anton85Avatar border
TS
anton85
5 Hal Yang Termasuk Kategori Durhaka Kepada Orangtua



Hi GanSis jumpa lagi di Thread ane yang sederhana dan seksi,.

GanSis Allah dan Rasulullah selalu mengingatkan dan memerintahkan kepada kita, umat muslim, untuk selalu menghormati dan memuliakan orangtua kita. Ayah dan Ibu yang telah mengukir jiwa dan raga kita, Ayah yang tak pernah lelah mendidik dan menafkahi kita dari kita sebelum lahir bahkan sampai kita dewasa, dan Ibu yang telah mengandung, melahirkan, menyusui dan mendidik kita. Tak ada pengorbanan yang lebih hebat dan luar biasa dibandingkan pengorbanan orangtua kepada kita. Karena tidak setiap orang bisa menjadi orangtua, namun semua orang pasti akan selalu menjadi seorang anak.

Walaupun orangtua kita durhaka kepada Allah, maka kita tetap harus menghormati mereka dengan selalu berusaha mengingatkan mereka untuk bertaubat kepada Allah, tentunya dengan cara yang baik dan tidak mendurhakai mereka. Rasulullah SAW pernah ditanya oleh seorang sahabat suatu hari, siapakah yang harus kita hormati, dan beliau menjawab, Ibu, Ibu, Ibu, kemudian Ayah. Sebegitu menghargainya Rasulullaah kepada orangtua, dan beliau selalu mengingatkan kepada para sahabat dan umat Islam untuk tidak durhaka kepada orangtua.

Salah satu kisah yang dicontohkan oleh Talq bin Hubaib, salah satu tabi’in, adalah “Selalu mencium kening Ibunya. Beliau tidak berjalan di tempat yang lebih tinggi, sementara sang Ibu di tempat yang lebih bawah.” (Ath-Tharthusyi, Birrul Walidain, hlm. 78). Dan sebenarnya masih banyak sekali kisah-kisah para sahabat atau tabi’in yang dengan memuliakan orangtua, mereka akan mendapat ridho dari orangtua, karena ridho orangtua adalah ridho Allah, maka memuliakan dan menghormati orangtua bisa menjadi salah satu jalan kita mendapatkan kebahagiaan hidup di dunia maupun akhirat.

Namun kita harus waspada juga, karena kadang tak kita sadari, saat emosi atau nafsu buruk dari bujukan syaitan menghinggapi dan menelankan kita, bisa saja kita melakukan beberapa hal yang bisa mendatangkan murka orangtua karena hal tersebut termasuk kategori mendurhakai mereka. Nah, apa saja hal-hal tersebut?

Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Semoga tidak repost, klo repost tolong ingetin ntr ane kasih cendol.
Semoga bisa menghibur dan menambah pengetahuan.
Sumur
Trims
0
2.7K
35
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan