bmngrhAvatar border
TS
bmngrh
5 Pekerjaan yang Agan Gak Tau Ada di Industri Game (PLUS TIPS-TIPSNYA)!
Quote:





Pekerjaan Unik #1 : Composer



Dari game Legend of Zelda, Final Fantasy, Pokemon sampai ke Mario, ada banyak banget kan lagu yang selalu teringat oleh agan-agan. Beberapa lagu iconic dari game bahkan lebih mengesankan daripada lagu pop sekarang. Video game dengan soundtrack buruk juga pastinya akan membuat game tidak gampang diingat dan menarik! Koji Kondo salah satu video game composer hebat yang sudah bekerja dengan nintendo sejak tahun 1984 jadi bukti nyata bahwa pekerjaan ini sangat dibutuhkan di dalam game. Apakah agan Koji Kondo berikutnya?

Spoiler for Gimana Memulainya?:



Pekerjaan Unik #2 : Tester



Ini mungkin adalah mimpi setiap anak-anak di dunia gan! Main game seumur hidup kita? Hahaha seru sih gan, tapi sebenernya ga se-literal itu. Dengan posisi ini kita bukan cuma main game gan, tapi mengetes apakah game ini baik dan siap dipasarkan menjadi produk akhir sebelum turun ke pasar. Agan harus main segala jenis game, dari yang gameplay-nya baik sampai yang buruk. Agan akan menjadi kepala dari quality control untuk mencari kesalahan dalam game tersebut n memastikan game ada dalam kondisi optimal.


Spoiler for Gimana Memulainya:



Pekerjaan Unik #3 : Marketer



Iklan di TV, google ads, kampanye, penempatan game di situs gaming adalah salah satu cara menarik perhatian gamer dan ini semua adalah salah satu kerjaan tim marketing! Penjualan besar pertama itu hanya seminggu pertama game rilis gan! So, sangat penting untuk mempunyai tim marketing yang handal untuk menarik perhatian publik sebelum game tersebut rilis emoticon-I Love Indonesia



Spoiler for Gimana Memulainya?:


Pekerjaan Unik #4 : Writer



Pasti agan tau rasanya kalau agan main game yang seru banget, graphics-nya keren, gameplay-nya asoy, tapi.... agan ga bisa masuk ke karakter game tersebut. Story-nya jelek dan ga masuk akal. Nah, beberapa studio seperti Bethesda dan Naughty Dog memperbaiki semua ini dengan memasang standar tinggi untuk naratifnya. Ini kesempatan agan untuk mencoba dan merubah semuanya dan membuat gamer (agan sendiri) lebih senang!


Spoiler for Gimana Memulainya?:


Pekerjaan Unik #5 : : Professional Gamer



Mungkin ini adalah pekerjaan impian semua orang di mana games menjadi penghasilan agan. Tapi ini lebih susah dari yang agan bayangkan. Gak cuma agan harus jadi master di competitive gaming, seperti call of duty, Starcraft, Dota2, Counter-Strike, agan juga harus mau keliling dunia untuk turnamen. Dengan pekerjaan ini agan bisa punya uang banyak untuk mencukupi kebutuhan agan. Memang membutuhkan minimal ribuan jam latihan untuk mencapai level di mana agan bisa menghasilkan uang, tapi sesampainya di sana agan pasti puas! emoticon-2 Jempol


Spoiler for Gimana Memulainya?:


Spoiler for Total Penghasilan Pro Gamer:


So, itu gan pekerjaan yang mungkin agan belum tahu ada di industri game. Apa agan tertarik mencoba? emoticon-Entahlah

Ini ada tips gimana caranya agan bisa sukses masuk ke gaming industry:

  1. Ketika agan udah menentukan karir pilihan agan, agan harus disiplin, yakni dengan rajin training
  2. Bikin demo game/tutorial (bisa 3 menit atau lebih)
  3. Agan bisa juga buat list perusahaan yang ingin agan lamar, mulai dari yang kecil sampai besar
  4. Jaringan!!!! Agan harus banyak ketemu orang yang kerja di perusahan yang agan incar. Bisa mulai dari bikin linkedin atau follow perusahaan yang agan mau
  5. Up to date gannnn~
  6. Sering-sering latihan untuk ‘menjual’ diri agan (biar pas interview ga gugup)
  7. Banyak belajar soal-soal interview atau bocorannya di situs yang punya databasenya. Di Indonesia agan bisa buka situs ini gan. Di situ agan juga bisa sekalian liat seperti apa rasanya kerja di perusahaan idaman agan.
  8. Bikin resume tentang apa aja yang pernah agan capai, perbagus portofolio agan dan kustomisasi 
  9. Jangan menyerah bila belum beruntung dan tetap semangat! (mencari pekerjaan ga mudah gan)


Kalau ada pekerjaan yang kurang,atau agan mau nambahin tipsnya, ane akan update tiap hari gan! Dan jangan lupa
Rate 5 emoticon-Rate 5 Star dan Cendol emoticon-Toast ya gan!! ++ Share jika bermanfaat emoticon-Smilie emoticon-Blue Guy Smile (S)

Diubah oleh bmngrh 27-02-2016 04:18
0
17.4K
139
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan