Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

www.rumah.saleAvatar border
TS
www.rumah.sale
[REVIEW, SHARE, KERJASAMA] www.rumah.sale - www.indonesia.biz.id - www.kerja.top
Dear All,

Mohon maaf jika terlalu panjang, maklum story telling.

Perkenankan saya ingin berbagi informasi mengenai beberapa website yang sedang saya jalankan. Saya ingin komentar, review dari para senior,suhu,mastah disini, dan siapa tahu berkeinginan untuk join bersama untuk mengembangkan bisnis ini.

Deskripsi saya, basicnya hanya seorang nubie yang berprofesi sbg karyawan swasta dengan bidang IT Jaringan (Network). Sejak 3 bulan lalu saya, secara otodidak tepatnya, mulai belajar bagaimana cara buat website, dasar HTML, dkk-nya.

Awal tahun lalu, september 2015, saya mempunyai keinginan untuk menjalankan beberapa website untuk dijadikan bisnis profesional. Saya telah coba cek prospek dari niche/ragam & tema bisnis dari website-website yang profitable. Menurut saya yang di Indonesia saat ini, khusus untuk bidang marketplace/e-commerce, yang stabil untuk long term adalah website Properti, Kerja & Karir, serta Iklan Baris. Idealisnya, saya berniat untuk membuat website-website dengan niche tsb.. berat pasti iya, berdarah-darah iyah, mengingat big player semacam rum*h123.com, k*rir.com, o*x.com, dll.

Bingung untuk memulai, sewa web developer tidak memungkinkan (budget tipis), skill bikin web = 0 besar, pengetahuan hosting.. ya ala kadarnya. Akhirnya selama oktober sampai desember 2015, terpaksa mau tidak mau, tongkrongin mbah gugel, nekat belajar html dkk. Tidak sengaja ketemu yang namanya CMS, apalagi gratisan, semacam wordpress dkk. Bagi saya yang punya kemampuan seadanya ttg web development, sangat tertolong dgn model CMS open source ini.


Tahapan 1

Nama domain, ya.. ini adalah perburuan pertama saya. Saya inget dari salah satu artikel yang saya baca, bahwa salah satu kunci SEO adalah menempatkan keyword sebagai nama domain. Terbukti, saya berkaca dari domain rum*diju*l.com, yang popularitasnya mengalahkan rum*h.com, rum*123.com. Dan khusus .com sudah tidak ada lagi nama-nama yang bagus untuk digunakan, untung saja di 2015 lalu telah diluncurkan ribuan domain-domain baru yang fresh seperti .sale, .men, .city, dll

Walaupun beberapa pakar bilang, domain-domain baru tersebut belum teruji, dan adanya pepatah ".com is always be the KING" tidak membuat saya bergeming. Saya berniat untuk membuat 3 Website dengan niche Properti, Bursa Karir, dan Iklan Jual Beli Online.

Pilihan hati jatuh ke :

1. www.rumah.sale, saya mantap menggunakan domain .sale karena singkat, mudah di ingat, dan cocok dengan tagline yang saya usung yaitu #RumahForSale.

2. www.indonesia.biz.id, salah satu domain .id yang beruntung saya mendapatkannya. lagi-lagi, karena brandingnya kuat, dan sesuai dgn tagline yang diusung yaitu #IndoBiz.

3. www.karir.top dan [url=http://www.kerja.top,]www.kerja.top,[/url] ini domain .top yang saya rasa sangat oke untuk tagline Bursa Karir dan Kerja paling TOP !


Tahapan 2

Hosting, ini yang saya masih awam juga. Saya menggunakan shared hosting untuk sementara dari provider yang menurut saya cukup oke.. (budget hehe). Kebetulan saya dapat promo hosting yang lumayan dan mempunyai server di Singapore.


Tahapan 3

Web engine, berhubung masih nubie, saya hanya bisa "pasrah" dengan pilihan-pilihan CMS yang tersedia. Dan akhirnya saya menjatuhkan pilihan kepada OSCl*ss, karena simpel, user friendly, mudah edit templatenya bagi yang awam seperti saya. Terlebih banyak pluginnya yang sangat berguna.
Untuk struktur kode, saya coba semampu saya untuk membuat web ini SEO Friendly dan fast loading, mulai dari mobile ready (responsif), permalink, meta, title, desc, image alt, kompresi gambar, hingga web cache, dll. Saat ini masih http belum https. Saya coba tes dengan beberapa site SEO Checker Tools dan hasilnya lumayan buat saya. Salah satunya dari [url=http://www.seositecheckup.com,]www.seositecheckup.com,[/url] website www.rumah.sale dan www.indonesia.biz.id mendapatkan skor 81/100. Cukuplah buat saya, yang penting bisa cepet online.


Tahapan 4

Tepat, Februari 2016 lalu, saya resmi meluncurkan www.rumah.sale sebagai Situs Iklan GRATIS Properti di Indonesia #RumahForSale. Promosi awal adalah dengan SMS ke penjual & agen properti di forum-forum, email ke beberapa broker properti. Tidak menyangka juga, responnya lumayan bagus, saat ini per 22/4/2016, total iklan properti yang terdaftar adalah 494 iklan, real human, real traffic (Google Analytics), no fake listings, no bot spam. Berdasarkan Alexa, rank saat ini adalah 3,8 juta, (pernah menyentuh 1,5 juta). Tiap hari ada yang memposting iklan.

Setelah testing dengan properti, berkaca dari www.rumah.sale, bulan Maret 2016, saya buat juga www.indonesia.biz.id sebagai Situs Iklan GRATIS Jual Beli Online di Indonesia #IndoBiz. Metode promosi sama, broadcast di forum-forum. Total iklan yang terdaftar per 22/4/2016 adalah 160 iklan. Untuk Alexa Rank masih berkisar 7 jutaan.

Untuk www.kerja.top dan www.karir.top masih blank page alias masih saya keep dulu.


Silahkan buat para member semuanya untuk berkunjung dan review solusi diharapkan untuk kedua website ini. Rencana monetisasi masih terbatas pada Google Adsense (Masih menunggu verifikasi tahap 2), Afiliasi dari Banner Bl*Bli, L*zada, IDH*ostinger.

Memang benar, susah bersaing dengan para big player, mesti berdarah-darah dan min bth 1-2 thn untuk profit. Tapi dari hasil trafik kunjungan & respon dari umum, saya percaya bahwa konsep bisnis ini bakalan stabil dan menguntungkan. untuk promosi lebih iklan dllnya seperti Adwords masih belum karena terkendala budget.

Saya juga ingin mengajak para member disini bekerja sama, khususnya yang jago Web, atau yang pengen nekat investasi di website nubie ini. Saya sangat terbuka, semua bisa dibicarakan model dan konsep bisnis kedepannya.. saya tidak mencari GRATISAN semata, tapi long term. Ya memang masi sangat dini tapi kalo bisa kenapa tidak dijalankan sekarang...

Bagi para member yang mau beriklan silahkan, komentar sangat dihargai, rekan kerjasama sangat dinantikan hehe... Silahkan hub saya di WA/Call/SMS 0821 - 23 2828 00 atau Pin BBM 7CCC9CC2.







0
967
7
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan