donnisetiawanAvatar border
TS
donnisetiawan
Menjadi Seorang Desain Grafis Tapi Buta Warna
Bismillahirrahmanirrahiim...

Assalammualaikum.Wr.Wb..

Dear Agan & Sista,

Mau curhat sedikit boleh ya.. hehe..

Waktu pertama ane melamar pekerjaan untuk menjadi seorang Security, ane mengikuti beberapa test, salah satunya adalah test buta warna.
Waktu itu ane diminta untuk melihat angka yang dibentuk dari buletan buletan kecil menyeramkan yang sekarang dikenal dengan istilah Plate Ishihara (Klu gag salah..emoticon-Bingung (S))
Pada Plate pertama saya masih bisa melihat angka, halaman kedua juga demikian, namun ketika dihalaman ke tiga dan seterusnya ane ga bisa melihat ada angka didalamnya, dan penguji pun langsung melontarkan kata yang ga sepantasnya dia ucapkan. Apa yang dia katakan...
"BUTA WARNA.. udah,Kamu tidak lolos..." dengan nada yang ketus dan berpaling muka, baginya saya seperti sampah yang harus segera dibuang dari depan mukanya (wheeew.. amazing bingitz... emoticon-Sorry), buat agan yang pernah ngalamin hal serupa, gimana rasanya?, rasa stroberi, ato duren??..
wkwkwwww..

Setelah test itu, saya mulai mencari tau apa penyebab buta warna yang saya alami. Ternyata, saya mengalami buta warna Parsial (Kesulitan Membaca Warna Merah dan Hijau) yang disebabkan oleh lemahnya kromosom x pada mata, dimana mata tidak mampu secara optimal dalam menangkap cahaya tertentu, pada kasus saya yaitu warna Hijau dan Merah. Dokter bilang ini adalah penyakit turunan dan ada juga yang disebabkan oleh kecelakaan yang melukai mata namun kejadian ini jarang terjadi.
dan sampai saat ini Dokter belum menemukan obat untuk menyembuhkan penyakit ini, namun menurut info yang saya dapat, sekarang sedang dikembangkan Softlens untuk membantu pada penderita buta warna..
dan itu pun masih berjalan, belum sampai pada produksi massal, sekalipun ada harganya setinggi langit diangkasa.. kata ariel peterpen,.. eh salah Noah maksudnya. Wah malah makin ribet nih masalahnya..

Yaudahlah ya.. semua sudah digariskan.. mau apa lagi.. masa iya nyebur kelaut.. hehe..

Jujur sampe sekarang masih dihantui rasa khawatir tentang masalah ini..
Masalahnya adalah, skr saya bekerja di dunia desain grafis, yang mana saya harus bisa mengolah dan melihat warna dengan baik.. dan terkadang ada beberapa project yang warnanya harus sama persis dengan standar warna yang telah diberikan client. makin rumit yah hidup ane... bkbkbekbeeek..

Sedangkan saya sudah menemukan minat dan bakat saya dibidang ini sebagai bekal hidup saya kedepan.. sungguh dilema berkepanjangan..

Namun, saya tidak berhenti begitu saja.. buat saya justru disini anugerah buat saya, mengapa? karena saya sampai saat ini masih dalam bidang desain grafis.. dengan keadaan buta warna orang normal tidak bisa melihat apa yang saya lihat, jadi jatohnya sama aja kan sama orang normal, dia juga gag bisa melihat apa yang kita lihat. lagian cuman warna ijo dan merah aja.
dan itu juga gag parah parah amat, ane masih bisa meliat daun2 hijau, es cendol ijo, darah nyamuk dan buah apel merah, heheheeee.

Dan saya ingin membuktikan, Seorang buta warna memiliki keahlian yang sama, malah justru banyakl yg lebih pintar dari orang berpenglihatan normal.
FYI ajah nih gan, yang menciptakan crayon yang dipake anak2 menggambar itu ternyata orangnya buta warna juga.. hebat kan!

Kan sayang juga punya keahlian seni yang oke punya, eh cuma gara gara buta warna malah jadi melempem. lagian ane mau protes juga nih sama yang mencetusin istilah buta warna.. soalnya, ane masih bisa liat warna warna yang ada tuh, istilah buta warna bikin mematikan mental sama rejeki orang aja. Jadi tetep berkreasi aja ya.. Allah maha mengetahui tentang umatnya..

Buat yang senasib sama ane, maju terus pantang menyerah.. kita mesti bersyukur. masih bisa melihat warna warni dunia.. buta warna enggak mengakibatkan perih ato pusing.. buta warna bukan kekurangan.. buta warna adalah hadiah dari allah buat kita.. dan kita patut menerima dan mensyukurinya.

Lagian pekerjaan yang saya dapat itu dari allah, personalia ato HRD itu sebagai perantara allah.. kalau allah berkehendak enggak ada yang enggak mungkin. kalau gagal, coba lagi, gagal, coba lagi, gagal, coba lagi.. dan pada ujungnya berhasil, karena hal ini berlaku untuk semua orang, entah dia buta warna ato tidak.

Insyaallah ada jalan.


Salam


Donni


Polling
Poll ini sudah ditutup. - 11 suara
Apakah Seorang Buta Warna Bisa Bekerja Sebagai Desain Grafis?
Bisa
73%
Tidak Bisa
27%
rynkyk
sealgeek
sealgeek dan rynkyk memberi reputasi
2
20.8K
47
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan