Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

chunk2Avatar border
TS
chunk2
(SHARE) Perjalanan penyakit kanker limfoma ane!
Malem agan semuanya...
sudah 2bulanan ane divonis menderita penyakit kanker limfoma non hodgkin stadium 3b.
Kali ini ane akan share gimana asal gejala sampai akhirnya penyakit ini berhasil terdiagnosa.

Sekitar bulan Januari 2015 ane didiagnosa TBC. Ada cairan di paru paru kanan ane, sejak itu ane mulai mengkonsumsi obat2an antibiotik buat TBC. Sebelum terdiagnosa TBC, sebetulnya masalah yang ane keluhkan selain batuk lama yaitu nyeri sendi dan otot, banyak tiba2 benjolan yang bermunculan pada tubuh ane (pada payudara, tulang rahang, tulang belikat, tulang rusuk), serta gusi yang mulai membengkak, sampe lutut kanan ane pernah bengkak di akhir tahun 2014. Pergilah ane ke dokter spesialis saraf buat meriksain nyeri2 itu, hasil rongten pada lutut ane normal, tapi hasil tes darah nunjukkin LED tinggi, nah karena biasanya hasil LED tinggi itu karena infeksi pada pernafasan atau pencernaan maka ane dirujuk ke poli paru, karena ane ada keluhan batuk gak kunjung sembuh juga. Di sana ane disuru foto rongten, dan betul lah hasil rongten menunjukkan paru2 kanan ane hampir penuh oleh cairan akibat infeksi TBC yang juga dibarengi pneumonia.

Setelah itu masalah pada sendi2 ane makin menjadi, sakitnya bukan maiiiiin gak tertahankan, ane sampe gak bisa jalan, lutut kanan ane membesar, gusi pada bengkak semua.
Setiap kumat ane pergi ke UGD, tapi cuman di kasi obat pereda nyeri dan disuru pulang karena dianggep gak darurat, kaki kanan yg bengkak uda bolak balik di foto thorax dan hasilnya normal, gak ada kelainan sama sekali.
Sampe ane pindah RS berharap dapet pelayanan bagus dan penyakit yg menyiksa ini segera ditemuin. Ane uda berulang kali keluar masuk rawat inap di RS karena nyeri sendi dan otot yg menggila sampe sendi2 ane pada bengkak semua, hasilnya nihil, dokter2 cuma ngasi ane pereda nyeri aja selama di rawat, ane sempet didiagnosa autoimun, terakhir ane didiagnosa poncet disease (TBC yang menyerang persendian), bahkan ane uda 3x di tes HIV gara2 penyakit ini.
Ane bener2 ngerasa tersiksa, TBC belum sembuh, sedangkan rasa sakit di sekujur tubuh itu bener2 nyiksa. Keluarga ane sampe nyariin pengobatan berbau klenik, karena ada yg bilang ane kena tempel setan lah, ada yg ngerjain ane lah.

Akhirnya penyakit ini mulai menemui titik terangnya. Setelah 6bulan lebih ane kesiksa dengan rasa sakit hebat, gak bisa jalan, susah gerakin anggota tubuh, tanpa tau penyakit apa ini sebenernya. Ane menjalani BNP (Bone Narrow Puncture) , jadi sum2 tulang belakang ane disedot buat diambil sampelnya. Hasilnya di temukan sel limfoma dan kelainan darah lain yg nyebabin ane sering anemia.
Setelah itu di biopsi lah semua benjolan abnormal di tubuh ane, termasuk operasi lutut ane yg membesar itu. Hasil lab menunjukkan semua yang abnormal itu ternyata ganas, dan ditemukan sel LNH (Limfoma non hodgkin). Selain itu, sampel sum2 ane juga di beri pewarnaan khusus (ane lupa namanya), dan hasilnya positif ane kena LNH.

Setelah di temukan penyakit LNH ini ane menghentikan pengobatan TBC atas anjuran dokter, selain karena pengobatan sudah masuk lebih dari 6bulan, paru2 ane juga uda mulai membaik, cairan di paru2 kanan ane uda kering, sebelumnya selama pengobatan TBC ane uda 7x disedot cairan gan! Ternyata kata dokter ane kena TBC karena kanker limfoma ane gan, kanker limfoma menyerang sel darah putih limfosit yang akhirnya bikin daya tahan tubuh ane ngedrop dan gampang kena infeksi virus maupun bakteri, cuma penyakit yg ketauan duluan malah TBC nya bukan limfomanya.

Disisi lain ane seneng gan, penyakit yg nyiksa ane berbulan2 akhirnya ketemu juga,dengan gitu ane bisa jalani pengobatan yg tepat. Kanker ane uda nyebar ke persendian, tulang, payudara dan ada yang diparu2 juga. Skrg ane lagi jalanin pengobatan kemoterapi, uda 2x ane di kemo. Gusi uda mulai kempesan, benjolan di payudara yg banyak itu kempes, benjolan di tulang belikat sama tulang rusuk ilang, benjolan di tulang rahang mengecil. Tapi ya gitu, kepala ane botak akibat efek kemo, tiap habis kemo juga mulut ane ditumbuhi jamur karena daya tahan tubuh ngedrop.

Kebetulan ane dirawat di RS negeri, jadi kasus penyakit ane ini sampe dibahas dokter2 PPDS dari orthopedi, rheumatologi, penyakit dalam umum, dan onkologi hematologi, karena dianggap langka. Kasus limfoma yang menimpa ane dibilang langka karena gejala yg gak biasa sehingga mengakibatkan kesulitan diagnosa, kalo biasanya orang kena limfoma tumbuh tumor di kelenjar getah bening nya (ketiak, leher, pangkal paha), ane malah yg diserang membabi buta persendiannya.

Sekian share dari ane, mungkin disini ada agan2 yang sedang atau pernah kena kanker limfoma bisa berbagi pengalaman juga. Sekalian bagi2 tips gan. Hehe.

Buat agan2 yang sekarang jadi cancer survivor juga tetap semangat gan, selalu optimis buat sembuh. emoticon-Salaman


Makasi buat semua dukungan agan + sis semua. Update: ternyata ane sudah masuk stadium 4, dan ternyata dulu ane gak kena tbc. Cairan di dalam paru2 kanan ane ternyata akibat kanker yg udah nyebar ke paru2, jadi intinya ternyata lagi2 salah diagnosa, padahal waktu itu ane udah minum obat tbc nyampe 6bulan plus suntik streptomicin selama 2bulan setiap hari.


Diubah oleh chunk2 01-04-2016 14:54
0
28.4K
52
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan