egatnecrepAvatar border
TS
egatnecrep
Hati-hati dengan iPhone Garansi Distributor


Dear Kaskuser,

Di penghujung tahun 2015 ini semakin banyak penjual yang menjual iPhone, mulai dari iPhone generasi pertama sampai iPhone terbaru yang baru dirilis bulan September kemarin. Tapi apakah Anda tau kalau banyak penjual nakal yang menjual iPhone refurbished abal-abal dengan Garansi Distributor?

Izinkan saya menjelaskan beberapa hal:
1. Setiap iPhone memiliki garansi selama 1 tahun dan aktif ketika iPhone pertama kali terkoneksi dengan internet. Hati-hati dengan iPhone yang box-nya belum dibuka tetapi garansinya sudah aktif duluan atau bahkan sudah expired!

2. iPhone refurbished resmi yang dijual Apple memiliki box berwarna putih dengan tulisan “Apple Certified Pre-Owned” di bagian depan tanpa foto atau gambar iPhone.

3. iPhone refurbished resmi yang dijual Apple memiliki garansi sama seperti iPhone non-refurbished.

4. Jika iPhone yang Anda beli ternyata cacat produksi, Anda bisa klaim garansi ke penjual. Untuk iPhone dengan Garansi Resmi, yang bertanggung jawab adalah T**, S**, dan lain-lain.

5. Garansi tidak berlaku jika ditemukan kesalahan pengguna atau human error. Mohon bedakan antara garansi dengan asuransi. Silakan asuransikan iPhone Anda agar lebih aman.

Jika hal-hal di bawah ini ditemukan di iPhone yang baru saja Anda beli:
1. Box belum dibuka, tetapi garansinya sudah aktif duluan atau bahkan sudah expired. (Tips: Masukkan IMEI yang ada di bagian belakang box ke selfsolve.apple.com dan iphoneimei.info.)

2. Penjual mengaku bahwa iPhone yang dijual adalah iPhone refurbished tetapi box dan garansinya tidak seperti yang ts jelaskan sebelumnya.

3. iPhone dijual dengan harga jauh di bawah harga pasaran. (Tips: Cek harga pasaran di tabloidpulsa.co.id atau tempat lainnya.)

4. IMEI di iPhone berbeda dengan yang ada di bagian belakang box.

5. Aksesoris tidak lengkap atau bahkan ditemukan aksesoris palsu.

6. Kondisi fisik iPhone tidak seperti iPhone baru pada umumnya.

Saya sarankan untuk menghubungi penjual dan customer service serta mengembalikan ke penjual karena iPhone yang Anda beli adalah iPhone refurbished abal-abal.

iPhone refurbished abal-abal adalah iPhone yang sudah rusak kemudian direparasi sendiri (tanpa campur tangan pihak Apple) dan dikemas lengkap dengan aksesoris, segel, dan kartu Garansi Distributor. Aksesorisnya terkadang tidak lengkap dan bahkan ada yang palsu. Tentunya Quality Control dan Spare Part-nya jauh berbeda dengan iPhone refurbished resmi yang dijual Apple.

Khusus iPhone 6s dan 6s Plus, belum ada versi refurbished-nya dan hanya tersedia Garansi Distributor atau Garansi International karena belum resmi masuk ke Indonesia (sampai tulisan ini dibuat). Jadi, jika garansi iPhone 6s atau 6s Plus Anda sudah aktif duluan, jangan panik dulu. Bisa saja penjual memang sudah mengaktifkannya di negara tempat iPhone tersebut dijual. Tetapi Anda harus tetap waspada, bisa saja aksesorisnya tidak lengkap atau bahkan ditukar dengan yang palsu.

Jangan terkecoh dengan kata-kata manis penjual, meskipun ada tulisan “original”, “garansi p*******”, “ garansi b****”, atau “garansi t*****” pastikan iPhone yang dijual bukan iPhone refurbished abal-abal! Jika Anda tidak ingin repot atau menyesal di kemudian hari, beli lah iPhone dengan Garansi Resmi atau iPhone refurbished "Apple Certified Pre-Owned". Semoga tulisan saya kali ini membawa pencerahan untuk kita semua. Sampai jumpa di tulisan saya berikutnya!












Catatan: Thread ini sengaja di-posting di Lounge agar lebih banyak kaskuser yang membaca thread ini. Selamat Tahun Baru 2016! emoticon-Selamat
Diubah oleh egatnecrep 09-01-2016 11:43
0
24.6K
47
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan