minimanimuAvatar border
TS
minimanimu
██ GARUDA INDONESIA Namanya Besar Hanya Sekedar Nama [HATI-HATI dgn Promonya] ██
Sebenarnya saya agak segan untuk menulis hal-hal semacam surat pembaca, namun dikarenakan saya sudah komplain langsung baik via twitter dan by phone berulang kali, tapi tidak ada tindakan dari yang bersangkutan, sehingga saya akan coba tuangkan di forum ini.

Kejadian ini bermula ketika tanggal 12 April 2016, jam 4.30 PM, saya mendapat SMS dari Bank mandiri (Terlampir di photo no 1)yang dimana saya sebagai nasabah di bank tersebut, bahwa para nasabah mendapatkan promo diskon sebesar 10% untuk pembelian tiket garuda indonesia dengan menggunakan kartu mandiri berlogo VISA, yang dilakukan setiap rabu (wednesday) hingga tgl 30 september 2016.

Dikarenakan keesokannya saya ada pergi keluar kota saya tidak sempat untuk melakukan pembelian tiket tersebut, memang pada awalnya saya berencana membeli tiket saya utk jalan-jalan bersama istri dan anak saya. Kemudian saya coba untuk mengakses web nya kembali pada tanggal 20-04-2016, dan benar disana terpampang jelas promo "Wonderful Wednesday" (https://www.garuda-indonesia.com/id/...dnesday.page?) ,adapun memang syarat dan ketentuan berlakunya (Terlampir di photo no 2), syarat2 tersebut dengan jelas kami baca dengan baik, dan setelah membacanya kami mengakses pembelian tiket dengan kode GAVISA,
adapun kami memlih kota tujuan beserta tanggal nya yaitu 11-02-2017 hingga 18-02-2017, yang dimana tidak menyalahi term n condition yang ada, namun setelah saya coba untuk "Search flight", adapun pesan error "Sorry the promocode that you are looking for can not be found, regards."(terlampir di photo no 3), seketika itu saya menelpon Garuda Call Centre di nomor 0804-1 807 807, dan diterima oleh seorang wanita, dan setelah ditanyakan data2 saya, dan saya menjelaskan tentang jadwal yang ingin saya cari, menurut ini mba gk ada masalah, dan diharapkan untuk mencoba lagi, dengan mengulang/me-refresh halaman, dan setelah itu saya tutup telpon dan mencobanya lagi, namun lagi-lagi pesan error yang sama muncul. Adapun kami mencoba kembali menelpon Garuda Call Centre dan di terima oleh seorang bapak, setelah saya menceritakan ulang kembali, dan menurut ini bapak(saya akhirnya menanyakan namanya), yaitu Bpk Dewa.

Berikut Percakapannya : (Dewa = Travel Assistance Garuda Indonesia; TS =Saya)
Dewa : oh maaf pak, promo ini hanya berlaku sampai 2015
TS : Bapak paham product yang saya tanyakan gk?saya ini baru dapat sms dari BANK MANDIRI itu minggu lalu, dan saya sudah baca bahwa penawaran Wonderfull Wednesday ini berlaku hingga 30 SEPTEMBER 2016 (Setiap hari rabu)
Dewa : iya pak, promo ini sudah tidak ada lagi pak?
TS : (sambil dalam hati dongkol, masih mencoba bersabar), pak, tahun ini ni tahun 2016 pakkkkkk, dan saya ini baru dapat promo sms dari bank mandiri itu minggu lalu, yaitu tanggal 12 April 2016 pakkkkkkkk, bagaimana mungkin promo nya sudah tidak ada?
Dewa : iya pak, promo itu udah gak berlaku lagi pak
TS : (hilang kesabaran) Bapak itu ngerti product atau gak?gimana anda bisa jadi Travel Assistance(TA)?kl bapak sendiri gak ngerti produk yang dijual/ditawarkan? ya sudah saya tutup telpon saya ganti dgn TA lain saja. (TS langsung tutup telpon)

Kemudian saya mencoba menelpon kembali ke Garuda Call Centre, dan diterima TA nya dgn Pak Ramdan, dan kembali lagi saya harus menceritakan kronologinya dari awal, walaupun Pak Ramdan langsung tau kl nomor itu adalah nomor HP saya.

Berikut Percakapannya : (Ramdan = Travel Assistance Garuda Indonesia; TS =Saya)
Ramdan : iya pak, promo itu masih berlaku pak, coba saya arahkan caranya yah
TS : (dalam hati, yah gak bego2 amat lah ya, ya sudah lah, bisa jadi saya sbg manusia salah kali caranya, saya ikutin petunjuk dari TA nya)
Ramdan : lalu bapak masukkan kodenya GAVISA, lalu masukkan tanggal pergi, tanggal pulang, berapa orang bla bla bla
TS : (dari tadi sudah saya lakukan spt yang TA nya ngomong), lalu setelah ini klik "Search Flight" kan?
Ramdan : Betul sekali pak
TS : ini muncul pesan error "Sorry the promocode that you are looking for can not be found, regards.", dan saya sudah coba daritadi juga muncul pesan error tersebut
Ramdan : ow seperti itu ya pak.Baik saya akan coba disini.
TS :silahkan
(menunggu skitar 3 menit)
Ramdan : pak, disini tidak ada muncul pesan error pak, dan bisa digunakan, namun kami sbg TA tidak dapat mereservasikan pesanan bapak.
TS : saya tidak minta bapak utk reservasikan saya, tapi memang gak bisa dari tempat saya, coba bapak pilih tanggal penerbangan 11-02-2018, tanggal pulang 18-02-2017, itu masih didalam term n conditionnya kan?
Ramdan : sebentar ya pak saya coba dulu..betul pak masih masuk dalam term n conditionnya. Sebentar saya coba ya pak
TS : silahkan
(menunggu 5 menit)
TS : gimana pak?bisa atau gak?
Ramdan : sepertinya ada kesalahan pak, bisa menunggu sebentar?saya akan pasang ke nada tunggu.
(nunggu 15 menit-bayangkan 15 menit,bagaikan order Pizza)
Ramdan : sepertinya ada kesalahan dalam promonya pak
TS: maksudnya apa?
Ramdan : iya pak, sepertinya promo ini sudah tidak berlaku, dan promo ini tidak diperpanjang lagi.
TS: Pak Ramdan, anda ini kan TA yah?bisa gk anda baca baik2 WEBSITE garuda indonesia?disitu jelas2 tertulis, promo ini berlaku untuk pembelian hingga tgl 30 Maret - 30 September 2016 (hanya hari rabu), dan jadwal terbang dari tgl 30 Maret 2016 - 30 September 2017, lalu dimana letak kesalahan saya yang menyalahi term n condition yang anda tulis?
Ramdan : iya pak, seperti nya dari pihak IT dan promo kami ada kesalahan.
TS : kok enak banget pak?salah trus?saya ini customer, kok merasa spt promonya abal2 ya?
Ramdan : coba saya tanyakan kembali ke bagian IT web kami pak, apa bapak bersedia menunggu?
TS : silahkan (jujur udah dongkol)
(menunggu 20 menit gila gak?!)
Ramdan : iya pak, saya sudah bantu utk konfirmasikan, sptnya ada kesalahan antara promo dengan web kami, sehingga utk saat ini promo tersebut tidak berlaku
TS :berarti itu sama aja GARUDA INDONESIA melakukan PEMBOHONGAN PUBLIK, terkecuali anda lampirkan bahwa promo in itidak berlaku lagi, atau anda cabut aja iklan tersebut dari WEBSITE anda.
Ramdan : kami gak bisa melakukan hal tersebut pak
TS : gini aja deh, saya minta atasan anda telpon ke hp saya besok untuk melakukan konfirmasi, nomor saya di 0816 XXXXXXXX, saya minta besok saya ditelpon dan diberikan penjelasan, nomor Garuda Miles saya di 3097XXXXXXXX nama saya dengan Andy XXXXXXX
Ramdan : baik pak saya akan bikin kan pelaporan, apakah bapak bersedia menunggu?
TS : silahkan
(menunggu 10 menit)
Ramdan : silahkan di cek pak nomor ID pelaporan bapak di 900554193
TS : baik saya tunggu kabar baik dari pihak management anda (tutup telpon)

Keesokan harinya, karena saya sibuk dengan urusan kantor saya, tanpa sadar tiba2 jam sudah menunjukkan pukul 2 atau 3 sore, lalu saya teringat, bukankah pihak GARUDA ada janji untuk menelpon saya utk penjelasan hal iklan tersebut?, karena ditunggu-tunggu tidak telpon juga, SAYA SECARA INISIATIF menelpon Garuda Call Centre kembali, dan diterima oleh TA nya seorang wanita(saya lupa mencatat namanya, dikarenakan saya juga sambil kerja)

Berikut Percakapannya : (Cewe = Travel Assistance Garuda Indonesia; TS =Saya)
TS : saya kemarin ada nomor pelaporan di 900554193, bisa tlg di cek?
Cewe : bisa menunggu sebentar?
TS : silahkan
(menunggu 15 menit)
Cewe : iya pak ada yang bisa saya bantu?
TS : (lgs emosi), Garuda Indonesia itu bagaimana ya?saya minta ditelpon mengenai iklan yang anda tawarkan kok saya gak ditelpon?malahan saya yang harus telpon kembali?
Cewe : (dengan nada santai), iya pak, untuk saat ini belum ada yang sempat untuk menelpon bapak
TS : (langsung emosi besar), ow segitu besarnya sampe sibuk ya mba?coba saya minta tolong ke anda, cek promo tersebut bagaimana?sebener2nya ada atau tidak promo "Wonderful Wednesday"?
Cewe : apa bapak bersedia menunggu?
TS : silahkan dan tolong jangan lama2!
(nunggu sampai 20 menit)
Cewe : iya pak, ini sepertinya masih di cek dengan bagian internal kami
TS : mba, di cek mau sampai kapan?kalau memang ada masalah di internal anda, ada baiknnya iklan tersebut gak usah di publikasikan!
Cewe : iya pak saran bapak saya terima
TS : jadi saya harus menunggu hingga kapan utk di beritahukan?
Cewe: ow bapak sudah bisa coba kembali di hari rabu mendatang
TS : sudah pasti bisa mba?atau jangan2 muncul pesan error lagi?
Cewe : sepertinya sudah bisa pak, tapi kan memang hanya bisa di aksesnya hanya hari rabu saja, silahkan bapak coba lagi untuk promo tersebut di hari rabu mendatang.
TS : terus terang kok spt ini ya Garuda Indonesia, bikin promo tapi gak jelas gt, kalau belum siap dari IT nya yah gak usah di publikasikan lah mba
Cewe : apa ada hal yg bisa saya bantu lagi pak?
TS : mbak..tolong disampaikan keluhan saya ini ya..terus terang saya kecewa dengan pelayanannya. (tutup telpon)

Setelah itu saya langsung nge-tweet, sekaligus melihat apakah ada tanggapan dari pihak garuda, betul ada tanggapan dari account officer Lea, namun setelah saya beritahukan masalahnya, sampai detik ini sama sekali tidak ada balasan apapun juga.(Terlampir di photo no 4)

Selang 1 minggu kemudian, yaitu pada tanggal 27-04-2016 kemarin, saya mencoba kembali promosi tersebut, dan lagi-lagi promosi tersebut gagal, dengan lagi-lagi pesan error "Sorry the promocode that you are looking for can not be found, regards.", kemudian saya mencoba menelpon kembali Garuda Call Centre dan di terima oleh TA Bpk Anda, dan kembali saya harus menceritakan dari awal sampai akhir kronologis, jujur dengan udah males dan sedikit emosi. Kemudian terjadilah percakapan sbb:

Berikut Percakapannya : (Anda = Travel Assistance Garuda Indonesia; TS =Saya)
Anda : Mohon di tunggu sebentar saya akan mengecek terlebih dahulu mengenai hal itu
TS : silahkan
(nunggu sekitar 15 menit)
Anda: Jadi begini pak, ini terjadi kesalah pahaman mengenai promo ini antara web dengan bagian marketing kami bla bla bla bla (ceritain panjang x lebar yang intinya masih diajukan perpanjangan promo ini)
TS : (omongan TA saya potong) pak..saya mau tanyakan promo ini ada atau tidak?!
Anda : sebenarnya ada pak..tapi..
TS : (Saya potong lagi), intinya ada atau tidak?kalau ada kenapa tidak bisa saya akses? selalu muncul error.
Anda : untuk promo tersebut antara di web dengan bagian marketing masih mendiskusikan promo ini apakah mau di perpanjang atau tidak
TS : kalau begitu TOLONG TUTUP PROMO TERSEBUT dan HAPUS IKLAN ITU!
Anda : mohon maaf pak tidak bisa kita lakukan
TS : ini namanya PEMBOHONGAN PUBLIK, dan anda sudah membuang waktu saya!
Anda : begini pak, memang ada perbedaan di internal kami antara bla bla bla bla (dia ulangin lagi pernyataan yang jelas2 saya dah tau dan sebenernya ini urusan internal Garuda!)
TS : Pak anda, dengar baik2 ya...mslh ini adalah internal anda, dan saya tdk ikut campur, demikian pula halnya mengenai bagaimana saya membayar, atau dari mana uang saya untuk membayar, sbb disini ada HAK DAN KEWAJIBAN, Kewajiban saya membayar (terlepas uang dari mana itu mrpk tanggung jawab saya), dan Hak saya mendapatkan harga promo dari Garuda. Paham gak?!
Anda : baik pak, saya akan bikinkan id pelaporan, apakah bapak bersedia menunggu?
TS : terserahlah
(diberi nada tunggu 20 menit)
Anda : ID pelaporan bapak 900556034
TS : ya sudah lah, intinya apabila keluhan saya tidak di tanggapi saya akan masukkan ke forum2 besar(kaskus) dan surat pembaca harian2 online lainnya
Anda : silahkan pak, itu hak bapak.
TS : (tutup telpon)

Nah apabila kaskuser mendengar PROMO GARUDA INDONESIA, Sebaiknya jangan senang dulu, bisa jadi pelayanannya tidak sebagus NAMA BESARNYA. Apalagi sbntr lagi ada promo GTAF di JCC, lebih baik daripada ngantri pagi-pagi dan cape2, pastinya akan kecewa. Yang jelas di promosikan lewat WEBSITE RESMI aja bisa ngeles sana sini.

Saya sangat2 kecewa dengan pelayanan GARUDA INDONESIA..pelayanan dan iklannya bener2 gak becus! SHAME ON U GARUDA INDONESIA!

Sekian,

Regards,
minimanimu

Lampiran :
Spoiler for Lampiran Photo bukti:
0
13.2K
77
Thread Digembok
Urutan
Terbaru
Terlama
Thread Digembok
Komunitas Pilihan