moceanaAvatar border
TS
moceana
Tips Memilih Rumah dan KPR (yang mau mulai nyicil rumah masuk gan!)
Welcome to my thread, Gan!
emoticon-Smilie

Jauh sebelum akhirnya gw udah nikah kayak sekarang, gw udah mulai mikirin tentang rumah. gw mau punya rumah yang seperti apa, kayak gimana dan dimana. Seriously. Dan sekarang gw mau share tips-tips milih rumah dan pakek KPR. Kenapa KPR? Karena ternyata gaji gw gak nyampe "tiga digit" alias ratusan juta. Gaji masih dua digit saat itu. sedangkan waktu itu deadline gw udah tinggal dikit lagi. Iya, gw memang menetapkan deadline untuk diri gw bahwa di umur gw yang ke 28 atau sebelum gue nikah, gw udah harus punya rumah sendiri. whatever gimana caranya. yang pasti atas usaha gw sendiri, bukan boleh minta atau dikasih ortu.

Masuk di usia yang ke 28, gue emang belum dapet calon yang pas. tapi tentang deadline, ini mesti tetep gw penuhi. menengok jumlah tabungan gue yang gak cukup buat langsung beli rumah, mulailah gue memutar otak supaya gak dicap jadi anak yang gagal. gak dicap gagal juga sih, tapi pasti kadang ngerasa minder karena kakak-kakak gw udah punya sesuatu buat dibanggakan.

Tips memilih rumah.

1. Tentukan seperti apa rumah yang kita inginkan.

Gue bukan kelas menengah ngehek yang sering mondar-mandir seliweran pamer ini-itu kok. Tapi soal rumah, karena tempat tinggal ini emang kebutuhan primer gue dari dulu emang pengen rumah yang lokasinya strategis yang ada halamannya, sekedar buat duduk-duduk kalo lagi dirumah. Gw tau, rumah yang lokasinya strategis pasti harganya juga lumayan, makanya gw kerja keras meski hasilnya gak sebanyak yang didapet kakak-kakak gue. at least gue udah berusaha ya. Ada temen gue yang gajinya 8jutaan bisa banget tuh punya rumah dan pake KPR, meski gak terlalu strategis tempatnya. Jadi, buat ente yang sekarang masih belum kepikiran buat punya rumah kayak apa dan dimana, bisa mulai pikirin dan catet. gak sekedar dipikirin aja, tapi catet juga supaya bisa punya motivasi buat kerja lebih giat dan ngumpulin dana buat punya rumah.

2. Melakukan pencarian yang sesuai.

Punya rumah itu kayak komitmen jangka panjang gan, karena nantinya kita bakal tinggal disitu sama keluarga kita dalam waktu yang lama, beda sama ngontrak yang bisa gampang buat pindah-pindah kalo gak cocok sama posisi rumah. dan nyari rumah sekarang susah-susah gampang, tapi banyak caranya. Bisa dari mulut ke mulut (nanya ke temen/sodara kalo ente lagi nyari rumah), dateng langsung atau keliling-keliling di lokasi yang ente mau, atau bisa juga dateng ke pameran-pameran. Waktu itu kebetulan gw akhirnya dapet di suatu pameran yang gw kunjungi gan. Melihat lokasi, tipe rumah yang sesuai, mempertimbangkan developernya yang bagus, dan harganya masuk di kantong gw akhirnya gw pilih di perumahan itu.

Rumah udah dapet yang cocok, saatnya pemilihan kpr.
ini tips dari ane untuk Pengajuan KPR.

1. Banyak bertanya dan membandingkan.

Yang ini sih pasti, siapa sih yang gak mau dapet bunga ringan buat nyicil kpr. Gw juga banyak bertanya kok waktu mau mengajukan, mulai dari B*A, B*N, sampe KPR Bank CIM* Niaga. Gak salah kan nanya nanya? namanya juga calon nasabah, yang salah kalo ente cuman nanya-nanya tapi akhirnya dari semua yang ditanyain gak jadi semua, ngabisin waktu doang itu emoticon-Betty (S)

2. Pilih Bank yang cocok sama agan.

Karena emang gak semua cocok kan. Di KPR ada yang namanya Bunga tetap(Fixed rate) dan bunga mengambang (Floating rate), kebanyakan KPR sekarang emang mengkombinasikan keduanya, Fixed rate untuk beberapa tahun pertama dan Floating rate untuk sampai pelunasannya. Kalo sistemnya kayak gini, sebenernya ini kayak win-win solution, namanya perekonomian, kita kan gak akan tau gimana kedepannya. Tapi ada juga yang nawarin fixed rate. kalo ge bilang fixed rate lebih menguntungkan, kenapa? karena meskipun bunga pasaran turun, gak bakal nyampe turun banget. cicilan kita juga gak akan berubah sampe lunas.

3. Pengajuan KPR ke Bank yang cocok

Nah, disini biasanya yang perlu di lengkapi itu seperti Foto Kopi KTP, KK, NPWP, Perjanjian jual beli sama developer nya, Slip gaji, dll tergantung di bank mana yang mau ente ajuin. oh iya, waktu itu gw ajuin di KPR CIM* Niaga dengan pertimbangan mereka ada fixed ratenya. supaya cicilan gw gak berubah-rubah kalo bunga lagi turun-naek. Tapi pilihan masing-masing sih, karena kalo pake floating rate, pas bunga lagi turun ya cicilan juga ikutan turun. meski gak sebanyak naiknya emoticon-Big Grin

KPR di approve, tinggal urus surat-surat dan beres deh!



Nah, gitu deh sedikit pengalaman gw. Gw tau, kadang gw gak sehat membandingkan diri gw sama kakak-kakak gw, agak jahat. tapi ini bisa dicontoh, buat bangkitin semangat dan ambisi. Bahwa gw pun bisa seperti mereka. Well, mulai dari sekarang pikirin dan catet kedepannya ente mau apa. jangan lupa kasih deadlinenya juga.

Good luck gan!
emoticon-Angkat Beer

0
45.9K
272
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan