Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

jonnfesionAvatar border
TS
jonnfesion
Mendaki Gunung di Indonesia termasuk Hiking atau Mountaineering?
Halo agan2, saya hanya ingin sedikit share saja, ini hasil kesimpulan ane saja setelah browsing2 dan baca baca referensi mengenai aktifitas mendaki gunung.
Sebelumnya agan2 saya masih bingung mengenai apa bedanya mountaineering dan HIking, ada yang bilang Hiking is a part of Mountaineering, ada opini juga Hiking is different with Mountaineering?? penasaran gan, sama ane juga, akhirnya ane searching2 di internet baca2 referensi buku2 dll, akhirnya dapet pencerahan, ada perbedaan pengertian antara Mountaineering dan Hiking :
1. Hiking : Adalah aktifitas berupa berjalan kaki di alam bebas pada jalur ( path ) yang sudah ada, Hiking tidak memerlukan keahlian khusus seperti memanjat dan tidak membutuhkan peralatan khusus seperti rope, karabiner, harnest atau ace axe, yang dibutuhkan hanyalah fisik yang sehat dan kuat. Hiking bisa di bagi beberapa kategori diantaranya Day Hiking ( sehari ), overnight ( bermalam, lebih dari sehari ), week ( seminggu), nah hubungannya nanti dengan kapasitas volume tas yang akan di bawa sesuai kebutuhan 25L, 35L, atau 45L. Di amerika Hiking lebih populer di bandingkan Mountaineering karena geografinya mendukung. ( sumber : google & buku2 )

2. Mountaineering : Aktifitas mendaki gunung yang membutuhkan keahlian khusus dan peralatan khusus, harus mampu dan mengetahui tehnik mendaki, menggunakan ice axe, carabiner, rope, tali dll, high risk, mountaineering lebih populer di eropa, karena kondisi geografi mendukung pengunungannya berupa batuan dan es dan curam. ( sumber : google & buku2 )

bagaimana dengan mendaki gunung di Indonesia?
ini kesimpulan ane aja gan, Menurut ane gunung2 di indonesia bisa di daki dengan 2 cara, yaitu cara Mountaineering dan cara Hiking.
Cara mountaineering bisa lewat tebing2 curam cari jalur sendiri, dll.
Kalau cara Hiking ini paling enak yaitu tinggal ikuti jalur2 pendakian yang sudah ada contohnya di Taman nasoinal gunung Gede. kebanyakan gunung di indonesia mayoritas di daki dengan cara HIking, cara mountaineering biasanya untuk yang mendaki gunung Certenz.

itu kesimpulan ane, menurut agan2 gimana?
Diubah oleh jonnfesion 03-12-2012 08:39
tata604
nona212
nona212 dan tata604 memberi reputasi
3
47.6K
54
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan