Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

seripenunjangAvatar border
TS
seripenunjang
Peserta UN Berbasis Komputer Coba Manfaatkan Soal UN Kertas

Mendikbud Anies Baswedan dalam konferensi pers Persiapan Ujian Nasional 2016. (Foto: Afriani S) Okezone.net | Jumat (1/4/2016)


Mendikbud: Peserta UN Berbasis Komputer Tak Bisa Manfaatkan Soal Ujian Kertas


Jakarta- Ini merupakan hari terakhir bagi peserta Ujian Nasional SMA berbasis kertas, sementara itu masih ada 3 hari lagi bagi para peserta UN berbasis komputer. Muncul kekhawatiran bila peserta UN berbasis komputer lalu mendapat bocoran soal dari teman-temannya yang sudah rampung menghadapi ujian.

"Ada beberapa yang menanyakan apakah anak-anak komputer bisa manfaatkan ujian kertas yang dipakai? Oh tidak, karena kombinasinya berbeda yang dipakai," kata Mendikbud Anies Baswedan usai menghadiri sidang kabinet paripurna di Gedung Utama Setneg, Jl Veteran, Jakarta Pusat, Kamis (7/4/2016).

Anies menambahkan susunan soal sudah diacak sedemikian rupa sehingga kecil kemungkinan untuk memanfaatkan soal yang sudah dikeluarkan. Kaasus soal bocoran jawaban ujian sendiri disebut Anies sudah semakin terkendali untuk tahun ini.

"Tahun ini ada yang jual jawaban tapi jawaban itu ketika dicek benarnya antara 10-20 persen, jadi ini ada karena itu saya katakan kepada para siswa jangan percaya sama jawaban yang beredar itu. Ketika dicek salah total," kata Anies.

Dia juga menyebutkan tentang adanya oknum yang sudah ditangkap karena kedapatan menjual 'jawaban'. Padahal, kata penggagas Indonesia Mengajar itu, yang dijual oknum tersebut bukanlah jawaban soal ujian nasional.

"(Ada kasus di) Sulsel, Jateng, Jatim bahkan di Sulsel sudah ditangkap polisi orang-orang yang jual huruf A-B-C-D. Wong, itu bukan jawaban. Kalau diuji memang benar ya itu jawaban, kalau itu kan jual huruf itu. Kita kadang-kadang kalau ada itu jadi percaya," sebut dia.
(bag/aan)

source: http://news.detik.com/berita/3182314...l-ujian-kertas

Quote:


Pranala Luar Terkait :
Menteri.Anies.Klaim.Ujian.Berbasis.Komputer.Sukses

Yang ikut SNMPTN , Ada Petisi Terkait:
Soal UN Tersebar, Revisi Pertimbangan UN Untuk SNMPTN 2016!
0
1.5K
6
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan