geraldeeAvatar border
TS
geraldee
Misteri: 27 Club, Musisi Ternama yang Meninggal Di Umur 27 Tahun
Umur manusia emang nggak ada yang tau. Kalo ada orang yang tau umurnya selesai kapan, pastilah dia mempersiapkan segalanya biar meninggal dalam keadaan cihuy. Atau, setidaknya bisa milih mau meninggal di mana. Misal, di pangkuan orang yang disayang. Jangan sampai kejadian meninggal di jamban sendirian dalam keadaan belum cebok. Amit-amit.
Dalam dunia hiburan, ada istilah bernama ’27 Club’. Bukan, itu bukan nama band atau idol grup kayak JKT48. Tapi itu istilah buat nama grup epitomic yang tertuju kepada musisi populer pada masanya yang meninggal pada umur 27 tahun antara tahun 1969 dan 1971. Tapi ada beberapa nama lagi yang masuk dan menjadi ‘anggota tetap’.
Kadang nggak tau siapa yang pertama kali mencetuskan istilah ’27 Club’ ini. Tapi istilah ini kerap kali dibahas oleh majalah musik, jurnal dan pers. Isinya juga bisa dikatakan mengandung teori, spekulasi, bahkan berkaitan dengan konspirasi tentang fenomena kematian dini para musisi tersebut. Penuh misteri, kayak gebetan yang awal-awal ngebeeet banget, eh, tiba-tiba ngilang, tau-tau pas kabarnya nongol udah jadian sama yang lain~



Penasaran, kan, apa penyebab musisi yang meninggal di umur muda itu? Oke, kita bahas yuk! Sambil baca doa aja kalo ngerasa ngeri..


Brian Jones



Bernama lengkap Lewis Brian Hopkins Jones, tapi lebih akrab dikenal Brian Jones. Dia adalah musisi multi instrumentalis asal Inggris yang menjadi salah satu pendiri band legendaris Rolling Stones, yang merangkap sebagai manajer juga.

Kiprah Jones meroket dalam album awal Rolling Stones sebagai pemain ritem, slide gitar, harmonika dan backing vokal. Tapi sejak 1968, kontribusinya terhadap band semakin berkurang. Hal ini disinyalir akibat penggunaan narkobanya yang mengganggu pikiran Jones, lalu membuatnya diusir dari band yang dia dirikan sendiri pada pertengahan 1969.

Setelah itu, rencananya Jones berencana pengin bikin band sendiri. Namun hal itu nggak pernah terjadi karena pada 3 Juli 1969, Jones ditemukan nggak bergerak di dasar kolam renang di rumahnya di Hartfield, East Sussex. Laporan koroner menyatakan Jones meninggal karena kecelakaan saat renang. Namun banyak orang yang berpikir Jones dibunuh, atau karena terlalu depresi dan memilih bunuh diri.

Jimi Hendrix



Kamu-kamu yang jadi gitaris pasti kenal nama ini, kalo nggak kenal, nggak usah ngaku-ngaku gitaris. Jimi Hendrix adalah gitaris, penyanyi, penulis lagu dan tokoh budaya Afro-Amerika pada eranya. Dia jadi salah satu gitaris sensasional terbaik paling berpengaruh dalam sejarah musik rock dan jadi role model gitaris di seluruh dunia.

Gitaris legenda ini lahir pada 27 November 1942 dengan nama Johny Allen Hendrix lalu mengubah namanya jadi James Marshall Hendrix. Karirnya berawal saat dibawa pemain bas Animal, Chas Chandler, ke Inggris. Lalu, di Britania Raya, namanya melambung tinggi.

Namun umurnya Jimi nggak lama. Dia meninggal di London pada 18 September 1970 pagi di hotel Samarkand, setelah semalaman bersama pacarnya, Monika Dannemann. Diduga kematian Jimi akibat tercekik muntahannya sendiri. Tapi ada spekulasi dia sesak napas akibat overdosis obat tidur sambil minum anggur. Dan pada 2009, manajer band Animal, Tappy, menulis buku yang menyatakan kalau Jimi tewas dibunuh karena dia pengin memutus kontraknya.

Entah, mana yang benar~


Jim Morisson



Lahir di Melbourne, Florida, Amerika Serikat pada 8 Desember 1943. Jimi ‘The Lizard King’ Morisson menjadi pendiri dan vokalis band The Doors serta penyanyi terbesar sepanjang masa. Dia terkenal karena improvisasi dan puisi-puisinya yang sering dibaca di atas panggung dengan nuansa gelap.

Di puncak popularitasnya, Jim mengalami ketergantungan pada alkohol, obat-obatan terlarang dan seks bebas. Namun pada 3 Juli 1971, Jim ditemukan tewas oleh pacarnya, Pamella Courson, di bak mandi salah satu hotel di Paris. Nggak ada pernyataan resmi soal penyebab kematiannya selain akibat serangan jantung karena nggak ditemukan bukti obat-obatan terlarang.

Sejak kematiannya, banyak yang berspekulasi Jim meninggal akibat overdosis heroin dan gangguan pernapasan yang bikin dia batuk darah, karena saat ditemukan, Jim berada dalam kondisi hidung berbusa dan berdarah.

Janis Joplin



Sukses pada akhir 1960-an sebagai penyanyi solo setelah sebelumnya jadi vokalis band bergenre psychedelic rock, Big Brother and the Holding Company, Janis Joplin lahir di Porth Arthur, Texas, Amerika Serikat pada 19 Januari 1943.

Dikenal sebagai nerd yang nggak punya teman justru membuat Janis suka bernyanyi sampai menjadi bagian dari band yang membuatnya tenar. Namun kebiasaan meminum alkohol dan mengkonsumsi narkoba membuat hidupnya berantakan. Dia ditemukan tewas sambil menggenggam uang akibat sakau overdosis heroin di samping tempat tidurnya di hotel Landmark Los Angeles pada 4 Oktober 1970.

Amy Winehouse



Kalo yang ini, kejadiannya baru-baru aja. Entah kenapa, menurut Kanda, Amy mirip sama Lady Gaga. Sebagai penyanyi dan pencipta lagu soul, jazz dan R&B yang terkenal di Inggris, mungkin kamu kenal sama dia. Semasa hidupnya yang singkat, Amy udah mengantongi berbagai penghargaan. Sebut aja Mercury Prize, Novello Awards, BRIT Awards dan dia tercatat sebagai VH1’s 100 Perempuan Terhebat Dalam Musik.


Amy meninggal belum lama, tepatnya pada 23 Juli 2011 karena keracunan alkohol setelah susah payah berjuang melawan ketergantungan minuman keras dan narkoba. Dia lahir pada 14 September 1983 di Southgate, London.

Kurt Cobain



Namanya masih terkenang sampai sekarang sebagai legenda musik grunge lewat inspirasi yang dicurahkannya untuk band Nirvana. Kurt Donald Cobain lahir pada 20 Februari 1967 di Aberdeen, Washington, Amerika Serikat. Lahir dengan darah musisi, Cobain berkembang menjadi penyanyi dan penulis lagu dengan kelakuan aneh namun penuh inspirasi.

Cobain diketahui kecanduan narkoba untuk melawan depresi berat yang dideritanya. Dia pernah didiagnosa penyakit bronchitis dan radang tenggorokan parah, lalu ditemukan istrinya, Courtney Love, overdosis kombinasi sampanye dan rohypnol. Diduga itu usaha bunuh diri pertama Cobain.

Dan pada 5 April 1994, para fans setia Nirvana gempar karena kabar meninggalnya Kurt Cobain ketika seorang pegawai listrik datang untuk memasang sistem keamanan di rumah Cobain yang terletak di Lake Washington, menemukan jasad sang musisi tergeletak dengan posisi sebuah senapan di dadanya. Diduga, ini adalah bunuh diri.

Tapi ada Teori konspirasi seputar kematian Cobain. Setelah kematiannya Cobain, istrinya menyewa detektif swasta untuk menyelidiki kematian suaminya itu. Dari hasil penyelidikan sang detektif, muncul dugaan bahwa Cobain tewas karena pembunuhan. Entah benar atau enggak, masih jadi misteri.

Itulah beberapa nama paling terkenal yang menjadi anggota 27 Club, sisanya bisa kamu liat di sini. Terlepas dari teori dan konspirasi kematian para musisi itu, Ajal emang nggak pernah bisa kita duga, tapi sudah sepantasnya kita selalu berbuat baik dan inget dosa serta beribadah kepada Yang Maha Kuasa. Ahzeg~



Menurutmu, mana musisi yang sampai saat ini kematiannya masih mengundang tanda tanya di pikiranmu?


Lihat Juga yang lainnya di : 1. http://misteriyangsudahserialupinipi...logspot.co.id/ 2. http://lagufavoritesepanjangmasa.blogspot.co.id/ 3. http://tipsmemulaipembicaraandengano...logspot.co.id/
Diubah oleh geraldee 04-01-2016 19:24
nona212
nona212 memberi reputasi
1
4.2K
23
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan