dede.muchsawAvatar border
TS
dede.muchsaw
5 Applikasi Terbaik Monitoring Server Open Source Edition
1.Zenoss

Zenoss adalah aplikasi monitoring dengan lisensi open source dan comercial support dari Zenoss Inc . Aplikasi ini dapat di unduh secara gratis dan dapat di jalankan pada Platform Multi OS Distro linux dan didistribusikan dibawah GNU Public License. Aplikasi Zenos dapat digunakan untuk mengamati device komputer , Network Device (Switch,Router dll) yang sedang aktif mulai dari antarmuka, proses, service, file system, dan routing. Semua komputer yang ada dalam jaringan dapat dimonitor secara bersamaan baik yang dijalankan pada platform Windows dan Linux .Semua Aktivitas devices dapat ditampilkan dalam bentuk text maupun dalam bentuk grafik, Alett Messages dapat di kirimkan melalui email atau sms .

Spoiler for Installasi Zenos:

Spoiler for Documentasi:



2. Zabbix

zabbix adalah salah satu software gratis yang digunakan untuk memonitor jaringan dan satus dari berbagai network services, servers dan network hardware lainnya. Diciptakan oleh Alexei Vladishev, software ini sudah mendukung polling dan trapping.

Keunggulan yang dimiliki oleh zabbix adalah software ini merupakan open source yang dapat dengan mudah didapatkan dan gratis. Selain itu, zabbix juga memiliki GUI yang bagus sehingga mudah dimengerti oleh penggunanya ( menyediakan visualisasi seperti map dan grafik sehingga juga memudahkan kita dalam pengaturan administrasi maupun systemnya (flexibel) ). Kita bisa memilih dengan bebas jenis dan tipe laporan yang kita inginkan, apakah per minggu atau jangka waktu lainnya. Bila kita hanya menginginkan data tanpa grafik, Zabbix juga sanggup melakukannya. Ditinjau dari segi keamanan, software yang satu ini juga mempunyai system keamanannya sendiri, seperti authentifikasi dengan IP address dan Memberikan informasi masalah dengan cepat, misalkan dengan e-mail atau sms.

Dengan semua keunggulan yang dimiliki oleh ZABBIX, software ini dapat memainkan peranan yang penting dalam memonitor infrastructure jaringan dan dapat mambantu para system administrator dalam melakukan pekerjaannya. Zabbix benar-benar tepat untuk sebuah perusahaan kecil yang memiliki beberapa server dan untuk perusahaan besar dengan banyak server.

Spoiler for Sumber:

Spoiler for HowTO:

Spoiler for Video Zabbix on Centos Installation:


3. Cactii

Cacti adalah salah satu software yang digunakan untuk keperluan monitoring yang banyak digunakan saat ini. Cacti menyimpan semua data/informasi yang diperlukan untuk membuat grafik dan mengumpulkannya dengan database MySQL. Untuk menjalankan Cacti, diperlukan software pendukung seperti MySQL, PHP, RRDTool, net-snmp, dan sebuah webserver yang support PHP seperti Apache atau IIS

Cacti adalah salah satu aplikasi open source yang menrupakan solusi pembuatan grafik network yang lengkap yang didesign untuk memanfaatkan kemampuan fungsi RRDTool sebagai peyimpanan data dan pembuatan grafik. Cacti menyediakan pengumpulan data yang cepat, pola grafik advanced, metoda perolehan multiple data, dan fitur pengelolaan user. Semuanya dikemas secara intuitif, sebuah interface yang mudah digunakan mudah dipahami untuk local area network hingga network yang kompleks dengan ratusan device. Dengan menggunakan cacti kita dapat memonitor trafik yang mengalir pada sebuah server.

Spoiler for sumber:

Spoiler for Documentasi:

Spoiler for Video How to install:


4. Nagios

Nagios adalah Tools network monitoring system opensource yang mudah digunakan. Nagios awalnya didesign untuk berjalan pada sistem operasi Linux, namun dapat juga berjalan dengan baik hampir disemua sistem operasi unix.
Fitur – fitur yang tersedia didalam nagios diantaranya:
Monitoring of network services (SMTP, POP3, HTTP, NNTP, PING, etc.)
Monitoring of host resources (processor load, disk usage, etc.)
Simple plugin design that allows users to easily develop their own service checks
Parallelized service checks
Ability to define network host hierarchy using “parent” hosts, allowing detection of and distinction between hosts that are down and those that are unreachable
Contact notifications when service or host problems occur and get resolved (via email, pager, or user­defined method)
Support for implementing redundant monitoring hosts
Automatic log file rotation
Ability to define event handlers to be run during service or host events for proactive problem resolution
Optional web interface for viewing current network status, notification and problem history, log file, etc.

Spoiler for sumber & How to :

Spoiler for Documentasi:

Spoiler for Video Install Nagios on Ubuntu:


5. Munin

Munin merupakan aplikasi monitoring sistem atau jaringan yang enghadirkan output melalui sebuah web interface. Munin menekankan kepada kemampuan plug-and-play yang mudah. Dengan menggunakan munin, kita bisa dengan mudah memonitor performa sistem atau jaringan atau pun SAN (Storage Area Network). Pada Tutorial kali ini kita akan menginstal munin di Centos 5.2.

Spoiler for sumber:

Spoiler for Documentasi:

Spoiler for Video Install Munin in Ubuntu :

Diubah oleh dede.muchsaw 22-08-2013 03:33
tata604
tata604 memberi reputasi
1
34.5K
90
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan