Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

root1010Avatar border
TS
root1010
Cara Mengatasi Android Yang Sering Download Aplikasi Sendiri
Apakah gadget android Anda pernah mengalami download aplikasi sendiri, muncul pop up iklan yang mengganggu? Jika iya, mungkin penyebabnya adalah malware/ virus atau apapun itu namanya, yang jelas gadget Anda telah terinfeksi. Selain mengganggu, iklan-iklan dan proses downloadnya itu juga sangat menyedot kuota. Jadi bagi kalian yang paket internetnya tergantung kuota, maka sudah dapat dipastikan kalau kuota Anda akan cepat habis. HATI-HATI !!!

Telah Anda scanning dengan antivirus tetapi file yang terdeteksi tidak dapat dihapus? Itu berarti malware Anda telah menyusup ke system dan melebur menjadi ‘bloatware’, suatu aplikasi system bawaan pada android, yang mana file tersebut tidak dapat dihapus dengan cara apapun, meski android Anda telah di ‘factory reset’ sekalipun. Men-Disable aplikasi juga ga ngaruh.

Pilihan Anda cuman 2, ‘Flash atau Rooted’. Sebagai info tipe android Saya adalah Tab Lenovo A3000. Sebagai orang yang gaptek, Saya ingin mencoba nge-Flash, namun gagal berulang kali. Pergi ke service center lokasinya jauh banget. Akhirnya Saya mencoba pilihan ke 2 yaitu nge-Root android.

Root android merupakan sebuah cara agar kita dapat masuk menembus system android guna mengatur android kita sesuai dengan keinginan. Saya sih tak pandai untuk mengoprek system, namun Saya menggunakan Root ini agar Saya dapat menghapus file virus yang tidak dapat dihapus dengan cara biasa supaya tablet Saya dapat kembali semula.

Berikut cara yang pernah Saya lakukan saat android Saya terkena malware :

@ Penampakan Malware yang Saya alami seperti dibawah ini

‘Gambar Kado’. Jangan kira Anda akan mendapatkan hadiah berisi mobil dll. Yap kado ini jika dibuka maka sebuah iklan yang akan muncul. Sangat mengganggu disaat Anda sedang asik bermain-main dengan gadget, tiba-tiba muncul kado nan cantik ini.

Pop Up iklan yang sering muncul hingga ke tampilan menu. Dan ada aplikasi ‘Sexy’ yang terinstal sendiri yang tak dapat dihapus melalui cara biasa.

Selain pada menu, iklan bisa muncul dimana saja termasuk di lokasi tempat icon pemberitahuan update (pojok kiri atas). Cara menghapusnya hanya mengeklik iklan tersebut. Kemudian saat kita menekan tombol menu (gambar genteng rumah dibawah), maka selalu disuguhkan pilihan menu antara ‘Apus dan IdeaDesktop/ bawaan lenovo’

Sudah berbagai cara Saya lakukan untuk menghilangkan iklan-iklan yang ga jelas itu hingga Saya harus melakukan ‘Factory Reset’ namun ternyata nihil juga. Mencoba ‘flash’ namun gagal. Akhirnya Saya mencoba untuk me-Root android Saya supaya file-file malware tersebut dapat Saya hapus.

@ Jika Anda mengalami masalah serupa seperti Saya, namun bingung bagaimana cara menyelesaikannya, silahkan Anda simak ulasan berikut:

Download dan scanning lah android Anda menggunakan antivirus kepercayaan Anda. Saya menggunakan AVG dan CM Security, antivirus AVG ini keuntungannya dapat menunjukkan nama file malware-nya. Menggunakan 2 antivirus dapat membantu jika ada virus yang tidak kedetek pada salah satu dari antivirus yang kita punya. Catatlah nama file yang diduga malware tersebut pada selembar kertas.

Kemudian Anda tutup antivirusnya dan pergilah menuju ‘Settings’ lalu ‘Apps’ lalu klik ‘All’. Lalu Anda cocokan nama file yang Anda catat tadi dengan nama aplikasi yang terinstal pada android Anda. Jika nama tersebut cocok, berarti kita harus menghapusnya. Namun sudah dipastikan bahwa Anda tidak dapat mendeletenya secara manual, tapi harus dengan cara Root. Klik disini cara Rooting android.

Setelah itu untuk menghapus file yang diduga malware tersebut, silahkan baca ulasan Saya mengenai ‘Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Handphone (Bloatware) Dengan Kingo SuperUser’, klik disini.

Banyak nama file yang menjebak, mirip dengan nama sebuah system android, sehingga untuk menghapusnya kita jadi ragu. Jika Anda ragu, maka sebelum menghapusnya, saran Saya backup lah semua file dengan menggunakan ‘Titanium Backup’ lihat caranya disini. Jika Anda salah menghapus file jangan khawatir, karena Anda dapat mengembalikkan file tersebut melalui restore files yang ada pada ‘Titanium Backup’.

Jika file yang diduga virus tersebut telah didelete, maka seharusnya android Anda akan kembali normal sediakala, jika belum, maka dapat dipastikan ada file lain yang belum terdelete. Kalau file virus Anda tidak terdeteksi maka cobalah menggunakan antivirus lainnya.

Kalau Anda ingin kembali meng-Unroot android Anda, silahkan lihat disini.

@ Berikut nama-nama file yang mirip dengan system dan diduga malware yang telah Saya temukan pada Android Saya ketika mencoba menghapusnya :

Alarm controller (biang kerok munculnya iklan)

App market

Com.android.alarmupdate (penyebab iklan dan download aplikasi sendiri)

Com.android.update (penyebab munculnya iklan)

Com. Android.neqom

Mobile helper

System certificate

Com.android.system UI

Music provider

Com.android.system (aplikasi sexy)

Semoga bermanfaat, sukses selalu.

dari :http://www.oeduloedul.com/cara-mengatasi-android-yang-sering-download-aplikasi-sendiri-antivirus/
0
58.5K
28
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan