kakiontaAvatar border
TS
kakionta
PENGUMUMAN! 70 RIBU Lowongan CPNS Kembali Dibuka Tahun 2016
Jakarta - Setelah lama tak membuka lowongan, Badan Kepegawaian Negara (BKN) berencana membuka rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) pada tengah tahun 2016. Rencananya ada 70 ribu lowongan PNS yang dibuka pada tahun ini.

"Untuk PNS pusat sudah disiapkan 70 ribu orang. Tapi belum dibahas lebih lanjut. Tapi rencana ini sudah diarahkan kepada mahasiswa kedinasan," kata Kepala BKN Bima Haria Wibisana, di konferensi pers acara Rakornas Kepegawaian, di Hotel Bidakara, Jl. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Kamis (26/5/2016).

Rencana rekrutmen ini, menurut Bima, prosesnya akan dimulai sekitar bulan Juni atau Juli. Karena proses seleksi tersebut berlangsung panjang, maka tidak dilaksanakan pada akhir tahun.

Selain merekrut dari mahasiswa kedinasan, rekrutmen CPNS ini juga dibuka bagi bidang lainnya. Program rekrutmen ini untuk mendukung program Nawacita Presiden Joko Widodo.

"Bidang yang diutamakan ialah bidang yang mendukung program nawacita Presiden. Seperti profesi guru, dokter, bidan, perawat. Kemudian tenaga Indonesia yang berkelanjutan seperti kelautan," ujarnya.

Bidang kelautan, menurut Bima, untuk menunjang dunia maritim. Maka nantinya juga akan dicari nahkoda, juru mudi. Selain itu juga bidang untuk mendukung ketahanan pangan nasional.

"Kita juga membutuhkan para penyuluh pertanian dan perkebunan. Tapi untuk bidang yang tidak dibutuhkan, tidak akan dibuka," kata Bima.


Pendaftaran CPNS dibuka Juli, ini kriteria pelamar jadi prioritas
Merdeka.com - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB), Yuddy Chrisnandi mengatakan ada beberapa kriteria bagi pelamar umum di luar sekolah kedinasan dan kesehatan, untuk menjadi prioritas dalam perekrutan calon pegawai negeri sipil (CPNS) tahun 2016.

Kriteria ini diperlukan untuk menyaring CPNS yang berkualitas, baik dari sisi pengetahuan maupun integritasnya. Sehingga PNS akan terbebas dari segala bentuk tindakan korupsi, kolusi, dan nepotisme (KKN).

"Proses rekrutmen harus sesuai dengan ketentuan UU. Kita harus menjamin proses seleksi tersedianya SDM aparatur yang berintegritas, berpengetahuan luas, dan profesional. Jadi mau tidak mau seleksi akan sangat ketat dibanding masa sebelumnya," kata Yuddy di Hotel Bidakara, Jakarta, Kamis (26/5).

Dia menyebutkan, pelamar umum yang didahulukan adalah sarjana-sarjana berprestasi dari perguruan tinggi ternama, baik negeri maupun swasta. Sebisa mungkin, perguruan tinggi tersebut memiliki akreditasi A dengan program studi yang telah mendapat sertifikasi baik.

"Mahasiswanya juga mendapat Indeks Prestasi (IP) cumlaude, yaitu 3,75. Ini akan kita cari dan kita umumkan, kita akan berikan formasi khusus," imbuhnya.

Yuddy menambahkan, pengumuman pendaftaran CPNS akan dilakukan pada bulan Juli 2016, dilanjutkan dengan proses rekrutmen pada bulan Agustus 2016. Sehingga pada bulan Oktober dan November bisa langsung dilihat siapa saja yang lolos menjadi PNS tahun 2016.

"Perkiraan saya pelamar umum 10 ribuan. Mahasiswa berprestasi sekurang-kurangnya 10 persen. semua bidang yang dibuka pemerintah untuk penerimaan CPNS bisa diisi," jelasnya.


http://news.detik.com/berita/3218483...uka-tahun-2016
http://www.merdeka.com/uang/pendafta...prioritas.html

Banyak pro kontra tentang hal ini. Tapi yang jelas namanya PNS tetap dibutuhkan di negeri ini untuk menggantikan PNS yang pensiun kecuali kita udah punya sistem TI yang baik.

Yang jelas untuk PNS di pusat sistem penerimaannya sudah semakin baik dibanding jaman dulu yang penuh KKN.

Ayo yang berminat siapkan diri!
emoticon-Traveller
Diubah oleh kakionta 26-05-2016 11:41
0
38.4K
72
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan