Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

regaaasAvatar border
TS
regaaas
Wow! Mesin Kode Rahasia Nazi yang Langka Ini Dijual Murah di eBay Gan!


Sebuah mesin kode rahasia kuno milik pasukan Nazi yang bernama Lorenz Teleprinter kemarin secara tak sengaja ditemukan di sebuah situs jual beli, e-Bay. Anehnya, mesin yang sangat langka itu dijual dengan harga sangat murah, hanya sebesar 10 poundsterling atau sekitar Rp 198 ribu. Mesin itu merupakan salah satu alat yang digunakan tentara Nazi untuk menerima dan memberikan perintah dengan kode rahasia mereka.

Ketika dilelang dalam eBay, tak ada yang menyangka bahwa itu mesin Lorenz Teleprinter karena eBay menuliskan kategori mesin itu sebagai mesin telegram biasa. John Whetter, seorang relawan dari National Museum of Computing (NMC) akhirnya menyadari bahwa mesin yang dijual itu tak seperti mesin telegram kuno pada umumnya.



“Ketika saya tanya berapa harga jualnya, mereka bilang hanya 9,5 pounsterling. Tanpa pikir panjang saya bayar 10 poundsterling tanpa meminta kembaliannya,” ungkap Whetter.

Lorenz Teleprinter yang berhasil didapatkan ini memiliki spesifikasi khusus bernama Lorenz SZ42 buatan Norwegia. Mesin itu sendiri sebenarnya belum utuh. NMC masih harus mencari beberapa bagian yang hilang untuk merangkai ulang badan mesin secara utuh. Meski tampak kuno dan tak berharga, mesin ini memiliki nilai sejarah yang tinggi.



Ia menjadi salah satu andalan pasukan Nazi Jerman ketika memenangkan peperangan di masa Perang Dunia II. Rumusan kode yang dikeluarkan dianggap lebih rumit ketimbang kode Enigma sehingga sulit bagi musuh mengetahui strategi perang Nazi. Diperkirakan ada sekitar 200 unit Lorenz yang dipakai selama masa Perang Dunia II. Kenyataan itu turut juga menjadi inspirasi lahirnya teknologi komputer yang lebih modern saat ini.

SUMURNYA GAN
Diubah oleh regaaas 31-05-2016 03:25
0
3.8K
34
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan