fondamedikaAvatar border
TS
fondamedika
Wanita GEMUK rentan pembekuan darah, apakah Anda salah satunya?
Hi semua pembaca dan pengguna kaskus emoticon-Toast ketemu lagi dengan pembahasan Kesehatan Pembekuan Vena Dalam yang sebelumnya kita sudah pernah membahas tentang ini.

Yuk mari membaca dan membahas bersamaemoticon-Matabelo

Kelebihan berat badan atau obesitas tentunya tidak baik untuk kesehatan karena memberi dampak negatif bagi tubuh manusia. Obesitas pada wanita bisa berhubungan dengan kanker ovarium. Sekarang, diketahui bila risiko tinggi pembekuan darah menghantui wanita usia menengah dengan berat badan berlebih, terutama mereka yang baru saja operasi.

Penelitian ini diikuti oleh lebih dari sejuta wanita di Inggris yang menyatakan adanya hubungan antara obesitas dan risiko tromboemboli vena (venous thromboembolism/VTE), atau yang umumnya dikenal sebagai pembekuan darah di pembuluh darah.

Jika gumpalan darah pecah dan masuk ke paru-paru akan menyebabkan kondisi yang disebut emboli paru, atau penyumbatan arteri utama paru-paru atau satu cabangnya, dengan zat yang berasal dari tempat lain dalam tubuh. Jika kondisi ini terjadi, dapat berakibat fatal dan operasi harus dilakukan.

“Sejauh yang kita tahu, penelitian ini adalah yang pertama untuk langsung menguji hubungan antara kelebihan berat badan atau obesitas dan kemungkinan dioperasi,” kata peneliti utama, Lianne Parkin, dari University of Otago di Selandia Baru.

Para peneliti menemukan, dari 1.000 wanita dengan berat badan normal yang menjalani operasi rawat inap selama enam tahun, sekitar lima orang harus menjalani operasi karena pembekuan dalam vena atau emboli paru dalam waktu 12 minggu operasi.

Sementara pada wanita yang kelebihan berat badan atau obesitas, jumlah yang menjalani operasi emboli paru lebih besar, yaitu tujuh orang. Secara keseluruhan, Parkin mengatakan risiko pembekuan meningkat bersamaan dengan berat badan wanita.

“Ini menunjukkan, sejumlah kecil penurunan berat badan akan berdampak baik dalam hal mengurangi risiko VTE, terutama bagi wanita yang kelebihan berat badan atau obesitas,” kata Parkin.emoticon-Takut (S)



Pembekuan darah hampir selalu didiagnosis karena gejala seperti nyeri di betis, pembengkakan pergelangan kaki, dan merasa panas pada daerah yang terkena. Menurut Parkin, pengobatan dapat dilakukan dengan memberikan anti-pembekuan darah untuk mencegahnya.



Mengenakan stoking kompresi sekitar kaki bagian bawah juga dapat membantu mencegah pembekuan baru. Menurut Parkin, cara terbaik untuk wanita gemuk dalam mengurangi risiko VTE tentu saja menurunkan berat badan. “Banyak manfaat kesehatan lainnya yang bisa diperoleh dengan mengurangi berat badan,” lanjut Parkin.

Nah itu artikel kita kali ini, terimakasih buat agan en aganwati yang mau bacaemoticon-Blue Guy Peace
Polling
0 suara
apakah Anda ada tanda-tanda gejala seperti di artikel?
0
741
0
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan