monprodonAvatar border
TS
monprodon
Developer dari Seluruh Dunia, Ini Fakta yang Harus Agan Ketahui


Perkembangan dunia teknologi turut membuka kesempatan - kesempatan baru untuk Agan berkreasi. Terutama untuk Agan yang berkecimpung di dunia teknologi, Agan bisa mengembangkan ide-ide di dalam kepala untuk bikin sebuah inovasi-inovasi baru. Developer-developer kayak ane gini jadi punya banyak kesempatan untuk unjuk gigi kan Gan.


penampakan ane, ganteng-ganteng developer

Udah pada tau apa itu developer Gan? Gampangnya, developer itu adalah istilah untuk menyebut seseorang atau sebuah perusahaan yang membuat software. Isinya bisa juga macam-macam orang dari berbagai keahlian dalam bidang IT. Kali ini ane mau menjabarkan beberapa fakta mengenai developer, yang ane dapat dari hasil survey di Stack Over Flow. Langsung aja Gan!

Pekerjaan Developer

Kerjaannya developer tu banyak macemnya juga Gan, kalo Agan jenis developer yang mana nih?



Dari data di atas, bisa diliat bahwa paling banyak itu Full-Stack Developer Gan. Jadi kalau ull-Stack Developer memang menjadi paket lengkap dan lebih diminati sama perusahaan karena dia punya keterampilan front-end dan back-end sekaligus.

Teknologi yang Paling Populer di kalangan Developer







Kalau ngeliat dari data di atas, berbagai pekerjaan developer ternyata lebih pilih pakai teknologi JavaScript. JavaScript adalah bahasa pemrograman yang paling umum dipakai di dunia Gan.

Umurnya berapa biasanya?



Paling banyak tuh Developer di usia 25-29 tahun.

Banyakan Cewek apa Cowok?



Emang kebanyakan Agan-agan nih yang bekerja sebagai developer, dibanding Sista. Jadi kalau Agan punya kenalan developer cewek, dijaga baik-baik tuh, soalnya langka emoticon-Kiss

Belajarnya dari mana?



Naha cara dapetin ilmunya juga macem-macem Gan, uniknya hasil survey Stack overflow nunjukin kalau para developer ini mayoritas malah belajar otodidak, dibandingkan dengan yang belajar di kuliah, dan lainnya.

Operating System Pilihan Para Developer



Nah, yang ini susul-susulan di tahun lalu dan tahun ini. Tahun lalu para developer lebih pilih pakai windows 7, sementara tahun ini lebih banyak yang memakai Mac OS X.

Tantangan dalam Pekerjaan



Nah kalau yang ini ane juga ngerasain langsung Gan emoticon-Hammer2seringkali developer menanggung ekspektasi tinggi dari klien di mana kita musti bekerja cepat dengan hasil yang luwarrr biasa. Sebuah tantangan yang bisa bikin kita naik level sih heheheh.

Gajinya gede gak?



soal Gaji, agan intip aja tuh data di atas. itu sih surveynya dari developer di berbagai negara ya. Tapi kalau di Indonesia gak beda jauh lah ya.. Lumayan deh Gan, buat jajan-jajan dan ngasih makan anak bini, masih sisa buat beli hot toys emoticon-Hammer2

Perusahaan apa yang butuh Developer?



Gak usah sedih, banyak Gan. Dari mulai perusahaan-perusahaan yang berbasis teknologi, internet, software, media, layanan kesehatan, pendidikan sampai layanan perbankan pun butuh developer Gan. Bisa dibilang hampir semua sektor kehidupan kita udah bergantung ama eknologi. Nah ini lahan banget buat para developer untuk bikin sesuatu yang baru, eksplorasi, atau bahkan bikin perubahan dari yang udah ada sekarang.

Gampangnya, kayak perusahaan perbankan aja deh gan, mereka kan terus bikin inovasi-inovasi baru untuk memudahkan nasabahnya dari yang mulai mobile banking, internet banking, e-money lah. Selama kebutuhannya ada, ide-ide brilian developer macam kita ini bakal terus dicari-cari Gan. Buktinya, mulai banyak yang menggelar hackathon di berbagai belahan dunia. Di Indonesia ada sih tuh dalam waktu dekat, Finhacks 2016. Jadi di Finhacks itu Developer bisa nuangin ide dengan memakai API yang udah disediain untuk bikin inovasi baru dalam dunia perbankan.

Star Wars vs Star Trek Fanboy



Yang terakhir ini gak ada korelasinya sih Gan, buat fun fact aja hehe.. Kenapa dua itu yang dibandingin? Mungkin karena keduanya mirip, dari judul, setting luar angkasa, sampai fanbase nya yang besar banget di seluruh dunia. Jadi para developer ini ada di tim Star Wars atau tim Star Trek, mayoritas beda-beda juga tergantung usianya ya Gan. Tapi tetep paling banyak yanng Star Wars sih... Kalo ane pribadi sih tim Star Wars.

Nah itu beberapa fakta mengenai profesi developer Gan. Maksud ane di sini mau sharing aja mengenai profesi ini, biar agan-agan bisa mengenal lebih dalam mengenai profesi ini, siapa tau Agan-agan yang masih muda jadi tertarik jadi developer, dan agan-agan developer bisa makin sayang ama kerjaaannya. Agan-agan ada yang developer juga? silahkan komen, apakah fakta-fakta di atas udah mewakili Agan?

Akhir kata, ane mau bilang, kalau developer juga bisa berkontribusi pada perubahan, terutama buat sekitar. Coba Agan lebih eksplorasi lagi dengan dunia sekitar, ngambil peluang-peluang yang terbuka dan wujudin ide-ide gila yang ada di kepala.

emoticon-Toast emoticon-Toast emoticon-Toast


Diubah oleh monprodon 08-04-2016 12:13
tien212700
tien212700 memberi reputasi
1
45.5K
222
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan