mashogoAvatar border
TS
mashogo
7 Fakta Menarik Presiden Sukarno Berdasarkan Otobiografinya

Ini adalah thread ane yang ke-2#
Semoga bisa bermanfaat buat Agan-Agan sekalian
Selamat membaca!

"7 Fakta Menarik Presiden Sukarno Berdasarkan Otobiografinya"

Quote:


Sukarno
Emang ga ada habisnya kalau kita membahas sosok yang satu ini. Ane sendiri baru aja selesai baca otobiografi beliau. Otobiografi ini beliau sampaikan secara lisan kepada sahabat wanitanya yang bernama Cindy Adams, yang merupakan jurnalis asal Amerika.


Penampakan bukunya :
Spoiler for Buku:

Versi Palsu Era Orde Baru.
Buku ini terbit pada era pemerintahan Presiden Sukarno dengan judul "Sukarno". Tapi kemudian diterbitkan ulang ketika era pemerintahan Suharto dengan judul "Bung Karno, Penyambung Lidah Rakyat Indonesia". Buku cetakan baru ini ternyata menyimpang dari versi aslinya. Banyak bagian yang direkayasa dan banyak bab palsu yang ditambah-tambahkan oleh Rezim Orde Baru. Salah satunya adalah bab di mana Presiden Sukarno mengatakan bahwa peran Moh.Hatta tidak ada apa-apanya dalam kemerdekaan Indonesia. Bab tersebut tidak benar karena tidak ada dalam versi aslinya.


Revisi ke Versi Asli.
Setelah Suharto jatuh pada tahun 1998, semua otobiografi Sukarno yang telah dipalsukan oleh Rezim Orde Baru dihentikan peredarannya. Lalu, Yayasan Bung Karno mengambil cetakan asli dari Cindy Adams dan mencetaknya ulang di Indonesia dengan isi yang asli dan murni sebagaimana diceritakan oleh Presiden Sukarno sendiri walau judul bukunya tetap sama dengan era Orde Baru.


Apa Itu Otobiografi?
Otobiografi adalah biografi yang bersumber langsung dari orang yang bersangkutan. Ada 2 jenis otobiografi, yakni otobiografi langsung dan otobiografi tidak langsung. Otobiografi langsung adalah otobiografi yang ditulis langsung oleh orang yang bersangkutan. Sementara otobiografi tidak langsung adalah otobiografi yang disampaikan secara lisan oleh orang yang bersangkutan lalu ditulis oleh orang lain.


Seperti Berbicara Langsung
Otobiografi Sukarno sendiri adalah otobiografi tidak langsung karena penulisnya adalah Cindy Adams, bukan Sukarno sendiri. Tapi sejak halaman pertama buku ini, sudut pandang yang digunakan adalah sudut pandang Sukarno sebagai orang pertama, bukan sudut pandang Cindy Adams. Jadi, membaca buku ini agan akan seolah-olah berbicara langsung dengan Presiden Sukarno.


Setelah membaca otobiografi itulah, ane merasa banyak hal menarik yang belum diketahui banyak orang mengenai Presiden Sukarno. Berikut 7 fakta menarik mengenai Presiden Sukarno yang bersumber dari perkataannya sendiri dalam otobiografinya.



Spoiler for 1:

Spoiler for 2:

Spoiler for 3:

Spoiler for 4:

Spoiler for 5:

Spoiler for 6:

Spoiler for 7:



Sekian fakta-fakta menariknya.
Ingin tahu lebih lanjut?
Beli bukunya!



JANGAN LUPA YA GAN
RATING+ KOMENG + CENDOL
emoticon-Rate 5 Star emoticon-Shakehand2 emoticon-Blue Guy Cendol (L)
Supaya Ane Lebih Semangat Bikin Thread-Thread Berikutnya


Diubah oleh mashogo 02-04-2016 04:28
0
67.4K
370
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan