adzzaAvatar border
TS
adzza
Bola Meriam Raksasa Misterius Gegerkan Warga


Di sebuah hutan di Bosnia, sebuah bola raksasa misterius sukses membuat warga sekitar gempar.

Beberapa kalangan menyebut, bola itu merupakan bukti peradaban kuno di negeri bekas Yugoslavia itu, sementara yang lain menyebutnya sebagai hasil dari proses alam.

Arkeolog Semir Osmanagich memperkirakan bahwa benda itu—yang menyerupa bola meriam raksasa tampak menyembul dari sebuah tanggul—kira-kira memiliki diameter antara 7 hingga 10 kaki (sekitar 2 – 3 meter).

Dilihat dari warnanya, bola itu sepertinya memiliki kandungan besi yang cukup tinggi.

“Bobotnya lebih dari 30 ton,” ujar Osmanagich, seperti dilansir Foxnews.com.

Osmanagich, yang disebut sebagai salah satu tokoh kontroversial dalam dunia arkeologi Bosnia, mengatakan bahwa bola batu ini merupakan satu dari beberapa sisa reruntuhan kota kuno yang disebut Zavidovici.

Dan bahkan, dalam satu waktu, telah ada 80 bola sejenis. Menurutnya, penemuan bola batu ini menjadi yang terbesar di seantero Eropa hingga saat ini.

Sementara Osmanagich menyebutnya sebagai peninggalan kota kuno, maka ahli lainnya menyebut bola besi ini merupakan hasil dari proses alam.

Ia kemudian membandingkan bola ini dengan yang ada di sebuah situs warisan budaya di Kosta Rika. Konon, bola itu menjadi salah satu inspirasi dibuatnya film Raiders of the Lost Ark.

Bola besi yang ada di Kosta Rika itu memiliki diameter antara 2 hingga 8 kaki. “Makna, kegunaan, pembuatnnya, masih menjadi misteri,” tulis UNESCO.

John Hoopes, kepala departemen antropologi di University of Kansas dan pakar dalam bidang batu Kosta Rika ini, kepada FoxNews.com dalam e-mailnya mengatakan, “Bola yang ditemukan di Bosnia terlihat seperti hasil dari proses alam.(FoxNews.com)

Sumur : TRIBUNNEWS.COM
Diubah oleh adzza 26-04-2016 16:00
0
2.5K
22
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan