nextgirlAvatar border
TS
nextgirl
Siap-siap Gan, Sebentar Lagi Uang tunai dan Kartu Kredit Agan Nggak Kepake!


Intermezo

Pada suatu hari yang panas tapi nggak dingin, Jono yang merasa tenggorokannya kering bak isi kantongnya di tanggal 15, mampir ke minimarket biru putih di sebrang kos untuk membeli sekaleng dua kaleng pelepas dahaga.
Setelah memutuskan untuk membeli 6 liter soda warna merah dan orange, Jono beranjak ke kasir, merogoh kantong dan mengeluarkan hpnya untuk membayar belanjaan.
Pak Security RT 10 yang mengantri di belakang Joni jadi kebingungan “Kok bisa ya Mas Jon bayar pake hpnya...”
Pak Sec: Loh Mas Jon, emang sekarang bayar di kasir bisa pake pulsa ya!?


Wah bukan bayar pake pulsa juga sih gan, tapi tetep pake uang dengan metode yang lebih simpel yaitu Near Field Communication (NFC).
Nah, kalau di hp Agan ada fitur NFC dan belum tau buat apa, fungsinya adalah untuk transfer data wireless antara dua gadget dalam jarak tertentu untuk saling bertukar file. Yang perlu agan tau, NFC ini nggak memerlukan koneksi internet!


Nggak cuma bisa dipakai buat transfer data aja gan. NFC juga sudah diterapkan di bidang pembayaran dan transaksi belanja. Buat penggunanya nggak perlu lagi yang namanya transaksi pake gesek kartu apalagi uang cash.
Lalu dari mana uangnya? Data rekening bank atau kartu kredit agan akan disimpan dalam memori atau aplikasi sebagai “dompet virtual”. Cara menggunakannya hanya dengan mendekatkan smartphone pada mesin reader yang akan menerima data transaksi dan memproses secara instan.


Lalu apa aja sih yang bisa dimanfaatkan dari NFC di keseharian agan? Ini hasil berburu yang bisa ane share gan :

Quote:

Quote:


Quote:

Quote:

Quote:


Memang pengalaman bertransaksi dengan metode NFC ini masih baru bisa dirasakan buat agan-agan yang tinggal di jabodetabek. Penerapannya juga belum sepenuhnya maksimal. Di luar negeri, penerapannya sudah lebih mudah karena langsung terhubung dengan aplikasi di smartphone seperti misalnya Apple Pay dan Android Pay.
Transaksi NFC bisa agan cek di video yang menunjukkan mudahnya bertransaksi dengan Apple Pay:


(Video NFC payment by Apple Pay)
Tapi di Asia sendiri seperti Tiongkok, Filipina, Korea Selatan, dan Singapore sudah dalam proses membentuk masyarakat tanpa uang tunai. Nah kalau menurut Agan, apakah Indonesia sudah siap untuk memiliki masyarakat nontunai? Dan apakah Agan juga tertarik untuk mencoba metode NFC untuk transaksi sehari-hari? Jangan lupa ikutan polling ane di atas juga ya gan!

Rekomendasi HT Di Mari, Gan!


Polling
Poll ini sudah ditutup. - 94 suara
Apakah Agan Optimis dengan Penerapan NFC Untuk Seluruh Transaksi di Indonesia?
Harusnya teknologi ini udah lama diterapin di Indonesia gan!
44%
Kartu Kredit udah simple banget buat ane
16%
Paling enak tetep pegang duit cash lah
40%
Diubah oleh nextgirl 11-01-2016 06:07
0
15K
153
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan