dedeyoutubeAvatar border
TS
dedeyoutube
Hati-hati beli IPHONE di LAZADA / LSN Cellular
Halo admin dan agan-agan sekalian,

Tanpa mau menjelek-jelekan siapa-siapa, ane cuma mau sharing pengalaman ane aja nih..

Saya baru aja beli iphone 5s refurbished 32 gb di Lazada 13 Januari 2016 kemarin dari toko LSN Cellular seharga Rp 4 jt. Saya amat sangat MENYESAL karena tergiur harga yang relatif murah ini.

Kronologisnya begini... barang yang saya beli dikirim 2 hari setelah saya pesan. Namun ada beberapa kejanggalan ketika saya membuka paket kiriman Lazada itu.

  1. Box iphone 5s refurb yang saya terima tidak ada tulisan certified pre-owned nya.

  1. Sewaktu saya cek IMEI dan SN di selfsolve.apple.id, iphone 5s saya terdeteksi sebagai iphone 5c. Grrrr. Saya langsung telepon pihak LSN Cellular mengenai ini, lalu jawabannya "Oh kalau barang refurb dicek di website Apple sering ngaco infonya. Coba cek di itunes." Hasil pengecekan di itunes ternyata betul menunjukkan iphone 5s. Sedikit lega.

  1. Ketika saya nyalakan u/ pertama kalinya, terdapat aplikasi berbahasa Cina nya di home screen gan! Kacau! Saya telpon lagi itu toko penipu (LSN Cellular) dan pegawainya jawab "Itu cuma aplikasi bahasa kok mas. Apple refurbished dari Cina memang biasanya seperti itu." Dalam hati "Refurbished kok kayak gini amat ya?". Tapi ya udah lah, saya langsung hapus aja itu aplikasi karena masih excited sama iphone baru.

  1. Waktu dinyalain baterenya 80%. Setau saya, hp yang baru dibeli itu biasanya baterenya sekitar 30-35%.


emoticon-Bingung

Nah, singkat kata setelah dipakai selama 20 hari (udah lewat batas pengembalian barang ke Lazada) iphone saya mendadak ga bisa konek ke jaringan selular. JREEENG! Tulisan koneksi iphone nya stuck "Searching...." terus menerus.

Karena ngga mau ribet, saya langsung hubungi temen saya yang ahli reparasi iphone. Setelah dicek, temen saya bilang "Mas, ini masalah IC Baseband. Parts-nya banyak segelan Cina. Kasus seperti ini hampir ngga mungkin diperbaiki." Mendadak saya langsung lemas, speechless dan sambil mikir "Yahh, fixed gw TERTIPU!!!"

Saya sempat menghubungi AppleCare, menceritakan masalah saya dan mendatangi beberapa tempat servis lainnya, dan jawabannya sama "Kasus kaya gini kemungkinan besar ga bisa diperbaiki. Kalaupun mau dicoba, resikonya mati total." Saya belum mau menyerah saat itu. Saya coba melakukan restore dengan itunes berkali-kali, dengan harapan mengembalikan seluruh setting dan mengapdet ke ios terbaru bisa memperbaiki masalah iphone saya. Bukannya berhasil, iphone saya malah matot, alias MATI TOTAL, stuck di logo menyambung ke itunes. Saya langsung mengelus-ngelus dada dan berpikir "Yak, gw tertipu dan apes seapesnya". emoticon-No Hope

Nah, setelah itu saya langsung menghubungi toko LSN Cellular, namun telpon tidak pernah dijawab. Saya tahu saya tidak bisa mengembalikan barangnya ke Lazada dengan ketentuan maksimal pengembalian barang adalah 14 hari. Namun saya meminta bantuan Lazada untuk menghubungkan saya dengan pihak toko tersebut. Namun Lazada dengan sangat mengecawakannya hanya memberikan alamat email toko LSN Cellular. Email saya ke toko tidak pernah dijawab. Setelah saya lapor ke Lazada kembali, pihak Lazada hanya menyarankan saya untuk menghubungi tempat servis garansi, yaitu B-Cell. Telepon saya ke B-Cell tidak pernah dijawab dengan anehnya.

Saya hampir pasrah, tapi saya tetep mau coba klaim garansi dengan mendatangi kantor B-Cell. Jika tidak diterima juga, dan tidak ada yang sanggup memperbaiki, saya menyerah. emoticon-Frown

Pelajaran yang saya ambil dan mungkin berguna buat teman-teman semua, jadilah pembeli bijak. Jangan mudah tergiur harga murah. Pembeli harus ekstra ekstra ekstra hati terhadap situs belanja online seperti Lazada ini.

emoticon-Frown emoticon-Frown

nb: oh ya sedikit tambahan info gan. Nama toko penjual di trit iphone yang saya beli di Lazada berubah gan terakhir ane cek. Bukan lagi LSN Cellular, tapi LEXA Shop.
Polling
Poll ini sudah ditutup. - 25 suara
Punya pengalaman buruk beli handphone di Lazada?
Ya, pernah
28%
Tidak pernah
72%
Diubah oleh dedeyoutube 12-02-2016 10:29
0
43.3K
62
Thread Digembok
Urutan
Terbaru
Terlama
Thread Digembok
Komunitas Pilihan