Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

BeritagarIDAvatar border
TS
MOD
BeritagarID
Biaya SKCK akan naik tiga kali lipat
KELAKUAN | Surat dari kepolisian untuk warga yang tak melakukan kejahatan sampai terbitnya SKCK.
Dulu namanya SKKB: Surat Keterangan Kelakuan Baik -- "kelakuan", bukan "berkelakuan". Kalau Peraturan Kapolri No. 18 Tahun 2014 sih menyebutnya SKCK: Surat Keterangan Catatan Kepolisian.

Dulu orang harus mengantre di kantor polisi, dan diharapkan berpakaian rapi. Kini mendaftar ke layanan SKCK keliling di pinggir jalan (ya, bukan di tengah jalan) pun bisa. Dalam sepuluh menit beres. Dengan catatan: baru berlaku untuk warga Bandung, Jawa Barat (Pos Kota, 2/3/2016).

Selama ini ongkos SKCK Rp10.000 untuk WNI dan Rp30.000 untuk WNA. Lalu ada kabar biayanya akan naik mulai Mei depan. Untuk WNI menjadi Rp30.000. Sedangkan untuk WNA menjadi Rp60.000 (Kontan, Senin 11/4/2016).

Lantas apa sebetulnya SKCK itu? Silakan melihat infografik. Yang tak ada di sana: SKCK bisa diterbitkian oleh Kantor Polsek -- kantor polisi tingkat kecamatan.

Pihak yang mensyaratkan SKCK itu bisa orang maupun lembaga pemerintah dan non-pemerintah. Untuk pemilu misalnya, Komisi Pemilihan Umum mensyaratkan calon legislator punya SKCK dari Kantor Polres (Kompas, 25/7/2008). Polri juga mensyaratkan SKCK bagi pendaftar lowongan polisi.

Di negeri lain, SKCK disebut sebagai, antara lain, police clearance dan police certificate. Dalam SKCK yang berdwibahsa, Indonesia dan Inggris, Polri menyebutnya Police Record.

Apa sih isi dokumen yang berlaku enam bulan itu? Salah satunya adalah pernyataan "Catatan Kepolisian yang ada: bahwa nama tersebut di atas tidak memiliki catatan atau keterlibatan dalam kegiatan kriminal apapun".

Teks bahasa Inggrisnya menyatakan, "The bearer hereof proves not to be involved in any criminal cases".
#ZaoAnPalupi - Peneriman Polri Dibuka, Pembuatan SKCK Membludak [URL="https://S E N S O RshRN9fcBPM"]https://S E N S O RshRN9fcBPM[/URL] lewat @bangkapos
— 103.5 PALUPI Bangka (@Palupifm1035) April 12, 2016 SKCK Mobile ada di CFD Dago pada pagi ini cc @PRFMnews [URL="https://S E N S O RmsfuYPPkOv"]pic.twitter.com/msfuYPPkOv[/URL]
— Eel (@engganke

Baca Selengkapnya : https://beritagar.id/artikel/infogra...iga-kali-lipat

---

anasabila
anasabila memberi reputasi
1
10.2K
42
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan