charliebegoAvatar border
TS
charliebego
Ketua MUI: Orang Tak Puasa Harus Menghormati yang Puasa, Jangan Dibalik
Memasuki bulan Ramadhan, masyarakat diminta menyambutnya dengan khusyuk. Majelis Ulama Indonesia (MUI) menegaskan umat Islam wajib berpuasa, sementara bagi mereka yang tidak berpuasa diharapkan menghormati orang yang sedang berpuasa.

“Kita menyerukan kepada seluruh umat Islam untuk memasuki Ramadhan dengan penuh suasana yang khusyuk dan tidak boleh ada pelanggaran,” kata Ketua MUI KH Ma’ruf Amin saat jumpa pers di Kantor MUI Pusat Jakarta, Selasa (31/05).

Kekhusyukan yang dimaksud oleh Kyai Ma’ruf salah satunya adalah dengan menjalankan ibadah puasa, bagi yang beragama Islam. “Kalau yang tidak puasa tentu harus menghormati yang puasa. Jangan dibalik, orang puasa menghormati yang tidak puasa. Itu terbalik,” ujarnya.

Seruan tersebut juga ditujukan kepada orang-orang di luar agama Islam. Mereka diminta menghormati kaum muslimin yang tengah beribadah puasa. Selian itu, Kyai Ma’ruf mengimbau agar mereka tak melakukan hal-hal yang merusak kesucian Ramadhan.

Kepada para penjual makanan, ulama yang juga Rais Aam PBNU itu mengharap agar mereka menutup lapaknya di siang hari. Tetapi jika mereka berjualan di wilayah yang juga dihuni orang-orang diluar Islam, diharapkan tak membuka tempat jualan secara keseluruhan.

“Kalau di daerah-daerah orang yang berpuasa ya ditutup di siang hari,” pungkasnya.

Reporter: Imam S.
Editor: Wildan Mustofa

http://m.kiblat.net/2016/05/31/ketua-mui-orang-tak-puasa-harus-menghormati-yang-puasa-jangan-dibalik/
0
28.8K
495
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan