lexieabuabuAvatar border
TS
lexieabuabu
Kantor dengan Kubikel? Masih Jaman?
Zaman makin modern, teknologi makin canggih, masyarakat pun makin inovatif. Begitu juga yang terjadi di dunia kerja, Gan. Dulu tata ruang kantor yang paling dikenal Agan-agan pasti ruangan dengan sekat pemisah antar karyawan, dan sang atasan biasanya punya ruang sendiri.


http://www.wirk.com/concert-in-a-cubicle/


Tapi, ada yang bilang jenis kantor dengan kubikel udah gak jaman lagi. Sekarang kebanyakan perusahaan udah mengusung konsep open plan office alias ruangan tanpa sekat. Bahkan gak jarang atasan atau CEO ikut berbaur di ruangan yang sama dengan karyawan lainnya.


http://officesnapshots.com/2013/10/28/software-advices-open-plan-office-complete-open-source-farm-tables/


Open plan office punya cukup banyak kelebihan, Gan. Di antaranya mengurangi batasan komunikasi serta memudahkan interaksi antar karyawan, bahkan Agan jadi gak mesti repot-report ketok pintu dulu untuk ketemu CEO.

Buat perusahaan pun konsep ini menguntungkan, Gan, karena dengan layout yang terbuka biaya yang dikeluarin untuk konstruksi bangunan dan peralatan lainnya jadi lebih sedikit.


Tapiiii, kalo ada kelebihan tentu ada kekurangannya juga. Karena ruang kerja terbuka, so interaksi karyawan jadi meningkat dan kondisi ini bisa bikin karyawan susah konsentrasi dengan kerjaan. Akibatnya produktivitas jadi menurun. Privasi juga jadi berkurang, Gan, karena banyak orang berseliweran yang bisa ngeliat layar komputer Agan or dengerin percakapan Agan di telepon.


Di Indonesia sendiri konsep ruangan open plan kebanyakan diusung oleh perusahaan-perusahaan baru alias startup.


Spoiler for Tokopedia:


Spoiler for Veritrans:


Spoiler for Bukalapak:


Spoiler for Kaskus:


Gak cuma startup, karyawan perusahaan besar multinasional pun sekarang mulai melirik konsep ruang kerja yang modern ini. Coba cek komentar karyawan di salah satu perusahaan besar multinasional ini, Gan.

Quote:


Ane nemu komentar di atas itu dari sini, Gan, pas ane lagi cari-cari info soal konsep ruang kerja di perusahaan-perusahaan

Meski demikian, ada juga yang tetap memilih ruangan kerja bergaya konvensional alias bersekat dengan alasan lebih bisa fokus kerja.


Quote:


Dalam satu perusahaan, karyawannya pasti punya preferensi yang beda-beda soal ruang kerja. Ada yang menganggap konsep open plan yang didukung sama berbagai fasilitas hiburan sekarang ini lebih dibutuhin buat menunjang kinerja karyawan, tapi ada juga yang ngerasa konsep ini gak efektif karena nurunin produktivitas. Gimana dengan Agan sendiri? Mana yang jadi pilihan Agan?

Buat jaga-jaga, sebelum ngelamar kerja saran ane Agan riset dulu di sinibuat tau lingkungan kerja perusahaan itu kayak apa. Supaya gak salah masuk karna ternyata gak cocok sama lingkungannya. Agan bisa tau juga fasilitas-fasilitas seru yang ditawarin di sana. Karna ane liat di website tadi perusahaan-perusahaan macem Tokopedia, Bukalapak, Kaskus, dll punya fasilitas hiburan kayak game room, ruang karaoke, gym, dll. Kalo mau tau lengkapnya, cek langsung aja, Gan!


Salam cendol, Gan!
0
10.6K
77
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan