agusttusanAvatar border
TS
agusttusan
TokOpedia, Butuhkan Sumbangan 1000 Coin.?
Ini adalah surat pembaca saya kepada situs belanja online Tok*pedia.com surat pembaca ini tidak ada indikasi untuk menjatuhkan, menjelekan Tokpedia ataupun menaikkan popularitas toko saya sendiri di tokopedia, ini murni atas apa yang saya alami oleh Tokopedia.


Berikut kronologinya :
  1. Senin, 04 Januari 2016 Ada buyer yang melakukan pesanan kepada saya untuk pembelian sebuah handphone. Dihari yang sama saya memproses dan mengirim pesanan buyer.


  1. Rabu, 06 Januari 2016 Pesanan diterima oleh buyer, namun status resi di tokopedia tidak berubah dari process ke manifested ataupun sebagainya. Padahal diweb JNE sudah delievered. OK, tidak masalah mungkin ini system Tokped yang sedang maintenance.


  1. Jumat, 08 Januari 2016 Buyer mengkonfimasi penerimaan barang melalui situs Tokped. Hingga saat buyer melakukan konfirmasi penerimaan barang status resi di Tokped tidak berubah. Mungkin jika buyer tidak melakukan konfrmasi maka dana saya tidak akan masuk saldo akun saya. Padahal jelas aturan tokped adalah 2x24 jam barang diterima buyer dan tidak ada konfirmasi/komplain maka dana diteruskan ke penjual.


  1. Jumat, 08 Januari 2016 Dana saya direview 1x24 jam. Apan-apaan ini? Tokped menkonfirmasi Review dilakukan untuk meningkatkan keamanan transaksi ditokped.


  1. Sabtu 09 Januari 2016 Sudah 1x24 jam dana belum bisa ditarik. Jelas-jelas review dilakukan 1x24 jam.


Yang saya keluhuhkan adalah :
a. Kenapa proses review dilakukan setelah dana masuk rekening tokped, yang artinya dana saya mengendap lagi di rek. Tokped. Knp tidak dilakukan review sebelum pesanan diteruskan ke seller.?
b. Dimana letak profesionalitas Tokped atas janji yang mereke berikan review dana 1x24 jam jika nyatanya melebihi batas yang mereka tentukan tanpa konfirmasi lanjutan.
c. Padahal saya sebagai seller sudah memenuhi kewajiban saya kepada buter dan tokped, dan buyer juga sudah memenuhi kewajiban kepada tokped. Tapi kenapa tokped malah seenak udelnya nahan modal orang. Supaya bunga rek tokped besar dengan menahan-nahan dana? Brpa kali banyak dana dan kali seller yang ditahan.
d. Berapa besar kerugian yang dialami seller kalo modalnya ditahan.? Berapa kali buyer!

Semoga kedepannya tokped melakukan peninjauan kembali atas kebijakan yang mereka lakukan kepada seller, agar tidak ada pihak yang dirugikan. Dan mohon untuk memberikan informasi yang sebenarnya-benarnya kepada seller, Jika memang dana direview 1x24 jam setelah itu lepaskan dana seller, bukan tetap menahan tanpa konfirmasi lanjutan.
Diubah oleh agusttusan 11-01-2016 08:26
0
5.4K
41
Thread Digembok
Urutan
Terbaru
Terlama
Thread Digembok
Komunitas Pilihan