shinigireiAvatar border
TS
shinigirei
Cara Irit Dapet Literatur (MABA masuk)
WELCOME TO MY FIRST THREAD


Moga-Moga gak emoticon-Repost
Ketika UN sudah berlalu.. kayak tahun2 sebelumnya.. SNMPTN sudah menanti agan2 SMA yang akan lanjut ke PTN favorit..
Nah bagi calon MABA buat persiapan kalo masuk kuliah.. jangan pikir literatur yang dibutuhkan dah dapat dari kampus loh..
Kalo SMA oke lah buku masih disediakan sekolah.. nah kalian bakal nemuin hal yang berbeda ketika ntar mulai kuliah.. semua literatur penunjang mesti agan2 cari sendiri.. entah itu beli, pinjem, tunggu hibah kakak tingkat, atau ngrampok toko buku (DILARANG KERAS MENGERJAKAN OPSI TERAKHIR TADI emoticon-Marah)..
Nah berikut tips yang bisa agan2 contoh buat dapatkan kitab suci perkuliahan kalo agan kurang bisa membeli yang asli dan baru berdasarkan pengalaman TS.. well cekibrot...
emoticon-Ngacir2


1 Download Ebook

Yap cara yang paling ane demen ketika kuliah.. tinggal cari ebook format pdf atau epub.. banyak keunggulan dari proses ini..
- cuma usaha nyari wifi gratisan..
- kalo terpaksa bayar yah paling cuma buat beli softdrink ama frenchfries..
- kalo males keluar, bisa pesen temen jaga warnet ato kalo agan sampingan jaga warnet ya sekalian download.. yah kata istilah sambil menyelam minum capucino..
- praktis.. yap file berupa data digital, gak perlu berat2in tas agan ama buku yang tebelnya segede novel eragon atau infernonya dan brown.. bisa di save di laptop agan atau di hard disk eksternal (kalo TS di hard disk eksternal. Berat cyiin bawa laptop tiap hari..)

Kerugian cara ini cuma satu yaitu..
- gak enak kalo buat dibaca.. yap karena digital, mau gak mau mata kita bakal menatap monitor berjam-jam kalo dibaca.. jadi gak nyaman banget..

2. Cari di Pasar Loak Buku

Cara kedua dan seterusnya buat literatur yang gak bisa didapetin ebooknya.,
Nah ini biasanya buat buku yang susah buat dapetin di format ebook.. jadi kalo agan seenggaknya punya tabungan dikit, bisa beli di pasar loak.. keunggulan cara ini..
- harga miring.. cucok buat anak kos perantauan kayak ane dulu (ketangkasan agan dalam tawar menawar diuji di sini) emoticon-Malu (S)
- banyak buku yang kondisi layak baca.. agan gak usah kuatir. Meski bekas, kebanyakan masih layak dibaca dan kondisi sampul juga oke.. 90% lah (asal jilidnya gak buka ane masih pakai)

Kelemahan cara ini..
- kalo bukunya udah tidak terbit karena tahun tua, bakal sulit dapat edisi itu.. emang banyak edisi baru, tapi konten akan beda.. banyak pengurangan materi biasanya..
- faktor luck di sini berpengaruh.. meski kadang terbitan tergolong baru, biasanya mereka stock terbatas.. jadi ya bener2 butuh keberuntungan buat dapet.. (pengalaman sering gak dapet kalo TS)

3. Fotokopi

Nah ini cara buat mengatasi kelemahan metode 2.. yap so simple. Tapi melanggar HAKI loh?? Hei this is Indonesia, gak apa2 lah melanggar sedikit.. hidup jangan dibikin ribet dan nyusahin diri sendiri.. agan bisa pinjem temen agan atau dosen agan selain yang jadi pengajar agan..
Kelebihan metode ini..
- kita bisa menentukan gimana penampakan mbak kunti yang kita miliki.. eh buku yang kita miliki maksudnya.. ato copyan yang kita miliki? Ah bodoh amat.. btt, yap agan bisa bikin bukunya model memanjang.. (1 kertas 2 halaman) atau bisa seperti buku biasa.. dan bisa agan sampul hard cover juga kalo menurut agan literaturnya penting (hal yang gak pernah TS lakuin). emoticon-Hammer (S)

Kekurangan metode ini..
- mahal gan.. asli TS pernah fotokopi 1 buku full kena charge 150 ribu. Biaya yang besar buat anak perantauan seperti TS.. nah kalo dah gitu TS lebih sering fotokopi bab yang dibutuhkan aja.. karena gak semua bab dijadikan materi kuliah. emoticon-Malu (S)

4. Pinjem Perpustakaan Kota atau Perpustakaan Kampus..

Nah buat agan yang budgetnya tipis.. bisa kok cari literaturnya dengan pinjam di perpus. Cuma biaya pendaftaran anggota aja awal2 (kalo tempat TS dulu 50 ribu aja), kita bebas pinjem buku semau kita. Caranya kita pinjem buku (iyalah masa duit) emoticon-Ngakak, nah tiap mau jatuh tempo buat balikin, agan ke perpus buat perpanjangan waktu.. terus lakuin sampe literaturnya selesai dipake. emoticon-Ngakak
Keunggulan metode ini..
- murah, karena cuma keluarin biaya awal aja. Kalo ada biaya tambahan paling perpanjang anggota aja setahun sekali.
Kekurangan cara ini..
- sering lupa buat memperpanjang karena kita termasuk mahasiswa sibuk (bukan sok sibuk ya). Jadi lumayan sering kena denda. emoticon-Malu (S)
- bukan milik kita, ya kalo literatur gak penting sih gak masalah, tapi kadang kalau itu salah satu mata kuliah favorit, gak rela buat balikin. Tapi bisa kok kita catet di binder kita inti materinya..
- resiko hilang, nah ini buat mahasiswa yang temennya juga gak dapet literatur. Kadang kita pinjemin ke temen kita literatur itu, trus dia pinjemin ke temen blablabla.. udah raib deh.. konsekuensinya juga berat, masih mending kalo keluarin duit senilai literaturnya (sambil ngirit buat makan) nah kalo kena penalti gak boleh pinjem dalam waktu tertentu, agan gak bisa dah pinjem novel atau komik di perpus (pengalaman TS) emoticon-Hammer (S)

5. Pinjem Kakak Tingkat

Sebenarnya prinsipnya hampir sama ama cara 4, tapi ini resiko lebih kecil.. syarat cara ini agan harus aktif di kampus, biar kenal kakak tingkat. Syukur kenal alumni, jadi gak mengganggu dia kalo bukunya kita pinjem. Dan dia harus sekota ama kampus atau rumah agan, biar enak ambil di rumahnya dan gak terkesan ngrepotin. emoticon-Malu (S)
Kelebihannya..
- gak keluarin biaya.. paling cuma beli bensin buat motor di jalan kalo mau ambil literatur ke rumahnya.
- kalo kakak tingkatnya baik, kadang kita disuruh ambil. Ya meski gitu tetep dibalikin kalo dah selesai soalnya tetep etika yang utama (kalo TS yang ngalamin).
Kekurangan cara ini..
- kalo hilang bakal merasa gak enak. Yah meski kakak tingkat gak memersoalkan, tapi tetep beban mental ada. Kesannya kita gak bisa memegang amanah orang lain. emoticon-Sorry

Nah sekian aja lah yang bisa TS kasih..
Bila berkenan boleh kasih emoticon-Blue Guy Cendol (L)tapi jangan emoticon-Blue Guy Bata (L)

Thank You...

Utamakan


Kalo ada yang pingin nambahin monggo.. emoticon-Shakehand2

Diubah oleh shinigirei 18-05-2014 07:37
0
2K
10
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan