Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

ini.beritaAvatar border
TS
ini.berita
Tempat Ibadah Sapta Darma Diancam Forum Umat Islam dan Dibakar


Sebelum dibakar dan dirusak oleh puluhan orang, tempat ibadah penganut kepercayaan Sapta Darma, yakni Candi Busono di Dukuh Blando, Desa Plawangan, Kecamatan Kragan, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah, didatangi sejumlah orang.

Dua hari sebelum terjadinya aksi perusakan dan pembakaran tepatnya hari Minggu (8/11) sekitar pukul 23.15 sebanyak delapan orang mendatangi sanggar yang saat itu dalam kondisi kosong.

Pada Minggu, (8/11) lalu sekitar pukul 23.25 WIB, malam, sanggar kami didatangi delapan orang. Mereka keluar masuk bangunan terekam oleh kamera CCTV yang kebetulan kami pasang, tegas Ketua Persatuan Sapta Darma (Persada) Kabupaten Rembang Sutrisno saat dikonfirmasi merdeka.com melalui telpon, Rabu (11/11).

Sebelumnya, menurut Sutrisno, pembangunan sanggar tersebut sempat diancam akan diserang oleh sekelompok kelompok intoleran. Ancaman datang, karena pengurus sanggar menolak untuk menandatangani surat pernyataan penghentian renovasi pembangunan sanggar.

Saya ditekan oleh sekelompok orang yang mengatasnamakan Forum Umat Islam (FUI) Desa Plawangan, supaya menghentikan renovasi pembangunan sanggar. Mereka menyodorkan surat pernyataan, tapi saya menolak karena saya sudah sesuai dengan undang-undang, terangnya.

Sebelumnya, Sutrisno bersama warga Sapta Darma lainnya sempat bertemu dengan Plt Bupati Rembang Suko Mardiono. Dia bertemu dengan Plt Bupati di ruang Pendopo Bupati pada Rabu, (2/9/15) lalu sekitar pukul 20.00-21.00 WIB.

Hasil pertemuan itu sangat mengecewakan pihak warga Sapta Darma (Persada) Rembang. Untuk sementara jangan diteruskan membangun dulu. Supaya bisa meredam suasana. Itu kan demi keselamatan sampean, kata Sutrisno, menirukan solusi yang ditawarkan Plt Bupati.

Sutrisno menambahkan lagi, dirinya bertekad meneruskan pembangunan karena mendapat restu dari Kepala Kesbangpol Kabupaten Rembang.

Kepala Kesbangpol mengizinkan untuk meneruskan pembangunan. Akhirnya kami meneruskannya, pungkasnya.

sumber
nona212
nona212 memberi reputasi
1
4.8K
45
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan