rsryodonghoktodAvatar border
TS
rsryodonghoktod
Banjir kepung Jakarta, Jokowi baru setujui modifikasi cuaca
Merdeka.com - Gubernur Joko Widodo tampaknya tak melakukan antisipasi banjir dari jauh-jauh hari. Sebab, pria yang akrab disapa Jokowi itu baru menyetujui dilakukannya modifikasi atau rekayasa cuaca setelah Jakarta diguyur hujan sejak semalam hingga menyebabkan banjir hari ini.

Padahal, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) sudah mengajukan rencana rekayasa sejak sebulan lalu atau sekitar Desember 2013.

"Hari ini Pak Jokowi menandatangani surat untuk melakukan rekayasa cuaca. Mulai besok kita akan memulai rekayasa tersebut," ujar Ketua BNPB, Syamsul Maarif, saat meninjau proses evakuasi korban banjir di Kampung Pulo, Kampung Melayu, Jatinegara, Jakarta Timur, Senin (13/1).

Syamsul menjelaskan, sebenarnya BNPB yang bermitra dengan BPPT sudah dari jauh-jauh hari membentuk tim yang akan melakukan rekayasa cuaca tersebut. Tapi apa boleh buat, tim baru bisa bekerja setelah mendapat tanda tangan Jokowi.

"Secara administrasi semua selesai. Modifikasi cuaca akan dilakukan mulai besok hingga dua bulan ke depan. Kita menggunakan teknologi penggaraman," jelasnya.

Dengan teknik penggaraman awan hujan akan diarahkan ke arah laut. Dengan begitu, hujan tak lagi membasahi wilayah daratan sehingga meminimalisir genangan air.

Untuk membuat teknologi rekayasa cuaca itu, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menggelontorkan dana sebesar Rp 18 miliar yang akan diambil dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) DKI Jakarta. Meski besar, Jokowi mengaku itu tidak jadi masalah. Sebab, kata dia, rekayasa cuaca telah terbukti mampu mengurangi curah hujan yang tinggi.

"Memang anggarannya besar dari DKI, tetapi pengalaman kemarin kami lihat laporan dari BNPB memang memberikan pengaruh yang besar. Ini mampu mengurangi hujan dan menyisihkan hujan ke daerah lain atau dibuang ke laut," ucap beberapa waktu lalu.

http://www.merdeka.com/jakarta/banji...asi-cuaca.html

Si Jokiwo piye sih, sudah dikasih tau untuk rekayasa cuaca dari Desember 2013 tapi diem aja.

Beda banget yak sama si Hoktod?!?!

Kalo gini ceritanya, Jokiwo ama Hoktod tukeran tempat aja deeh , si Hoktod jadi gubernur dan Jokiwo jadi Wakilnya emoticon-Mad (S)
0
2.3K
31
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan