tctgsAvatar border
TS
tctgs
Minta naik gaji tunjangan dlll, sekarang teriak pada dipecat. KPSI tanggung jawab
Pabrik Toshiba dan Panasonic Tutup, 2.500 Buruh Kena PHKBy Fiki Ariyanti on 02 Feb 2016 at 14:55 WIB

Liputan6.com, Jakarta - Penutupan tiga pabrik Toshiba dan Panasonic di Indonesia membawa dampak Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) sebanyak lebih dari 2.500 karyawan. Hal ini terimbas dari lesunya penjualan produk elektronik dua perusahaan raksasa asal Jepang itu akibat penurunan daya beli masyarakat.

Presiden Konfederasi Serikat Pekerja (KSPI), Said Iqbal mengungkapkan, Toshiba telah menutup pabrik televisi di Kawasan Industri Cikarang, Jawa Barat. Padahal satu pabrik ini yang tersisa dari enam perusahaan Toshiba lain yang sudah tutup sebelumnya dalam 10 tahun terakhir.

"Yang tutup ini adalah pabrik  televisi Toshiba terbesar di Indonesia, selain di Jepang. Karyawan yang di PHK lebih dari 900 orang," tegasnya saat Konferensi Pers di Jakarta, Selasa (2/1/2016).
Serikat Pekerja Sebut Ada 6.000 Buruh Terancam PHKPHK Karyawan, Chevron Lapor ke KemnakerBPS: Kekhawatiran PHK Massal Berlebihan

Said mengatakan, penutupan pabrik bakal dieksekusi pada April 2016. Saat ini, sedang terjadi proses negosiasi pesangon antara manajemen perusahaan dengan serikat pekerja pabrik tersebut.

Perusahaan lainnya, kata Said yang ikut terhantam pemburukan ekonomi adalah Panasonic lighting. Sebanyak dua pabriknya resmi ditutup, seperti Panasonic Lighting Indonesia (PLI) di Pasuruan, Jawa Timur di awal Januari ini dan satu pabrik lainnya di Kawasan Industri Bekasi pada Februari 2016.

"Pabrik di Pasuruan mempekerjakan lebih dari 600 orang dan sudah di PHK. Sedangkan pabrik yang di Bekasi PHK hampir 1.000 lebih karyawan," ucap Said.

Dengan demikian, Said menyebut, total karyawan atau buruh yang terkena PHK lebih dari 2.500 orang. "Ini jadi sinyal negatif bagi investasi di Indonesia," paparnya. (Fik/Ndw)

Sumur .
http://m.liputan6.com/bisnis/read/2426737/pabrik-toshiba-dan-panasonic-tutup-2500-buruh-kena-phk

Serikat Pekerja Sebut Ada 6.000 Buruh Terancam PHKBy Fiki Ariyanti on 02 Feb 2016 at 14:20 WIB

Liputan6.com, Jakarta - Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) menyebut sekitar 6.000 orang tercatat menjadi korban Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) di industri elektronik dan komponen motor atau mobil sepanjang Januari-Maret 2016.

Sementara potensi PHK di industri minyak dan gas (migas) diperkirakan mencapai 5.000 orang. "Sebanyak enam perusahaan telah dipastikan menutup pabriknya di Indonesia di kuartal I 2016. Jumlah total karyawan yang kena PHK sekitar 6.000 orang di industri elektronik, komponen motor dan mobil," jelas Presiden KSPI, Said Iqbal di Jakarta, Selasa (2/2/2016).

Ia merinci, enam perusahaan itu, antara lain Toshiba dan Panasonic dengan kepastian PHK terhadap lebih dari 2.500 buruh. PT Samoin yang memproduksi suku cadang dengan PHK 1.200 orang.

Ada pula PT Starling Elektronik dengan catatan PHK sebanyak 500-600 orang dan dua perusahaan Jepang yang masing-masing memutuskan PHK sekitar 200 dan 300 orang. Sementara tahun lalu ada industri padat karya, PT Jabar Gamindo yang sudah mem-PHK 4.200 buruh.


BPS: Kekhawatiran PHK Massal BerlebihanSerikat Pekerja Laporkan Ribuan Buruh Terancam PHKHarga Minyak Anjlok, PHK jadi Langkah Terakhir Pertamina

"Belum lagi karyawan-karyawan kontrak yang tidak lagi diperpanjang kontraknya. Jumlahnya mencapai sekitar 50 ribu orang, dan itu terjadi di perusahaan komponen motor dan mobil," jelas Said.

Ancaman PHK, sambungnya, kian menghantui Indonesia karena industri migas yang terkena dampak dari tiarapnya harga minyak dunia sudah mulai bergerak melakukan PHK.

"Kontraktor migas menghentikan eksplorasi, produksi minyak sehingga ada potensi PHK sekitar 5.000 orang yang juga anggota kami," tutur Said.

Ia mengatakan, penyebab utama dari penutupan pabrik dan perusahaan yang bergerak di bidang usaha elektronik maupun otomotif karena pelemahan daya beli masyarakat. "Penurunan daya beli akibat kondisi ekonomi dan kebijakan upah murah yang berawal dari PP Nomor 78 Tahun 2015. Jadi PP ini harus segera dicabut," harap Said. (Fik/Ahm)

Sumur
http://m.liputan6.com/bisnis/read/2426715/serikat-pekerja-sebut-ada-6000-buruh-terancam-phk
Diubah oleh tctgs 03-02-2016 15:18
0
3.6K
36
Thread Digembok
Urutan
Terbaru
Terlama
Thread Digembok
Komunitas Pilihan