Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

b4n4n4zAvatar border
TS
b4n4n4z
HATI2 BERJUALAN DI BUKALAPAK!!
HATI2 BERJUALAN DI BUKALAPAK!!

Permasalahannya adalah ketika bukalapak sepihak mengcancel transaksi dan mencairkan dana kepada buyer tanpa pemberitahuan kami (selaku seller). Transaksi ada 2 yaitu transaksi 160250957378 sebesar 56.500 atas nama ivan dan transaksi 160250526266 sebesar 510.500 atas nama muhammad ali.

Dalam setiap lapak yang kami buat, selalu kami berikan keterangan bahwa bacalah rules didalam lapak kami dahulu sebelum membeli dengan kami. Tidak lupa juga kami selalu ingatkan kepada buyer lagi bahwa MEMBELI (dengan kami) = SETUJU (dengan rules toko kami). Salah satu rules yang kami tulis adalah bahwa semua ongkos kirim baik dalam hal pembelian/retur/komplain barang ditanggung sepenuhnya oleh buyer tanpa alasan apapun.

Tetapi pada waktu buyer komplain dan ada diskusi, kami mengijinkan untuk retur. Pada waktu barang selesai direturkan dan mau dikirim kembali, kami meminta buyer untuk mentransfer dahulu ongkos kirimnya melalui rekening kami. Tapi buyer tidak mau untuk membayarnya dan terus2an tarik ulur diskusi, bahkan sampai keluar kata2 kasar. Akhirnya proses diskusi didiamkan, dan kami tetap dengan rules yang kami buat, bahwa barang akan dikirimkan setelah buyer mentransfer ongkos kirimnya. Lalu beberapa hari kemudian, kami kaget ketika melihat transaksi dibatalkan dan dana ternyata dibalikkan kepada buyer tanpa sepengetahuan kami selaku seller. Transaksi 160250957378 okelah kami anggap kami rugi ongkos kirim saja pada waktu pengiriman diawal, karena barang komplainan sudah ada ditangan kami. Tetapi untuk transaksi 160250526266, kami sangat dirugikan oleh pihak bukalapak. Karena masih ada 2pcs barang yang belum buyer kirimkan kepada kami. Bukan hanya jumlah uang 2 pcs barang itu yang rugi, kami juga sudah rugi ongkos kirim pengiriman diawal yang sangat mahal karena pengiriman jauh ke ABEPURA.

Lalu kami mencoba untuk mengirimkan komplain kepada bukalapak melalui email dan facebooknya, tetapi ternyata tidak ada tanggapan SAMA SEKALI dari pihak bukalapak mengenai dana kami. Kami juga mencoba telpon ke bukalapak pada siang hari jam kerja, ternyata sangat susah sekali diangkat.

Terakhir kami memutuskan untuk telpon lagi pada malam hari tepatnya hari Jumat 19 Feb mulai jam 8.10 malam. Akhirnya diangkat oleh CS1 (wanita), seperti biasa prosedur tanya nomor transaksi dan masalahnya apa. Lalu kami disuruh menunggu lama sekali sekitar 10 menitan, akhirnya dijawab lalu cs itu menjawab masalah ini ada kesalahan pada kami (SELLER), karena sesuai peraturan bukalapak no. 4 bahwa : bahwa apabila tidak terjadi kesepakatan dalam beberapa hari untuk pengembalian barang maka bukalapak akan mengembalikan dana kepada buyer secara otomatis. Tentu saja kami sangat keberatan. Bagaimana letak keadilannya ?? Padahal kami juga sudah menjelaskan dalam lapak kami, bahwa MEMBELI dengan kami artinya SETUJU dengan rules2 yang toko kami buat. Kalau misalnya buyer tidak menyetujui apa yang seller tulis, harusnya buyer tidak membeli ditoko kami. Dan harusnya bukalapak juga menghargai kolom keterangan lapak yang diberikan kepada seller untuk diisi keterangan2 akan produk dan peraturan yang seller jual.

CS itu terus muter2 bicaranya dan tidak menyelesaikan masalah. Kami sudah mulai emosi, ketika kami sedang bicara lagi CS itu mematikan telpon tiba2 saja. Lalu kami merasa bahwa CS itu sangat tidak sopan. Lalu kami menelpon kembali dengan CS2 (Arfan), mulai lagi tanya2 seperti prosedur biasa dan kami disuruh menunggu lagi. Kami langsung menyelaknya dengan bagaimana ini solusinya, jangan kami diputar2 terus. Karena dana itu bagi seller sangat penting sekali. Akhirnya suruh kami menunggu proses dalam 1x24 jam. Tetapi kami tidak merasa puas, dan kami ingin menanyakan apakah besok kantornya buka atau tidak. Kami menelpon kembali, dan cs3 (Dedi) pun menanyakan hal yang sama, dan menyuruh kami menunggu sampai mau 10 menitan.

Masalah yang aneh muncul lagi disini, ketika kami menanyakan apakah besok kantor bukalapak bisa kami datangi, cs tersebut tidak menjawab pertanyaan kami malah menjawab dengan hal lain. Kami sampai menanyakan 3-4 kali, cs tersebut tetap mengalihkan pembicaraan. Sampai kesabaran kami habis, dan kami membentaknya, barulah cs itu meladeni pertanyaan kami dengan memberikan nada tunggu. Aneh sekali, cs tidak tahu apakah besok (Sabtu) kantor itu buka atau tidak. Tidak lama setelah nada tunggu, cs bilang bahwa besok datang bisa dengan membawa nomor transaksi yang ingin dikomplainkan. Kami juga menanyakan apakah bisa kami menemui pimpinannya bukalapak, karena kami ingin membahas masalah ini agar tidak diulang lagi untuk seterusnya. Dan apabila ternyata bukalapak membuat peraturan main refund dana sepihak kepada buyer, JELAS SEKALI KAMI AKAN STOP JUALAN DIBUKALAPAK. Jawaban dari CS tersebut, kembali tidak nyambung lagi sampai 3-4 kali. Kami membentak lagi dan akhirnya cs menjawab bahwa biar saya datang aja langsung ke kantornya. Hampir 1 jam pulsa telpon kami terbuang dengan jawaban yang lagi2 hanya menunggu dan tidak ada solusi.

Kami sangat kecewa sekali dengan respon dari bukalapak. Dan kami mohon dengan surat terbuka ini, kami minta keadilannya dan minta kejelasan peraturan dibukalapak supaya tidak memberatkan salah satu pihak antara seller dan buyer. Mulai dari saat ini, apabila tidak ada tanggapan dan solusi dan pencairan dana kami yang dirugikan, kami akan segera berhenti berjualan dibukalapak. Dan tentunya sangat disayangkan, dengan banyaknya iklan2 bukalapak dimedia2 dan banyaknya promo2 diskon dibukalapak, tetapi ternyata pelayanan bukalapak semakin menurun, khususnya yang memberatkan seller. Kesimpulannya : mulailah berhati-hati berjualan dibukalapak!! Semoga bukalapak membaca surat terbuka ini dan memperbaiki kinerjanya sebaik mungkin, agar tidak tertinggal dari marketplace2 lainnya yang sudah semakin canggih pelayanan customer servicenya.

0
10.8K
72
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan