oomawengAvatar border
TS
oomaweng
MEROKOK MEMBUBUHMU? THINK AGAIN..
Akhir – akhir ini, seringkali kita temui himbauan untuk berhenti merokok dan beberapa pendapat yang mengharapkan berhentinya kosumsi produk rokok di Indonesia. Ditengah – tengah tren ini, saya ingin menulis sebuah opini yang barangkali agak anti – mainstream mengenai kontribusi positif yang telah diberikan oleh rokok pada masyarakat kita. Disini saya menyinggung dari aspek ekonomi & sosial.
Spoiler for ASPEK EKONOMI:

Spoiler for ASPEK SOSIAL:


Selain itu, rokok seringkali tidak bisa dipisahkan dari aktivitas – aktivitas sosialisasi dalam masyarakat (bahasa Jawa-nya cangkrukan), khususnya di kalangan pria. Aktivitas cangkrukan ini secara sadar maupun tidak turut membantu menjaga rasa kebersamaan/solidaritas dalam masyarakat. DI daerah pedesaan, rokok acapkali disuguhkan kepada tamu pada kegiatan – kegiatan masyarakat seberti tahlilan, syukuran, pernikahan, dlsb.
Nah itu tadi beberapa kontribusi positif yang telah diberikan oleh industry rokok bagi negara & masyarakat. Perlu diperhatikan bahwa melalui tulisan ini saya tidak memotivasi pembaca sekalian untuk merokok & saya setuju bahwa rokok sangat berbahaya bagi kesehatan si perokok (perokok aktif) maupun orang – orang sekitarnya (perokok pasif). Namun jika larangan merokok memang diperlukan, mari kita pikirkan bersama bagaimana cara men-substitusikan dampak – dampak positif tersebut agar tidak ada pihak yang dirugikanemoticon-Malu (S)
emoticon-Cendol (S)
0
4.4K
47
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan