cloudcukAvatar border
TS
cloudcuk
Berikut 7 tips buat agan dalam memilih hosting
Berikut 7 tips buat agan dalam memilih hosting

Jumlah Pelanggan

Tentunya parameter ini bisa diperdebatkan. Namun, bagi saya jumlah pelanggan adalah penting. Semakin banyak jumlah pelanggan suatu penyedia hosting, semakin baik pelayanan dan kualitas penyedia hosting. Logikanya, bila pelayanannya buruk, otomatis pelanggan akan kecewa dan meninggalkan penyedia hosting bersangkutan.

Lokasi Server

Nah Lokasi server juga berpengaruh untuk kestabilan website nih gan. Sebelum membeli hosting untuk website, baiknya agan harus mengetahui siapa aja sih calon pengunjung website agan. Jika agan bertujuan untuk website lokal Indonesia, maka hosting dengan lokasi server indonesia akan jauh lebih baik untuk website agan, jika untuk global hingga seluruh indonesia, maka carilah hosting yang memiliki server berada di Singapura atau USA, karena 2 negara ini terkenal dengan kestabilan koneksi Internetnya. Biar pengunjung website agan enggak marah-marah gara-gara web agan down terus.

Harga

Teliti dengan seksama harga yang ditawarkan oleh penyedia web hosting, biasanya mereka memiliki paket-paket harga tertentu, bandingkan beberapa web hosting agar anda bisa mengetahui dengan pasti pasaran harga hosting. Kalau perlu tanya kepada pemilik website lain atau blogger lain soal berapa harga yang pas untuk website anda dan penyedia layanan hosting mana yang bagus.

Batasan Transfer Data

Pastikan anda memeriksa berapa banyak data yang dapat ditransfer melalui blog anda kepada pengunjung nantinya, biasanya hitungannya perbulan, misal 5 Giga per bulan. Ini penting, pastikan batas transfer yang anda dapatkan cukup tinggi untuk menampung semua data yang anda publikasikan di website/blog yang dilihat oleh setiap orang yang mengunjungi. Perlu diketahui bahwa anda dapat meng-upgrade jika sewaktu-waktu diperlukan, tentu dengan biaya tambahan.


Support

Jika anda kebingungan, atau jika server anda tiba-tiba mati sedangkan anda sedang berada jauh dari komputer, tentu pihak web hosting adalah orang yang paling anda butuhkan, jadi pastikan mereka menyediakan layanan dan support yang baik, bersedia melayani anda setiap saat. Pastikan juga support apa saja yang mereka berikan, jangan-jangan mereka hanya memberikan bantuan untuk hal-hal tertentu. Semakin banyak fitur bantuan yang diberikan makin bagus tentunya.

Kapasitas Ruang Penyimpanan

Kapasitas ini penting untuk dipertimbangkan, pastikan kapasitas ruang penyimpanan cukup untuk menampung file-file website anda, serta pertimbangkan juga untuk memilih kapasitas yang sesuai dengan perkiraan seberapa besar website anda akan berkembang dalam kurun waktu satu tahun kedepan, karena biasanya sewa hosting ini pertahun. Jika untuk melakukan blogging saja yang setiap hari membuat satu postingan dengan satu gambar rasanya ruang sebesar 1GB sudah sangat cukup.

Kehandalan & Kecepatan

Jika suautu saat seseorang mengunjungi website anda dan ternyata website sedang tidak bisa dibuka karene server sedang down maka itu adalah kerugian besar, karena bisa jadi dia enggan untuk balik lagi dilain waktu. Oleh karena itu penting untuk memastikan hosting yang anda pilih terpercaya dan dapat diandalkan. Selain kekuatan, kecepatan juga penting, jangan sampai website anda responnya lama karena kualitasnya yang tidak bagus, jadi anda bisa bertanya kepada pengguna lain, atau biasanya web hosting yang bagus itu menyediakan versi trial untuk percobaan. Manfaatkan hal tersebut dengan baik.



Semoga tips itu berguna, agar website agan up terus gak down.

Ane juga nyediain hosting loh di cloudcuk.com
jgn lupa cendolnya gan hehehehe,
kalo bata buat bangun rumah agan aja hehehehehe..
0
751
3
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan