SanthioAvatar border
TS
Santhio
Indonesia : Open economy?
Nah gan, sekarang kan pemerintah lagi gencar-gencarnya membuka ekonomi Indonesia. ASEAN, AEC, Indo-china agreement dan dipermudahnya perizinan untuk investment asing untuk masuk Indonesia. Tentunya, ini membawa berbagai argumen baik yang pro maupun yang contra.




Pro
1. FDI membawa pekerjaan bagi rakyat Indonesia
2. Membawa pendanaan untuk memperbaiki infrastructure
3. Membuka kesempatan bagi orang Indonesia untuk berkarir diluar negeri atau berbisnis dengan asing (wider market)

Contra
1. Persaingan bertambah ketat (saingan dengan global)
2. Sektor-sektor dikuasai asing

Nah disini kita harus open minded dan objective bahwa semua keputusan yang kita lakukan akan membawa hal positif dan hal negatif seperti 2 sisi koin. Ada keuntungan ada juga kerugian, seperti halnya beli mobil baru, disatu sisi kita senang, disatu sisi uang saldo rekening berkurang.

Sering diseminar, narasumber ditanya "menurut bapak, bagaimana dampak AEC terhadap perekonomian Indonesia?" narasumber sering menjawa "tergantung kesiapan para pekerjanya, kalau mereka siap menguntungkan, kalau tidak siap tentu merugikan".
Jawaban ini terkesan sangat tanggung atau ditengah-tengah. Disini saya ingin menjelaskan bagaimana open economy akan menguntungkan dalam jangka panjang dan menguntungkan bagi KEBANYAKAN masyarakat Indonesia (tidak seluruhnya).


1. Kenaikan gaji rata-rata



oke, kita udah tahukan gaji di Indonesia tergolong rendah dibandingkan negara lain (dibawah rata-rata ASEAN). Dalam teori ekonomi internasional, tenaga kerja adalah kategori yang dapat berpindah-pindah. Bayangin aja kalau pekerja asing masuk ke Indonesia (pasti minta gaji tinggi), dan orang Indonesia juga pindah ke negara yang menawarkan gaji UMR yang lebih tinggi. Dalam jangka panjang, hukum supply and demand akan membuat pendapatan kita naik. Supply tenaga kerja murah didalam Indonesia akan turun (karena banyak orang indo kerja diluar negeri) dan tenaga kerja akan menuntut gaji yang lebih tinggi. Akhirnya karena supply yang turun dan demand yang tetap. Akhirnya gaji Indonesia akan naik. China adalah negara yang menjadi contoh mengalami keuntungan ini, sekarang tenaga kerja di china mengalami kenaikan gaji rata-rata karena hal ini.


2. Peningkatan kualitas SDM


Produktivitas akan meningkat dikarenakan kompetisi dan juga transfer pengetahuan. Asing yang masuk ke Indonesia untuk bekerja, ilmu pengetahuan (teknologi dan cara berpikir) pasti dapat diadaptasi dan dipelajari oleh orang-orang Indonesia. Akibatnya kompetensi kita dapat meningkat dan menguntungkan

3. Infrastruktur yang membaik

Bayangin Indonesia punya MRT dan sistem bis yang baik seperti dinegara-negara lain. Gak usah repot-repot cari parkir tiap hari atau panas-panasan naik motor. Terlebih lagi dengan transportasi umum yang lebih baik maka GAK ADA MACET lagi. Kalau nunggu APBN kita untuk bangun, kita bisa keburu mati ketika proyek MRT jadi di kota-kota besar di Indonesia.

4. Perbedaan kaya dan miskin mengecil
Kita tahu Indonesia ada perbedaan ekonomi yang besar. Emang sih banyak faktor yang berpengaruh seperti kesempatan pendidikan dan koneksi. Tapi dengan open economy, banyak perusahaan multinational masuk Indonesia. Otomatis pengusaha-pengusaha yang sering memonopoli pasar harus berkompetensi secara fair sehingga akhirnya mereka mengecilkan keuntungan dan yang diuntungkan adalah masyarakat secara menyeluruh. Disisi lain, perusahaan-perusahaan ini akan membuka lapangan kerja dengan gaji yang cukup tinggi sehingga bisa membuat ekonomi pekerjanya meningkat.


Menurut saya pribadi, Indonesia harus mengarah ke open economy namun harus ada beberapa regulasi yang melindungi masyarakat lokal. Seperti Singapore yang melindungi masyarakat lokal dengan sistem ratio pekerja (1 asing : 5 singaporean). Terlebih lagi, perubahaan harus bertahap dan berproses.

"Progress is impossible without change, and those who can't their mind can't change anything"
George benard Shaw






Polling
0 suara
Apa menurut indonesia harus open economy atau closed economy?
Diubah oleh Santhio 06-05-2016 05:12
0
19.1K
170
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan