anwarsidiqAvatar border
TS
anwarsidiq
Makna dan Tafsir Mimpi menurut Islam dan Ilmu Jawa
Makna dan Tafsir Mimpi menurut Islam dan Ilmu Jawa

Apakah arti dari mimpi kita semalam? dan bolehkah kita menakwilkan mimpi kita? dan mari kita kaji tentang Makna dan Tafsir atau takwil Mimpi ini,dan mari kita diskusikan .
Hampir setiap orang dalam tidurnya pernah mengalami sebuah peristiwa mimpi, dan mereka sering hanya menerka-nerka apa Arti dari mimpi semalam yang mereka alami.

Sehinga mereka sering gelisah atau bahagia hanya karena peristiwa mimpinya semalam. Padahal semua itu sesungguhnya tidak terjadi, dan hanya dialami dalam mimpi.

Disini kita akan membahas mimpi dan takwil atau tafsirnya dari beberapa sudut pandang, Yaitu:

Mimpi menurut pandangan Islam.
Mimpi menurut orang-orang jawa.
Takwil dan tafsir mimpi.

Mimpi menurut pandangan Islam.

Penjelasan Mimpi dalam Al-Qur'an

Di dalam Al-Qur'an ada banyak ayat yang menyebutkan tentang mimpi, ada beberapa ayat yang menggambarkan tentang mimpi itu tertuang dalam kisah-kisah mimpinya para Nabi dan Rosul,
ada pula disebutkan mimpi yang diartikan sebagai sebuah keajaiban atau mu'jizat para Nabi, seperti yang disebutkan dalam surat Al-Isro ayat 60 :

Artinya:

Dan (ingatlah), ketika Kami wahyukan kepadamu: “Sesungguhnya (ilmu) Tuhanmu meliputi segala manusia.” Dan Kami tidak menjadikan mimpi yang telah Kami perlihatkan kepadamu, melainkan sebagai ujian bagi manusia dan (begitu pula) pohon kayu yang terkutuk dalam Al Quran.
Dan Kami menakut-nakuti mereka, tetapi yang demikian itu hanyalah menambah besar kedurhakaan mereka. (QS. Al-Israa : 60).

ayat yg lain banyak temukan di http://www.puspotajem.id/2016/03/mak...rut-islam.html

Mimpi menurut orang jawa

Namun dalam penjabaran dan improfisasinya saja hanya dengan versi Jawa, menyesuaikan dengan adat dan budaya tanah jawa.
Karena menurut orang jawa Mimpi itu terbagi menjadi tiga:

- Tito Yoni.
- Gondo Yoni.
- Puspo Tajem.
cek di alamat link tadi gak keterangan lengkapnya....emoticon-Sorry
Takwil dan tafsir mimpi


Diatas sudah banyak disinggung tentang Takwil dan Tafsir mimpi,yaitu tentang bagaimana Islam mengajarkan atau memberi arahan tentang bagaimana jika mengalami suatu mimpi, mimpi baik ataupun mimpi buruk.
Juga tentang pentakwilan mimpi itu sendiri.

Ada dikisahkan dalam Al-Qur'an tentang kelebihan yang diberikan Alloh kepada nabi Yusuf As dalam menafsirkan dan mengartikan mimpi. Yaitu sebagaimana kisahnya dalam Al-Qur'an:

Artinya:

Dan demikianlah Tuhanmu memilih kamu (untuk menjadi Nabi) dan diajarkan-Nya kepadamu sebahagian dari ta’bir mimpi-mimpi dan disempurnakan-Nya nikmat-Nya kepadamu dan kepada keluarga Ya’qub,
sebagaimana Dia telah menyempurnakan nikmat-Nya kepada dua orang bapakmu[743] sebelum itu, (yaitu) Ibrahim dan Ishak. Sesungguhnya Tuhanmu Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana. (QS. Yusuf : 6).

Ada sebuah pertanyaan, bolehkah kita menafsirkan mimpi kita?,,,

Dan jawabanya kalau berdasarkan hadist dibawah ini, kita boleh mengartikan atau menakwilkan mimpi-mimpi kita sepanjang tidak akan mendatangkan madhorot bagi diri yang bermimpi maupun orang lain, atau yang mentakwilkanya.
Rosululloh s.a.w. bersabda,

“Mimpi akan terjadi sebagaimana ia ditakwilkan.”

Juga diriwayatkanbahwabeliau bersabda, “Mimpi itu bagaikan kaki yang menggantung selama belumdiungkapkan. Jika telah diungkapkan, maka terjadilah.” Demikian yang disebut dalam as-Silsilah ash-Shahihah.


semoga dapat bermanfaat gan....
>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>selanjutnya buka ajha gan cekidot di
http://www.puspotajem.id/2016/03/mak...rut-islam.html

dan bila agan pernah mengalami mimpi yang sampai saat ini masih teringat dan belum terpecahkan..silahkan di tulis disini,, insyaalloh kami akan bantu gratis...,,, makasih banyak emoticon-Shakehand2 emoticon-Wow
Diubah oleh anwarsidiq 05-05-2016 18:14
0
6.7K
39
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan