mondrakerAvatar border
TS
mondraker
Sebab Pembalap Sepeda Roadbike Mencukur Bulu Kaki
Saat awal-awal mengamati pembalap roadbike mungkin pernah terbersit dalam pikiran mengapa semua pembalap tersebut mencukur bulu kaki hingga halus. Meski memiliki kaki bersih dari bulu, tentu saja mereka bukan maho. Nampaknya tidak banyak artikel yang membahas soal ini. Apakah dengan mencukur habis bulu kaki dapat membuat lebih aerodinamis dan laju sepeda menjadi lebih cepat?

Specialized kini telah meneliti hal itu. Mereka melalukan uji coba menggunakan terowongan angin yang juga digunakan untuk melakukan tes apakah jenggot juga mempengaruhi tingkat aerodinamika pada para rider.

Spoiler for bukan maho:

Dalam dunia persepedaan, specialized menyimpulkan bahwa dengan mencukur bulu kaki akan dapat menghemat hingga 70 detik dalam 40 km yang ditempuh. Pada pengujian terowongan angin telah menunjukkan bahwa kaki yang licin lebih aerodinamisdaripada kaki yang berbulu.

Spoiler for terowongan angin:

Selain memberi manfaat aerodinamis, kaki yang halus mempermudah untuk pemijatan kaki. Pembalap sepeda tentu sering melakukan pemijatan kaki karena telah mengayuh pedal menempuh jarak ratusan kilometer. Disamping alasan tersebut, mencukur kaki juga sudah menjadi tradisi bagi pembalap roadbike.

_________________________________________
artikel dari sini >>> bukan maho

by bike streak
Diubah oleh mondraker 04-09-2014 10:44
0
6.5K
23
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan