bloggerpediaAvatar border
TS
bloggerpedia
Tips Biar Kamu Terbiasa Menabung Demi Masa Depan Yang Cerah
Menabung merupakan kegiatan yang sudah lumrah dilakukan banyak orang saat ini, baik menabung sendiri dirumah atau menabung melalui bank. Bahkan di sekolah pun diajarkan bagaimana menabung dilakukan agar dapat memicu rasa ingin menabung lebih giat lagi. Hal ini menjadi bukti bagaimana kegiatan menabung memiliki sejumlah manfaat, hingga para orang tua dan guru-guru di sekolah sangat rajin untuk mengingatkan kita akan hal tersebut.

Namun terkadang keinginan untuk menabung justru terhalang oleh beberapa alasan yang sebenarnya bisa saja kita hindari. Inilah beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menumbuhkan kebiasaan menabung seperti yang dilansir oleh republika berikut.

Quote:
Beragam godaan menarik, seringkali membuat kita menjadi kewalahan dalam menjaga komitmen dalam menabung. Padahal jika dimanfaatkan dengan bijak, maka kita bisa menjadikan beragam godaan tersebut menjadi motivasi yang kuat dalam menabung. Pilih dan miliki motivasi dalam menabung, hal ini akan menjadi kunci penting dalam kesuksesan kita menabung.

Banyak hal yang bisa dijadikan motivasi, di antaranya keinginan untuk membeli sebuah rumah, keinginan untuk berlibur ke luar negeri, atau keinginan untuk segera menikah dan berkeluarga. Menabung merupakan masalah kebiasaan dan kedisiplinan, karena itu hal ini akan sangat tergantung pada komitmen yang dimiliki oleh masing-masing orang. Miliki komitmen yang kuat dan mulailah menabung untuk masa depan.

Quote:

Berbelanja adalah godaan terbesar bagi Anda untuk bisa menabung, di mana seringkali mudah tergiur dan membeli sejumlah barang-barang yang pada dasarnya belum tentu Anda butuhkan juga, terutama bagi Anda yang selalu rajin mengikuti tren yang sedang berkembang.

Selalu pertimbangkan mengenai fungsi dan manfaat yang akan Anda dapatkan dari sebuah barang sebelum membelinya, hal ini akan mencegah Anda mengalami sejumlah penyesalan dan kegagalan untuk menabung. Jangan mudah tergoda pada berbagai jenis penawaran menarik yang pada dasarnya hanya akan menghabiskan sejumlah uang yang kita miliki saja dan cobalah untuk membayangkan betapa senangnya kita kelak jika memiliki uang tabungan dalam jumlah yang besar.

Quote:

Melakukan pencatatan terhadap semua pengeluaran harian juga bisa membantu kita dalam menabung. Dengan melakukan pencacatan rutin ini, maka kita akan mengetahui jumlah pengeluaran yang kita habiskan setiap harinya.

Lalu dengan mudah kita bisa menentukan besaran biaya yang akan kita gunakan sepanjang hari, meliputi biaya rata-rata yang dihabiskan untuk makan, membeli camilan, membayar fotokopi, dan sebagainya.

Jangan lupa untuk menempatkan juga sejumlah pengeluaran tak terduga lainnya, seperti iuran dan lain-lain. Cara ini akan membantu Anda melihat sisa uang saku harian tersebut dan kita bisa menyisihkannya untuk dimasukan ke dalam tabungan atau celengan.

Quote:

Tips satu ini merupakan cara menabung yang populer dan banyak digunakan belakangan ini, Anda bisa menjadikan kegiatan menabung sebagai hal yang menyenangkan dengan cara menyisihkan uang pecahan Rp 20.000 untuk ditabung.

Anda bisa melakukan hal ini dengan mudah, setiap kali mendapati uang pecahan Rp 20.000 di dalam saku atau dompet, maka kita bisa menabungnya dengan cara menyimpannya dalam wadah khusus seperti kotak pensil atau botol bekas air mineral. Tetaplah fokus pada uang pecahan dengan nominal tersebut, sehingga kelak kita tidak kesulitan dalam melakukan penghitungan.

Anda juga bisa melakukan hal yang sama pada uang pecahan lainnya, dengan asumsi menempatkannya pada wadah terpisah. Hal ini cukup menyenangkan untuk dilakukan, sehingga kita tidak akan mengalami kesulitan saat melakukannya.

sumber: Bloggerpedia
0
2.6K
21
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan