fin3112Avatar border
TS
fin3112
mau cairin bpjs JHT ?? baca dulu nih sebelom berangkat
Kebetulan hari ini ane lagi di kantor bpjs tk cab. Cileungsi dengan tujuan mau cairin dana JHT dgn alasan resign..
Awalnya iseng iseng cek saldo, lama lama kegatelan berasa ada duit nganggur walaupun dikit, hehe...

Nasihat pertama sebelum ke kantor bpjs tk adalah telp dulu cs nya sesuai cabang yang dituju, karena informasi elektronik yang di sampaikan website resmi bpjs tk tidak sepenuhnya sama dengan pelaksanaan di lapangan gan..
Korbanya adalah gue, 3 kali bolak balik bersama abang gojaik dengan ongkos 35,000 x 2 (pp) blm makan, blm jajan jarak pondok rangon > cileungsi..

Langsung ke poin-poin pentingnya nih..
1. Mulai 1 maret 2016, pengajuan pencairan jht hanya bisa di lakukan via online.. Meskipun katanya online dan gak kudi ngantri.. Ujung2nya lo di suruh ke kantor cab. Juga buat antri dari jam 5 subuh !!!
Ini kalo di cab. Cileungsi, gatau kalo cabang lain.. Moga2 lebih baek pelayananya.
2. Buat sodara tua atau yg sudah lanjut usia, yg gak ngerti online.. Mending bayar tukang warnet buat bantuin upload data ke website bpjs tk.. Karena pengajuan manual harus nunggu 5-6 bulan. Dgn alasan kuota penuh..
3. Berkas berkas yg harus lo punya adalah.
a. Ktp elektronik (wajib elektronik) & copynya..kalo yg masih kertas di laminating apalagi ktp punya neneknya, di jamin di tolak.
b. Kartu bpjs asli dan copy nya...
Kalo kartu bpjs tk nya punya lebih dari satu.. Dan masih aktif sebagai anggota bpjs tk alias masih kerja.. Gak bisa cairin penuh.. Kecuali udah sepuh (56 tahun) ..lengkapnya baca sendiri ya di website resmi..
c. Kartu keluarga asli dan foto copy
d. Packlaring kerja yang bersangkutan atau surat pengunduran diri bermaterai dan foto copy
d. Form F5 yg otomatis agan dapet bila berhasil mengajukan pendaftaran online..
Yg dengan janji bakal di kirim maks. 24 jam, dengan kenyataan 7 hari kemudian baru ane dapet ituh form
e. Printan skrinsut email balasan dari bpjs yg berbunyi kalo pengajuan lo di terima.. Itu jga wajib di bawa..

4. Bagi lo yg resign per bulan september 2015, wajib menyertakan keterangan dari disnaker kalo lu udh gak bekerja di perusaan manapun. Kalo yg punya HRD baik, bisa minta tolong HRD di perusahaan sebelumnya.. Kalo HRD nya sengkee ya berarti nasib anda buruk.

5. Semua dokumen harus sinkron. Maksudnya ktp elektronik yg lo bawa harus sama dgn data yg terdaftar di bpjs. Ktp yg lo bawa harus sama dgn yg terdaftar di Kartu keluarga..
Bagi yg pernah pindah domisili, ganti nama, ganti agama atau ganti kelamin wajib sertakan dokumen pendukung. Jadi kalo lo di debat sama petugas bpjs nya.. Bisa lo tunjukin dokumen itu.. Karena biasanya, perubahan data bisa berubah juga nomer identitas kita di database negara
Diubah oleh fin3112 08-02-2017 09:03
0
4.7K
40
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan