nadyahpAvatar border
TS
nadyahp
Fakta-Gakta Menarik Negara Terkerdil di Dunia, Nauru.


Apa sih Nauru itu? Pasti Agan-aganwati gabakal 'ngeh' sama itu nama. Oke deh ane kasih tau, Nauru adalah negara yang bernama resmi Republik Nauru, Nauru adalah sebuah negara pulau yang terletak di Mikronesia, di Samudera Pasifik. emoticon-Wow

Ibukota Nauru adalah Yaren dengan negara-negara tetangga nya di sebelah timur adalah Pulau Banaba di Kiribati, Tuvalu di Tenggara, Vanuatu di selatan serta Kepulauan Solomon dan Papua Nugini sebelah barat daya.

Nauru yang ditemukan oleh navigator Inggris pada 1798 sempat dianeksasi Jerman, menjadi mandat PBB dan dijajah Jepang sebelum akhirnya merdeka pada 1968. Pada 1999, negara yang dahulu dikenal sebagai Pleasant Island ini bergabung dengan PBB sebagai negara republik merdeka terkecil di dunia.

Berikut beberapa fakta menarik mengenai Republik Nauru:

1. Luas Wilayah Nauru Lebih Kecil dari Kota Bogor

Nauru hanya memiliki luas wilayah sebesar 21 kilometer persegi. Luas wilayah ini lebih kecil dibandingkan dengan Kota Bogor yang memiliki luas sekira 118,5 kilometer persegi. Kecil kan? emoticon-Ngakak

2. Populasi Nauru

Seperti juga luas wilayahnya, jumlah populasi Nauru juga tidaklah besar. Menurut data 2011, jumlah populasi di Nauru hanya 10.084 jiwa, dengan kepadatan 480 per kilometer persegi. Dengan jumlah populasi yang kecil ini, Nauru menjadi negara dengan populasi paling sedikit di PBB.

3. Negara Tergemuk di Dunia

Uniknya, dengan jumlah populasi yang sedikit, Nauru justru memegang predikat sebagai negara tergemuk di dunia dengan rata-rata warganya memiliki Indeks Massa Tubuh (Body Mass Index/BMI) antara 34 sampai 35. Rata-rata BMI yang dianggap normal berada antara 18,5 sampai 24,9.

4. Sempat Miliki Pendapatan Per Kapita Tertinggi di Dunia

Meski wilayahnya kecil, Nauru merupakan salah satu dari tiga pulau penghasil batuan fosfat terbesar di Pasifik.

Penambangan fosfat ini dilakukan oleh sebuah konsorsium dari Australia, Inggris, dan Selandia Baru sejak 1906 hingga sumber daya tersebut habis pada 1980-an.

Dari ekspor fosfat ini pada akhir 1960-an hingga awal 1970-an Nauru sempat menjadi negara dengan pendapatan per kapita tertinggi di dunia di bawah Arab Saudi.

5. Tax Heaven dan Pencucian Uang

Setelah fosfat mulai menipis, pada 1990-an Pemerintah Nauru mengambil kebijakan untuk menjadikan Nauru sebagai sebuah negara Tax Heaven atau surga pajak dan menjadi pusat praktek pencucian uang. Nauru juga menjadikan wilayahnya sebagai tempat penahanan pengungsi Australia sejak 2001 demi mendapatkan bantuan keuangan dari Negeri Kanguru.

6. Hanya Ratusan Kunjungan Turis dalam Setahun

Nauru merupakan negara yang paling jarang dikunjungi di seluruh dunia dengan jumlah turis yang hanya mencapai 200 orang pada 2001.

7. Bandara, Jalur Kereta Api, dan Jalan Raya

Negara ini hanya memiliki satu bandara, satu jalur kereta dengan panjang lima kilometer, dan jalan raya sepanjang hanya 30 kilometer.


Sumber
Diubah oleh nadyahp 26-05-2016 04:44
sebelahblog
anasabila
anasabila dan sebelahblog memberi reputasi
2
31.9K
20
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan