papaneoAvatar border
TS
papaneo
(FR) Raja Ampat Short Trip 19-20 Mei 2016
Denger kata jalan-jalan ke Raja Ampat pasti udah kebayang dah bakalan musti ngetrip berhari-hari untuk menikmatinya.. tapi kan buat ane yang masih jadi kacung di kantor musti nyiapin cuti yang banyak dan musti dapet izin dari boz ane di kantor… hik.hik.. nasib kacung gini dah..
Tapi ane punya itinerary ini bisa dijadikan referensi buat nge-bolang ke Raja Ampat dalam waktu hanya nginep 1 malam aja di Raja Ampat..

Day 1, Sabtu 21 Mei 2016


Usahain kita tiba di Pelabuhan Rakyat sebelum jam 13.30 WIT.. soalnya kita musti naik Ferry Bahari Express 99B yang berangkat jam 14.00 ke Pelabuhan Waisai Kab. Raja Ampat. Harga ticketnya Rp.220rb untuk VIP dan Rp.125rb untuk yang Economy Class. Kami naik yang Economy class ajah.. soalnya udah cukup nyaman kok meskipun tempat duduknya empit.empit.an.. hehe. Ane pernah naik yang di VIP class.. tempat duduknya lebar dan nyaman, ada Video+TV bisa karaokean lagi.. tapi ane ngak kuat ama ACnya yang super duper dingiiiin.. hehe

Perjalanan makan waktu 2 jam untuk tiba di Pelabuhan Waisai Kab. Raja Ampat. Saat itu Ferry kami agak telat berangkat, karena petugas dari Syahbandar Sorong nya waktu check naik ke atas Ferry marah-marah ngelihat penumpang yang FULL dan banyak berdiri sehingga dia nganggep bakalan membahayakan keselamatan penumpang yang lain untuk evakuasi jika ada kecelakaan.. iiiih amit.amit jabang beibeh deh.. God must be with us All!! Amiiin..



Cuaca sangat bersahabat.. ombak tenang banget sehingga ngak kerasa ada ombak atau goncangan sama sekali.. temen-temen sampe pada bisa bubuk nyenyak banget euy.. sampe ada yang ngiler.ngiler pulak.. hahaha..

[img][/img]
Sampai di Pelabuhan Waisai jam 16.30.. dan kita-kita langsung poto-poto narsis di depan Kantor Terminal Pelabuhan Waisai...

Ngak sampe 10 menit dari Pelabuhan Waisai kita udah sampe di Pandawa Dive Resort. Disana kita semua disambut dengan karangan bunga oleh Mr. Yoppy Ho sebagai pemilik Resort.. (thanks a lot Mr. Yoppy!!!)… kemudian kita dibagikan kunci kamar resort. Karena kita ada 7 orang, maka ada 2 resort yang kita tinggalin.. masing-masing 2 kamar dengan 1 king size bed dan 1 twin bed.. King Size bed buat temen yang lagi Honey Moon niih.. aaah so suiiit!!

Setelah urusan kamar beres.. kita dipersilahkan untuk ngopi atau ngeteh di restorannya.. kopi atau teh nya 24 hours ready lhoo broo.. asalkan kita mau swalayan bikinnya.. mantaab apaa!!
Sambil ngobrol-ngobrol singkat dengan Mr. Yoppy.. kita dijelasin fasilitas-fasilitas di Pandawa Dive Resort dan apa-apa yang bisa kita nikmatin di Raja Ampat dalam trip yang singkat ini.. karena besok udah musti balik lagi ke Sorong..
Pas jam 17.30 kita nongkrong di Jetty nunggu buat lihat Sun Set yang denger-denger nendang banget katanya..di Jetty kita sempet ngasih makan ikan-ikan yang ada disekitaran Jetty itu.. seruu broo.. banyak banget ikannya pada ngumpul dan lucu-lucu bangeets.. terus kita pada poto-poto narsis jijay gitu deeh di jetty nya resort..



Dan mulai jam 18.00 matahari mulai turun.. dan menciptakan pemandangan yang indaaah bangeet.. seindah kamuu.. iyaa kamuuuh!!Thanks GOD kita masih bisa menikmati karyaMu yang luar biasa ini.. Amiiin..

Jam 20.00 kita dinner di restonya resort… Astagaa.. kalo Chef Bondan ada pasti dia bilaang maknyuuuus.. top markotooop! Ikan nya pedes.pedes gimanaa gitu.. pedes tapi nantangin bro! minta diabisin tuh ikannya! Hahahah.. over all makanan di Pandawa Resort recommended dah! 7 jempol buat chefnya!!
Jam 22.00 kita masing-masing masuk kamar untuk istirahat.. karena besok mau berangkat pagi-pagi ke Pianemo… grooookk..grooookkk!!

Day 2, Minggu 22 Mei 2016


Jam 06.00 pagi kita ber7 udah standby di resto untuk breakfast.. sambil nungguin makan siang dibungkusin utk 9 orang dari Resort.. kita ber-7 ditambah orang speednya ber-2 nanti.
Nah pas jam 07.00 kita berangkat dari Jetty menuju Pianemo.. cuaca ceraaaaah bangeets.. Sambil menuju Pianemo kita semua melihat pemandangan khas Raja Ampat yaitu karst Selat Kabui.. kita juga sempat singgah dulu untuk melihat lukisan pra-sejarah berupa tapak tangan manusia pra-sejarah.. ada 2 telapak tangan.. yang satu ada di bagian atas tebing dan satunya di bagian bawah tebing.. Wauuw!!..




Yang pertama kali mencatat lukisan prasejarah di Papua adalah Johannes Keyst seorang pedagang dalam perjalanan dari Banda ke Pantai New Guinea tahun 1678. Ia melewati sebuah tebing karang di tepi teluk Speelman yang dipenuhi oleh tengkorak, sebuah patung manusia dan berbagai lukisan berwarna merah pada dinding goa. Lukisan-lukisan yang ada di kepulauan Papua umumnya mirip dengan lukisan-lukisan yang ada di Kepulauan Kei, meski ada beberapa yang memilik bentuk khusus. Masyarakat setempat memiliki versinya sendiri terhadap keberadaan lukisan cap tangan ini. Kebanyakan ceritanya berbau mistis, hingga biasanya kawasan di sekitar lukisan cap tangan dianggap sebagai daerah keramat. Lukisan cap tangan tersebar diantara tebing-tebing di Kepulauan Raja Ampat, mudah ditemui dari kawasan Waigeo hingga Misool. Motifnya pun beragam, kadang disertai bentuk ikan atau kerang, tapi kebanyakan mengambil bentuk tangan manusia. Lukisan goa ini merupakan gambaran kehidupan dari masyarakat terdahulu. Didasarkan atas kehidupan sehari-hari hingga alam kepercayaan masyarakat pada masa itu. Tidak heran jika ornamen prasejarah ini akan menjadi daya tarik wisata yang unik.

Selanjutnya kira-kira jam 08.30 kita tiba di kawasan Pianemo, dan kita harus lapor di Pos Pengawasan Piaynemo.. disini kita wajib membayar retribusi sebesar Rp.300rb per speed, dan Rp.500rb untuk kapal besar (misalnya kapal pesiar, dll). Tarifnya dihitung per speed/kapal yang masuk ke kawasan Pianemo.

[img][/img]

Kira-kira 5 menit kemudian kita tiba di tangga masuk ke Puncak Pianemo.. dengar-dengar dulu tangga ini dibuat untuk menyambut kedatangan Pak Presiden SBY waktu acara Festival Raja Ampat.. Dan Pak JOKOWI waktu tahun baruan 2016 kemaren juga poto-poto disini lhooo.. Salute for both of you Mr. President!!

Tangga untuk naik keatas ada sekitar 390an tangga.. kami ber7 pada ngitung tapi beda-beda.. hehe.. maklum nafas udah ngos.ngosan duluan! Untuk menuju Puncak Pianemo ada 2 pos peristirahatan yang bisa kita pake untuk istirahat.. istilahnya pit stop deh.. daripada matahari merah muda nantinya.. pink_sun bro… alias daripada pingsan sebelum sampe puncak!! Heheheh..


Pas sampe di puncak.. emang beneeeer dah.. keyeen banget pemandangan dari atas.. diatas ada 2 tempat untuk poto-poto narsis jijay.. kita bisa melihat karst.karst kayak jamur kecil-kecil yang bertebaran di sekitaran kawasan Pianemo tersebut..

[img][/img]

Selanjutnya jam 10.00 kita menuju Telaga Bintang.. kawasan ini hanya 10 menit dari Pianemo.. disebut Telaga Bintang karena kalo diperhatikan dari puncak karstnya kita akan melihat ada laguna yang berbentuk seperti bintang bro!! Kereen dah pokoknya!!



Jam 11.30 kita menuju Pianemo Homestay untuk numpang makan siang.. istilahnya numpang karena kita kan ngak nginep disini.. disini kita bayar Rp.200rb ke pemilik Homestay sebagai biaya sewa tempatnya.. tempatnya cozy banget bro.. cocok dah buat kalian para Traveler yang pengen menyepi dari dunia.. karena disini kagak ada sinyal hape sama sekali, jadi udah kayak stay di lost island aja deh.. pemandangan disini juga keren.. ada pasir putih panjaang bangets.. dan disini juga katanya kita bisa lihat ikan hiu maen-maen di bawah homestay kita.. Anjaaaay!!


Jam 12.30 kita meluncur pulang ke arah Waisai.. nah kita singgah dulu di Desa Wisata Arborek untuk snorkeling.. masak ke Raja Ampat kagak ngelihat ikan-ikan yang cute dan underwaternya siih? Berhubung kita hanya Short Trip maka kita cuma bisa snorkeling doang.. padahal pengen banget diving euy.. hehe.. Kita tiba di Arborek jam 12.45 WIT dan tanpa ba.bi.bu lagi kita langsung nyemplung deh.. seruuuu broo! Ikan.ikannya banyak bener dan karangnya juga bagus.. padahal itu Cuma di Jettynya doang.. bagaimana kalo diving disini yaah?? mupeng.com dah….

Selanjutnya jam 13.30 kita meluncur ke Pasir Timbul di depan Mansuar Island.. Pasir Timbul ini hanya muncul saat laut surut aja, kalo pas laut pasang pasirnya ngak kelihatan, dan ini nyambung sampai ke Pulau Roti yang ada diujungnya.. kita bisa sih jalan-jalan ke Pulau Roti, cuma waktunya mepet banget jadi kita ngak sempet island hoping ke Pulau Roti..

[img][/img]
Kita disini sampai jam 14.00 WIT karena cuaca udah gelap banget takutnya ntar kehujanan di laut, kan ngak ada ojek payung ntar takutnya kebasahan.. jiaaah!!

Kita tiba di Resort jam 14.30 WIT, langsung mandi, packing, urus administrasi pembayaran Resort, dan jam 15.00 WIT kita naik speed lagi ke Pelabuhan Waisai dan sampai di pelabuhan jam 15.15 WIT. Dan untungnya ada Ferry Cantika Lestari yang akan berangkat jam 16.00 WIT ke Sorong.


Disini tiket per orangnya Rp.100rb dan jika kita ingin sewa kamarnya ABK maka kita kena DC tambahan lagi Rp.300rb per kamar yang isinya 2 bed. Ferry Cantika Lestari berangkat jam 16.00 WIT dan tiba di Sorong jam 20.30 WIT.. ini yang membedakan kalo kita naik Kapal Cepat cuma 2 jam saja Waisai-Sorong.

Kita tiba di Pelabuhan Rakyat Sorong langsung dijemput sama boz.boz di Sorong dan langsung diajak makan ke RM. Dapur Berkat di depan Bandara DEO Sorong.. enaak bangeet looh!!
Sambil makan malam kita-kita nginget-nginget perjalanan Short Trip ke Raja Ampat barusan sambil ketawa-ketiwi.. hihii..
Raja Ampat.. We’ll be back!!

DC :
Ferry Express Bahari : 7 x 125rb = 875.000
Speed : 1 x 7jt = 7.000.000
Pandawa Resort : 7 x 600rb = 4.200.000
Ferry Cantika Lestari : 7 x 100rb = 700.000
Kamar di Ferry : 2 x 300rb = 600.000
Snack + FnB : 1 x 1jt = 1.000.000
TOTAL : Rp.14.375.000 / 7 = Rp.2.050.000,-

~~ Siapa bilang ngak bisa nikmati Raja Ampat cuma 1D/1N trip?? ~~
Diubah oleh papaneo 24-05-2016 11:07
0
2.2K
11
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan