyaallah konsentrasi balik lagi.

4. BELAJAR GAK KENAL WAKTU
Misalnya gini gengs, ketika teman-teman ngerasa ngantuk, mending belajarnya di berentiin dulu buat tidur, tapi sebelum tidur di niatin dulu jangan tidur lama-lama. Kalo gua si gini, kalo udah jam 10-11 udah ngerasa ngantuk, gua bakalan tidur dulu dan berniat jam 3 buat bangun lagi belajar sekalian solat tahajud, setelah tahajud baru deh lanjut baca-baca buku ampe subuh. Dan yang jeleknya dari gua, biasanya setengah 6 bisa ketiduran lagi dan alhasil diomelin nyokap wahaha. Satu lagi ni gengs, ketika lagi perjalanan ke sekolah (dianterin pake mobil/motor/angkot), teman bisa baca-baca buku lagi biar nanti di udah bener-bener fix siap pas di sekolah. Tapi kalo bawa kendaraan sendiri jangan ya, takut celaka hehe.

5. LATIHAN SOAL
Ini penting banget gengs, kalo bisa semua soal yang ada di buku teman isiin ampe penuh dan kalo masih kuat, bisa googling soal trus di print dan dikerjain. Bisa juga si di kerjain si kertas selembar tanpa di print. Gua si gini, ketika soal-soal di buku udah keisi penuh, ampe sekolah gua bakal tanyain satu-satu temen gua yang bukunyabelom diisi, dan gua bakal ngisi tanpa ngeliat buku yang udah gua isi, gitu si haha semoga temen gua gaada yang ngedumel bukunya gua isiin.

Mungkin itu dulu gengs, semoga bermanfaat ya.
Wassalamualaikum Warohmatullohhiwabarokatuh ^_^
0
3.5K
35
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan