jackal15Avatar border
TS
jackal15
Ditegur Wapres, Susi Tegaskan Kebijakannya Selalu Didiskusikan dengan Presiden
Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti menegaskan bahwa semua pekerjaan yang ia lakukan, termasuk kebijakan moratorium kapal eks asing, pelarangan bongkar muat kapal di tengah laut (transhipment) dan pengaturan sertifikasi kapal, sudah mendapat restu Presiden Jokowi.

Pernyataan Susi itu sekaligus menjawab surat dari Wakil Presiden Jusuf Kalla yang meminta Susi mengevaluasi berbagai kebijakannya di sektor kelautan dan perikanan.

"Semua pekerjaan saya pasti selalu diskusi dengan Pak Presiden," ujar Susi di Jakarta, Selasa (29/3/2016).

Sebenarnya, moratorium kapal eks asing sendiri telah berakhir 31 Oktober 2015.

Namun Menteri Susi tetap melarang kapal eks asing beroperasi.

Sebab, izin kapal-kapal tersebut sudah berakhir dan tak lagi diperpanjang.

Sementara itu, dalam suratnya Wapres Kalla menilai kebijakan Susi itu telah membuat ribuan kapal nelayan yang besar baik kapal eks asing dan maupun kapal nasional tidak bisa beroperasi.

Bahkan, terjadi peningkatan angka kemiskinan di Bitung Sulawesi Utara dan pengangguran di Maluku.

Selain itu, lantaran banyak kapal tak beroperasi, pasokan ikan ke industri pengolahan ikan berkurang di Bitung.

"Semua informasi yang dihimpun Pak JK berdasarkan fakta lapangan dan informasi dari tangan pertama saat kunjungan ke Banda, Tual dan Bitung termasuk peningkatan angka kemiskinan di Maluku dan Sulut, sumbernya dari Gubernur setempat," kata Juru Bicara Wakil Presiden Jusuf Kalla, Husain Abdullah kepadaKompas.com.

Terkait temuan Wapres Kalla tentang banyaknya unit pengolahan ikan (UPI) yang tidak beroperasi di Bitung, Susi mengatakan bahwa hal itu sudah lama terjadi.

Selama ini tutur dia, banyak unit pengolahan ikan didirikan di Bitung hanya sebagai pelengkap untuk mendapatkan izin penangkapan ikan.

"Jadi, dulu itu untuk mendapatkan izin kapal menangkap ikan di Indonesia, pihak asing harus bikin UPI sehingga banyak UPI-UPI yang sebetulnya bukan dibangun untuk dioperasikan. Banyak UPI sudah jadi dan bertahun-tahun juga tidak operasi karena tujuannya bukan untuk pengolahan," ucap Susi.
http://www.kompas.com
------
Jaman Sby si Kalla ini powerful tp jaman jokowi nga kepake nih orang... Di cuekin mempora , Di kepret RR skarang Sama susi
0
2.1K
21
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan