rikkiaffandiAvatar border
TS
rikkiaffandi
Tips Membeli iPhone Seken (True Story)
Assalamu'alaikum agan dan aganwati yang semoga dirahmati Allah dan selalu diberikan kesehatan. Aamiin.

Ane mau berbagi tips buat yang mau beli iPhone seken. Sebelumnya ane boleh cerita ya gan.

Waktu itu istri ane minta ganti iPhone yang space nya agak gedean, maklum punya istri ane cuma 8gb, bener2 empot2an dah space cuma segitu. Kebetulan ane punya kawan, dia punya konter di pusat elektronik di Bogor (kalo agan tanya ama orang Bogor beli hape dimana, pasti ditunjuk dimari). Kawan ane nawarin iPhone 5S Gold 32gb harga 4.5jt, nego2 sepakatlah tuker tambah ama iPhone 5C istri ane, ane nambah 2.5jt. Dia bilang barang baru, dipikiran ane yang namanya baru ya gak pernah dipake, semua yang ada di dalam dus juga barang baru.

Karena kawan, ane gak pake cek ricek langsung deal. Gak lama setelahnya ane nyari iPhone juga buat ane. Terjadi kesepakatan kedua, tukar tambah ama BB Q10, ane nambah 1.7jt. Waktu itu iPhone 5S Silver ane dihargain 2.8jt. Minusnya cuma finger gak fungsi. Ane berpikiran kalo nie iPhone bener2 cuma finger aja yang gak fungsi, yang lain masih normal.

Kira-kira dah jalan 2 bulan, masalah muncul.
Tombol home iPhone ane gak fungsi, kamera gak bisa fokus, suara di iPhone istri ane cempreng, dan ternyata asesoris nya KW.
Akhirnya ane cek imei di internet. Busyet, iPhone yang katanya baru udah gak da garansi, dah dipake 2 tahunan, tertera di keterangan iPhone 5S Silver, padahal fisiknya Gold.

Ane coba konfirmasi ke kawan ane, responnya lama, gak kaya pas awal ane mau beli. Tau gak apa yang dia bilang? "Kalo mau barang bagus, beli di gerai resmi" secara gak langsung bisa ditarik kesimpulan bahwa barang yang dia jual gak bagus.

Alhamdulillah dia mau beli lagi, tapi dengan harga yang udah dia tetapin, mau syukur, gak mau yo wes. iPhone Gold yang ane beli 4.5jt, dijual balik ke dia cuma 2.6jt. iPhone Silver yang ane beli 2.8jt dijual balik ke dia cuma 1.5jt. Itu barang lom ada 3 bln dipake.

"Kenapa gak dijual ke yang lain gan?" Good question, jawabannya karena ane gak mau pembeli merasakan apa yang ane rasain. Ane tau ini barang gak beres. Ane gak mau pembeli gak ikhlas, bisa berabe di akherat nanti.

Dari apa yang ane alamin, ane ambil kesimpulan :

1. Kalo mau beli iPhone seken, cek dulu imei nya.

2. Cek harga di tempat lain (bisa toko lain atai via toko online)

3. Tanyakan history pemakaian sebelumnya (pernah ganti apa aja).

4. Tanyakan keaslian asesorisnya (waktu ane cas pake charger KW, sumpah lama banget penuhnya, dah gitu muncul informasi not supported).

5. Pastikan ada nota gan walopun yang jual saudara sendiri.

6. Tanyakan layanan after sale nya, kalo ada apa2 gimana, bisa full support gak?

7. Jangan tergiur dengan harga murah, kalo agan mau sabar, kumpulin duit beli baru.

Ane yakin masih banyak penjual yang gak hanya nyari untung tapi nyari keberkahan juga dari apa yang dia jual.


Sekian tips dari ane gan.
Monggoh bagi yang mau menambahkan.




0
7.7K
33
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan