macaulay.culkinAvatar border
TS
macaulay.culkin
Gereja Orthodox Indonesia Baru Peringati Natal pada 7 Januari
SURABAYA, suaramerdeka.com - Kendati sebagian besar umat Kristen di Indonesia dan dunia merayakan Natal pada tanggal 25 Desember (penanggalan Gregorian), namun sebagian Umat Orthodox di Dunia baru akan memperingati Natal pada tanggal 7 Januari nanti.

Di antaranya Russia, Georgia, Ukraine, Masedonia, Montenegro, Serbia, Mesir, Ethiopia, Eritrea, Moldova, Armenia, Iran, dll. Perbedaan ini lantaran gereja-gereja di atas masih menggunakan sistem kalender gerejawi yang lama yaitu Kalender Julian yang berselisih 13 hari dengan kalender baru Gregorian.

Dalam rangka memperingati Natal, Gereja Orthodox Indonesia (GOI) Js. Iona dari Manchuria, Surabaya akan menyelenggarakan Ibadah Liturgi Suci Peringatan Natal yang menurut Kalender Orthodox Lama (Julian Kalender) jatuh pada tanggal 7 Januari mendatang.

Adapun Ibadah Malam Natal umat Kristen Orthodox Indonesia akan diadakan pada 6 Januari bertempat di Kapel Gereja Orthodox Indonesia, Js. Iona dari Manchuria, Jl. Dharmahusada Indah Selatan IV, Blok D-126 Surabaya yang akan dipimpin oleh Imam Gereja, Presbiter Fr. Kirilos Junan Siswaja L pada pukul 18.00 WIB.

Umat Orthodox memperingati Natal sedikit berbeda dengan umat Kristen pada umumnya, karena menurut pandangan Iman Kristen Orthodox, Natal bukan dimengerti sebagai peringatan hari ulang tahun Yesus, namun sebagai peringatan turunnya firman Allah ke dalam dunia.

Itulah sebabnya, Natal dalam Tradisi Orthodox tidak selalu dirayakan dengan kemeriahan pesta dan hadiah, namun melalui puasa kelahiran Kristus yang telah dilakukan umat selama 40 hari menjelang Natal yang diakhiri dengan ibadah malam Natal sebagai penutup masa puasa 40 hari tersebut.

Ibadah Liturgi Malam Natal ini tidak hanya dilakukan Umat Orthodox di Surabaya saja, melainkan seluruh Umat Gereja Orthodox Indonesia di berbagai daerah seperti Jakarta, Medan, Solo, Gresik, Malang, Bali, Manado, Minahasa, Jayapura, dll.

( Andika Primasiwi , RED/ CN26 )

http://m.suaramerdeka.com/index.php/...ada-7-Januari-

ada berapa mazhab sih emang? tapi sayang kaga libur 7 januari
saksi jehovah kapan natalan ya?
0
12K
84
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan