Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

ronimartin614Avatar border
TS
ronimartin614
Survei: Perindo, Partai Paling Aktif di Media Sosial
JAKARTA, KOMPAS.com - Partai Perindo menjadi partai politik dengan aktivitas media sosial tertinggi di antara yang lainnya.

Direktur Institute for Transformation Studies (Intrans) Andi Saiful Haq menyebutkan, aktivitas Perindo di media sosial mencapai 2.590 kali. Hampir merata di setiap platform.

"Partai seperti Perindo, dengan 2.509 posting per hari itu sangat luar biasa," ujar Saiful usai peluncuran riset bertajuk Partai Politik Paling Berpengaruh Di Media Sosial di Jakarta, Rabu (30/3/2016).

Sementara itu, di posisi kedua partai dengan aktivitas media sosial tertinggi adalah Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dengan 933 aktivitas. Sedangkan di posisi ketiga adalah Partai Solidaritas Indonesia (PSI) 892 aktivitas.

Dua parpol lainnya yang masuk lima besar partai dengan aktivitas media sosial tertinggi adalah Partai Gerindra (625 aktivitas) dan Partai Demokrat (426 aktivitas).

Sedangkan tiga partai di posisi terbawah adalah Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) dengan 88 aktivitas, Partai Amanat Nasional (PAN) dengan 85 aktivitas dan Partai Golkar dengan 81 aktivitas.

Dalam pemeringkatan ini, Intrans tak memasukan Partai Hanura yang sama sekali tidak aktif di media sosialnya. Meski begitu, Hanura tetap diikutsertakan dalam penelitian. Meski menjadi parpol paling aktif di media sosial, namun keterikatannya (enggagement) dengan para nettizen sangat kecil.

"Artinya sporadik menyebar konten, tidak terarah, beda dengan PSI dan Gerindra. Walaupun sedikit tapi engagement-nya besar," tutur Saiful.

"Sehingga itu kita indikasikan baru dua parpol yang melakukan kaidah-kaidah media sosial dengan benae," imbuhnya.

Adapun riset dilakukan terhadap lima platform media sosial, yaitu Facebook, Twitter, Google Plus, Instagram, dan Youtube dengan periode riset 1 Februari hingga 14 Maret 2016.

Pengamatan dilakukan terhadap akun resmi partai politik yang dipublikasikan sebagaimana yang diinformasikan melalui iklan atau situs resmi partai.

Jumlah partai politik yang diteliti sejumlah 12 partai, terdiri dari 10 partai politik lama dan 2 partai politik baru, yaitu PSI dan Perindo.


SUMBER: http://nasional.kompas.com/read/2016...i.Media.Sosial

Ini Bukti kalau Perindo itu adalah partai yang beda dengan partai lain
Partai yang paling aktif di berbagai platform sosial media
cara ini sangat efektif untuk dilakukan, mengingat masyarakat selalu aktif di medsos
maka dari itu, komunikasi Perindo dengan masyarakat sangat intens dilakukan di Sosmed
0
2.3K
24
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan