gusdeputra15Avatar border
TS
gusdeputra15
Karya kartunis Joan Cornellà yang aneh tapi Bermakna

Thread original dari gusdeputra15. Free untuk di repost ke situs lain, tetapi tolong cantumkan sumber.

Lumayan dapet Top Thread di thread Iseng emoticon-Big Grin


Joan Cornellà

Joan Cornellà Vázquez (lahir 11 Januari 1981) adalah kartunis dan ilustrator Spanyol yang terkenal karena sering membuat komik strip humor sureal dan komedi hitam.
Berikut ini adalah beberapa hasil karya Joan beserta penjelasannya, dan juga interpretasi mengenai makna yang terkandung dalam kartun yang ia buat. Interpretasi murni pemahaman dari ane sendiri, mohon memberi komentar apabila memiliki pendapat yang berbeda.

1.

Seorang pria menyelamatkan temannya dari tersedak, tetapi malah menimbulkan kekacauan dan kematian disekitarnya. Kepala yang terpenggal masuk ke ring basket dan keduanya sama-sama bergembira.
Interpretasi - Orang seakan-akan tidak peduli akan pengorbanan yang terjadi sebelum seseorang berhasil meraih kesuksesan. Mereka hanya tahu bahwa orang tersebut mendapat kejayaan, tetapi tidak peduli atas apa yang telah mereka korbankan sebelum kesuksesan itu terwujud.

2.

Seorang wanita melihat keranjang bayi orang lain berada di tengah jalan dan akan segera tertabrak oleh mobil berlaju kencang. Ia mendorong kereta bayinya sendiri untuk menyelamatkan sang bayi. Ia tersenyum puas melihat sang bayi milik orang lain terselamatkan.
Interpretasi - Terkadang orang terlalu sibuk mengurusi masalah orang lain, sampai masalah yang dimiliki diri sendiri dikorbankan demi mengurusi masalah orang lain. Menyelesaikan satu masalah dapat menyebabkan masalah lain yang lebih besar dampaknya.

3.

Seorang pria ingin melompat ke kolam renang, tetapi malah menghantam tepi kolam. Sang penjaga kolam ingin membantu, tetapi malah ikut menghantam tepi kolam. Mereka berdua sama-sama tersenyum pada akhirnya.
Interpretasi - Disaat seseorang berada dalam suatu masalah, dan kita mencoba untuk ikut membantu. Tetapi disaat kita melakukannya, kita sebenarnya juga masuk dan terlibat kedalam masalah orang tersebut, yang juga bakal memberikan dampak bagi kita.

4.

Seorang polisi berusaha menangkap seorang perampok, tetapi malah tertembak. Satu uang yang dirampok terbang dan si polisi mengembalikannya kepada si perampok. Keduanya sama-sama tersenyum.
Interpretasi - Terkadang orang-orang melukai perasaanmu, tetapi dirimu tetap tersenyum dan memaafkan mereka. Bahkan dirimu tetap membantu orang yang dulunya pernah melukai hatimu. Padahal, semua yang kau lakukan tetap tak bisa mengubah apa yang mereka lakukan padamu. Luka lama tetap membekas.

5.

Seorang wanita membuang anak haramnya di tong sampah daur ulang, tetapi seorang pria memarahinya dan menyuruhnya membuang di tong sampah lain.
Interpretasi - Orang-orang nyatanya lebih peduli soal "lingkungan hidup" daripada masalah yang lebih besar- seperti aborsi dan penelantaran anak. Masalah lingkungan hidup dianggap "mengancam" masa depan manusia, padahal masa depan seorang anak juga tak kalah berharga.

6.

Seorang anak perempuan ingin memutar piringan hitam, tetapi kabelnya putus. Sang ayah menyambungkan dirinya menjadi perantara kabel. Piringan hitam berputar dan sang anak menari mengiringi lagu sambil tersenyum. Sang ayah tampak kegirangan.
Interpretasi - Anak-anak seperti tidak peduli pengorbanan yang dilakukan orang tua mereka demi membuat mereka bahagia. Tetapi anehnya, orang tua selalu merasa puas ketika melihat keinginan anak mereka terpenuhi karena rasa sayang kepada anak melebihi segala pengorbanan yang menguras tenaga dan biaya.

7.

Seorang pendaki terbakar, dan berusaha memadamkan api dengan berendam di tong minyak, sehingga jadi malah tambah terbakar. Seorang pemadam kebakaran malah menyiramnya dengan minyak, dan seorang pendaki lain ikut menghangatkan diri bersama dirinya.
Interpretasi - Terkadang kita berada dalam suatu masalah dan berupaya mengatasinya, tetapi gagal dan malah membuat masalah menjadi makin besar. Akan ada orang yang dengan sengaja ataupun tidak- membuat masalah kita menjadi sangat buruk, dan pada akhirnya karena kegagalan kita itu, akan ada seseorang yang senang atas kegagalan kita dan berupaya memanfaatkannya.

8.

Seorang wanita dengan tangan terpotong datang kerumah sakit dan melakukan operasi bedah plastik.
Interpretasi - Beberapa orang hanya peduli dengan kecantikan diri mereka. Mereka menginginkan kecantikan- lebih dari apa yang mereka miliki saat ini. Padahal ada kondisi kesehatan diri mereka sendiri yang lebih penting untuk diurusi di rumah sakit daripada menghabiskan uang demi menambah kecantikan.

Itu adalah delapan dari sekian banyak komik strip milik Joan Cornella. Jika anda tertarik untuk melihat lebih banyak dari Joan, bisa dilihat disini: Joan Cornella

Apabila berkenan, silahkan memberi pendapat atau komentar berisi interpretasi yang berbeda mengenai gambar-gambar ini, sehingga membuka ruang untuk diskusi.
Komentar terbaik akan masuk Page #1, seperti biasa. Jika berkenan, bisa memberi reputasi. Komentar dan Rating Thread dari agan semua akan sangat memberi support bagi ane sebagai Thread Starter. Monggo meluangkan waktu, gan.

Quote:


Quote:


Quote:


Polling
0 suara
Apakah anda tahu Joan Cornellà sebelumnya?
Diubah oleh gusdeputra15 16-03-2016 10:44
0
31.5K
214
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan