Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

fleacoolAvatar border
TS
fleacool
Candi Prambanan Dan 6 Candi Lain Di Yogyakarta Yang Bisa Dikunjungi
Travel Blog Reservasi – Candi Prambanan mungkin adalah salah satu candi yang terkenal di Yogyakarta. Candi ini juga salah satu candi yang banyak dikunjungi. Selain karena sudah banyak menjadi paket destinasi utama para tur agent, memang keelokan candi ini tiada duanya. Bahkan mungkin yang sudah sering pergi ke Candi Prambanan pun belum bosan. Namun apakah teman - teman traveler tahu masih ada banyak candi di Yogyakarta selain Candi Prambanan. Tentunya candi candi tersebut juga tidak kalah menarik untuk dikunjungi loh. Misalnya saja Candi Ijo yang merupakan candi tertinggi di Yogyakarta atau si eksotis Candi Ratu Boko. Baiklah, ini dia Candi Prambanan dan 6 candi lain di Yogyakarta yang bisa dikunjungi. Mungkin liburan selanjutnya bisa dijadwalkan untuk menengok salah satu atau semua candi yang ada di tulisan ini :
1. Candi Prambanan


Candi Prambanan, Candi Hindu Terbesar Di Yogyakarta
Candi Prambanan adalah candi terbesar di Yogyakarta yang merupakan salah satu mahakarya kebudayaan Hindu yang telah berdiri sejal abad ke-10. Ada banyak bangunan candi menjulang tinggi dimana bangunan tertinggi adalah setinggi 47 meter. Hal ini membuat kecantikan arsitekturnya tak tertandingi. Konon Candi Prambanan ini dibuat oleh Bandung Bondowoso demi memenuhi persyaratan Roro Jonggrang. Namun tragisnya Roro Jonggrang malah menjadi salah satu arca untuk melengkapi candi ke 1000 karena dikutuk oleh Bandung Bondowoso. Tiket masuk ke Candi Prambanan adalah IDR 30.000 untuk orang dewasa, IDR 12.500 untuk anak anak dan USD 18 untuk turis asing. Candi buka setiap hari dari Jam 06.00 - 17.00.
2. Candi Ijo

Candi Ijo, Yogyakarta
Candi Ijo adalah candi yang posisinya berada paling tinggi di Yogyakarta sehingga dari Candi Ijo ini bisa dinikmati bentang alam Yogyakarta dari utara ke selatan. Dari candi ini pula bisa dilihat proses take off dan landing pesawat di landasan Bandara Adisutjipto. Jadi meskipun pengunjung tidak terlalu suka berwisata sejarah, masih bisa berwisata alam. Candi Ijo dibangun sekitar abad ke-9, di Bukit Hijau pada ketinggiannya sekitar 410 m di atas permukaan laut. Kompleks Candi Ijo sendiri terdiri dari 17 struktur bangunan yang terbagi dalam 11 teras berundak. Dimana bangunan pada teras ke-11 adalah pagar keliling, delapan buah lingga patok, empat bangunan yaitu candi utama, dan tiga candi perwara. Peletakan bangunan pada tiap teras didasarkan atas kesakralannya. Bangunan pada teras tertinggi adalah yang paling sakral. Selain itu teras pertama adalah halaman menuju pintu masuk, dan merupakan teras berundak yang membujur dari barat ke timur. Tiket masuk ke Candi Ijo adalah gratis.
3. Candi Ratu Boko


Candi Istana Ratu Boko
Candi Ratu Boko sejatinya adalah sebuah kompleks istana yang megah yang dibangun dan ada sejak abad ke 8. Uniknya Candi Ratu Boko ini dibangun oleh salah seorang kerabat pendir Borobudur yang merupakan candi Buddha. Istana ini terletak di 196 meter di atas permukaan laut. Areal istana seluas 250.000 m2 terbagi menjadi empat, yaitu tengah, barat, tenggara, dan timur. Candi ini memang unik, meski didirikan oleh seorang yang beragama Buddha, istana Candi Ratu Boko memiliki banyak unsur Hindu. Semua terlihat jelas dengan adanya arca Ganesha, Lingga dan Yoni, serta lempengan emas yang bertuliskan "Om Rudra ya namah swaha" yang biasanya adalah bentuk pemujaan terhadap Dewa Rudra nama lain Dewa Siwa. Adanya unsur Hindu ini membuktikan bahwa toleransi umat beragama sudah ada sejak zaman dahulu. Tiket masuk ke Candi Istana Ratu Boko adalah IDR 25.000 untuk orang dewasa, IDR 10.000 untuk anak anak dan USD 13 untuk turis asing. Candi buka setiap hari dari Jam 06.00 - 17.00.

Selanjutnya...
0
2.4K
13
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan