Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

auliadiAvatar border
TS
auliadi
Intip Daerah Untuk Menikmati Gerhana Matahari Total di Tahun 2016


Dua puluh satu tahun yang lalu, tepatnya 24 Oktober 1995, Indonesia dilewati gerhana matahari total. Saat itu, hanya Pulau Sangihe Talaud yang bisa melihat gerhana matahari total tersebut.

Di Maret 2016 ini, gerhana matahari total akan kembali singgah ke Indonesia. Serunya, kali ini ada beberapa daerah yang bisa melihat langsung fenomena gerhana matahari total.

Beberapa tempat di bawah ini sangat istimewa karena berdasarkan analisis Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA), di beberapa kota ini kita bisa melihat gerhana Matahari total ketika sang surya sudah berada pada ketinggian cukup.

Jalur yang dilewati gerhana matahari total ini adalah Bengkulu, Sumatera Selatan, Bangka Belitung, Kalimantan Tengah, Sulawesi Tengah dan berakhir di Maluku Utara.

Adapun sejumlah kota yang dilintasi jalur gerhana matahari adalah Lubuk Linggau, Palembang, Toboali, Koba, Manggar, Tanjung Pandan, Palangkaraya, Balikpapan, Sampit, Palu, Poso, Ternate, Tidore, Sofifi, Jailolo, Kao, dan Maba.

Beberapa tempat di atas bisa jadi pilihan kita untuk berwisata. Kapan lagi bisa jalan-jalan sambil menikmati gerhana matahari total? Jadi jangan lupa siapkan juga itinerary untuk berwisata ke tempat-tempat tersebut.

Supaya kita lebih semangat, Farrago.co.id ingin memberikan informasi tambahan bahwa selain Maret 2016, gerhana matahari total akan terjadi lagi di tahun 2023. Daerah yang dilewati pun sangat sedikit yaitu Maluku Tenggara, Maluku Tengah, dan Papua.

Waktu terjadinya gerhana matahari total Maret 2016

Ada tiga waktu yang berbeda untuk menikmati gerhana matahari, bila disesuaikan dengan daerah kita melihatnya. Simak waktu terjadinya gerhana matahari total berikut ini:

  • Indonesia bagian barat: Awal gerhana sebagian terjadi sekitar pukul 06:19:20,04 WIB dengan gerhana maksimum pukul 09:57:11,5 WIB.

  • Indonesia bagian tengah: Awal gerhana sebagian terjadi sekitar pukul 07:19:20,04 WITA dengan gerhana maksimum pukul 10:57:11,5 WITA.

  • Indonesia bagian timur: Awal gerhana sebagian akan dimulai pukul 08:19:20,04 WIT dengan gerhana maksimum pukul 11:57:11,5 WIT.


Source
nona212
nona212 memberi reputasi
1
3.8K
33
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan