ksar69Avatar border
TS
ksar69
Pecinta ayam ketawa mampir
Ayam ketawa atau juga dikenal dengan sebutan ayam jantan dari timur adalah ayam asli Indonesia yang berasal dari kabupaten Sindrap, Sulawesi Selatan.Ayam ketawa atau disebut dengan “Manu Gaga” dalam bahasa Bugis merupakan hewan yang masuk dalam kategori unggas yang dilindungi, dikarenakan keberadaannya langka dan hampir punah.Ayam ketawa ini dulu hanya dipelihara dan berkembang biak di lingkungan bangsawan Bugis sebagai simbol status sosial yang menggambarkan tentang kesuksesan, keberanian dengan istilah “ Jantan “.
yam ketawa habitat aslinya dari Kabupaten Sidrap, sekitar 183 kilometer arah Utara dari Makassar, Ibukota Provinsi Sulawesi Selatan, Indonesia. Di Sulawesi sendiri ayam ketawa diternakkan di daerah Baranti, Panca Rijang, Benteng, Simpo Arasi’e dan hanya dipelihara di lingkungan keluarga. yam ketawa ini, secara fisik, baik perawakan maupun bulunya hampir sama dengan ayam kampung. Keunikannya pada suara di penghujung kokok yang terdengar seperti suara ketawa manusia.Sementara itu, dalam sekali bertelur, betina produktif bisa menghasilkan rata-rata sebelas sampai 13 telur. Tetapi daya tetas tinggi tidak terdapat pada telur pertama hingga tiga.Baru pada telur keempat, dan seterusnya dipastikan telur terisi dengan embrio. Pada ayam ketawa ada perbedaan penamaan antara jantan dan betina. Ayam ketawa jantan disebut Lai, sedangkan ayam ketawa betina disebut Birang.

Ada tiga interval suara kokok ayam ini.

1.Garetek adalah suara kokok dengan interval cepat.
2.Gaga adalah suara kokok dengan interval lambat.
3.Dodo adalah suara kokok dari ayam ketawa yang mendayu-dayu.

jenis jenis ayam ketawa

1.Bakka yaitu ayam ketawa berwarna dasar putih mengkilap dengan dihiasi dasar hitam, oranye, merah dan kaki hitam atau putih.
2.Lapping yaitu ayam ketawa berwarna dasar bulu hitam dengan merah hati dan mata putih. Dimana arti kata lapping dalam bahasa bugis adalah menampung harta, sehingga dipercaya jenis ayam ketawa ini dapat menampung harta.
3.Ceppaga yaitu ayam ketawa dengan warna dasar hitam dihiasi bulu hitam dan putih, ditambah dengan bentuk putih di badan sampai pangkal leher serta kaki berwarna hitam.
4.Korro yaitu ayam ketawa berwarna dasar hitam dengan dihiasi hijau atau putih dan kuning mengkilap, serta kaki kuning atau hitam.
5.Ijo Buota yaitu ayam ketawa yang memiliki warna dasar hijau dihiasi merah, diselingi warna hitam disayap, serta kaki berwarna kuning.
6.Bori Tase’ yaitu ayam ketawa berwarna dasar bulu merah dan dihiasi bintik kuning keemasan.

Bakka yaitu ayam ketawa berwarna dasar putih mengkilap dengan dihiasi dasar hitam, oranye, merah dan kaki hitam atau putih. [3]
Lapping yaitu ayam ketawa berwarna dasar bulu hitam dengan merah hati dan mata putih. Dimana arti kata lapping dalam bahasa bugis adalah menampung harta, sehingga dipercaya jenis ayam ketawa ini dapat menampung harta.[3]
Ceppaga yaitu ayam ketawa dengan warna dasar hitam dihiasi bulu hitam dan putih, ditambah dengan bentuk putih di badan sampai pangkal leher serta kaki berwarna hitam.[3]
Korro yaitu ayam ketawa berwarna dasar hitam dengan dihiasi hijau atau putih dan kuning mengkilap, serta kaki kuning atau hitam.[3]
Ijo Buota yaitu ayam ketawa yang memiliki warna dasar hijau dihiasi merah, diselingi warna hitam disayap, serta kaki berwarna kuning. [3]
Bori Tase’ yaitu ayam ketawa berwarna dasar bulu merah dan dihiasi bintik kuning keemasan. [3

Jamu / ramuan untuk ayam ketawa

Banyak penggemar dan pemain ayam ketawa yang rutin memberikan jamu atau ramuan kepada piaraannya. Salah satunya adalah jamu dengan resep sebagai berikut:

Jahe
Tomat
Gula merah
Madu

Cara pembuatan :

Bersihkan jahe dari segala kotoran, kemudian kupas kulitnya. Masukkan ke dalam panci.
Gula merah dipotong kecil-kecil, kemudian masukkan pula ke dalam panci.
Tomat diblender hingga halus. Setelah lembut, masukkan pula ke dalam panci, sambil diaduk-aduk hingga adonan menjadi lebih merata.
Panci yang berisi adonan kemudian dipanaskan di atas kompor, sambil terus diasuk sehingga adonan menjadi kental.
Tambahkan madu secukupnya ke dalam adonan, aduk lagi beberapa menit, kemudian matikan kompor.
Adonan yang sudah dingin (suhu normal) bisa diberikan kepada ayam ketawa.

Masalah yang sering muncul saat melatih ayam ketawa adalah jika ia tidak mau berkokok / malas berkokok. Untuk mengatasinya, ayam harus dilatih sendirian, atau dipisahkan dari ayam ketawa lainnya. Perdengarkan audio ayam ketawa, sehingga ayam mau mengikutinya tanpa ketakutan melihat ujud ayam ketawa lainnya.

Untuk mencegah stres sebelum dan setelah kontes, ayam ketawa bisa dibiarkan untuk menghibur dirinya sendiri. Misalnya dengan memberinya kesempatan mandi pasir. Terapi ini bertujuan untuk menghilangkan stres pada ayam, mengusir kutu yang terdapat pada bulu-bulunya, dan membuang bulu-bulu mati yang bisa menyebabkan rasa gatal pada tubuh ayam.

Dengan melakukan latihan rutin, terutama pada ayam yang belum pernah dikonteskan, maka ayam lama-lama akan terbiasa berkokok di atas tenggeran dengan tenang.

Pelatihan ini tidak membutuhkan waktu terlalu lama, cukup beberapa hari sebelum kontes. Tetapi lebih baik jika Anda menyiapkan jauh-jauh hari sebelum kontes, agar ayam ketawa benar-benar terbiasa berkokok di atas tenggeran dengan tenang, tidak canggung berada dalam kerumunan ayam ketawa lainnya, dan mampu mengeluarkan suara khasnya.

Semoga bermanfaat.
Diubah oleh ksar69 14-10-2014 13:23
0
9K
45
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan